Comscore Tracker

Jangan Makan 15 Makanan Ini kalau Gak Mau Olahragamu Terganggu!

Maunya sehat, eh malah mules

Olahraga sangat dibutuhkan tubuh supaya stamina lebih kuat dan sehat. Tapi, bukan berarti kita bisa berolahraga sembarangan ya. Kalau mau aktivitas olahragamu lancar, kamu harus perhatikan asupan yang pas.

Kalau tidak, kamu akan kekurangan tenaga. Mengisi perut sebaiknya dilakukan satu jam atau lebih sebelum olahraga dimulai. Ternyata asupan makanan yang dikonsumsi sebelum berolahraga juga menentukan lho.

Kalau kamu salah makan, olahragamu tidak akan maksimal. Bisa saja menyebabkan nyeri di perut, karena masalah pencernaan, atau kalori yang terbakar tidak sebanyak yang diharapkan. Dilansir dari Insider, berikut beberapa makanan yang sebaiknya dihindari sebelum kamu berolahraga.

1. Alkohol

Jangan Makan 15 Makanan Ini kalau Gak Mau Olahragamu Terganggu!unsplash.com/giisilveira

Sebelum berolahraga, jangan mengonsumsi alkohol jenis apapun. Selain tidak baik untuk tubuh, kandungannya bisa bikin kamu sering buang air kecil. Kalau sudah begitu, tubuhmu bisa mengalami dehidrasi saat berolahraga.

2. Kacang almond

Jangan Makan 15 Makanan Ini kalau Gak Mau Olahragamu Terganggu!unsplash.com/chuttersnap

Kacang almond ternyata juga tidak baik dikonsumsi sebelum berolahraga. Almond memiliki tekstur yang keras dan berserat. Efeknya bisa menyebabkan sakit perut dan mengganggu olahragamu.

3. Apel

Jangan Makan 15 Makanan Ini kalau Gak Mau Olahragamu Terganggu!unsplash.com/ben_wong_31

Sebaiknya kamu tidak mengonsumsi apel sebelum berolahraga. Perutmu bisa kembung, sehingga mengganggu aktivitasmu. Waktu yang tepat mengonsumsi apel adalah setelah olahraga.

4. Alpukat

Jangan Makan 15 Makanan Ini kalau Gak Mau Olahragamu Terganggu!unsplash.com/charlesdeluvio

Buah satu ini memang mengandng lemak dan serat yang tinggi. Tapi, sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum berolahraga. Pasalnya, alpukat bisa membuatmu lesu karena menghasilkan banyak gas pada sistem pencernaan tubuh.

5. Kacang-kacangan

Jangan Makan 15 Makanan Ini kalau Gak Mau Olahragamu Terganggu!unsplash.com/radu_marcusu

Segala jenis makanan yang diolah bersama kacang sebaiknya hindari dulu sebelum berolahraga. Kandungan protein pada kacang-kacangan memang sangat baik bagi tubuh, tapi efek sampingnya bisa bikin perut kembung saat tubuh membakar kalori.

6. Keripik

Jangan Makan 15 Makanan Ini kalau Gak Mau Olahragamu Terganggu!unsplash.com/emilianovittoriosi

Keripik jadi pilihan tepat kalau ingin makan ngemil. Tapi, mengonsumsinya sebelum berolahraga itu kurang tepat. Keripik tidak mengandung gizi yang begitu diperlukan tubuh. Sehingga, kurangi konsumsinya ya, apalagi sebelum berolahraga.

7. Telur

Jangan Makan 15 Makanan Ini kalau Gak Mau Olahragamu Terganggu!unsplash.com/erol

Telur merupakan makanan sehari-hari yang bisa dikonsumsi kapan saja dan di mana saja. Bisa dikonsumsi saat sarapan, makan siang ataupun saat makan malam.

Kandungan proteinnya yang tinggi baik bagi tubuh. Tapi, sebaiknya hindari mengonsumsinya sebelum membakar kalori, karena tubuh hanya butuh sedikit protein.

8. Kopi

Jangan Makan 15 Makanan Ini kalau Gak Mau Olahragamu Terganggu!unsplash.com/nate_dumlao

Ternyata mengonsumsi kopi sebelum workout itu tidak dianjurkan, karena bisa bikin dehidrasi dan kram di perut. Olahraga bakal gagal kalau sampai hal itu terjadi.

Baca Juga: 11 Makanan Berlemak yang Baik untuk Tubuh Kamu, Gak Bikin Gemuk Kok!

9. Gorengan

Jangan Makan 15 Makanan Ini kalau Gak Mau Olahragamu Terganggu!unsplash.com/jcgellidon

Saat workout, tubuh membakar lemak dan kalori yang ada. Tapi, kalau kamu makan gorengan sebelum berolahraga, hal ini akan menambah kandungan lemak dalam tubuh. Tak hanya itu, mengonsumsi gorengan bakal bikin tubuh malas bergerak. Gak pengin rencana olahraga jadi batal, kan?

10. Es krim

Jangan Makan 15 Makanan Ini kalau Gak Mau Olahragamu Terganggu!unsplash.com/mark_crz

Mengonsumsi sesuatu yang manis seperti es krim bisa bikin perut kembung, kram, dan menghasilkan gas. Bisa gawat kalau tiba-tiba perut kram saat berolahraga!

11. Salad

Jangan Makan 15 Makanan Ini kalau Gak Mau Olahragamu Terganggu!unsplash.com/foodfaithfit

Siapa sangka kalau salad juga jadi salah satu makanan yang sebaiknya dihindari sebelum olahraga? Salad mengandung sayuran yang dibutuhkan tubuh. Tapi, sebaiknya kamu mengonsumsinya setelah berolahraga. 

12. Makanan pedas

Jangan Makan 15 Makanan Ini kalau Gak Mau Olahragamu Terganggu!unsplash.com/oelli

Bahaya nih kalau terlalu banyak makan pedas saat berolahraga. Bisa menyebabkan sakit perut seketika dan menghentikan aktivitas olahragamu. Duh, jangan deh!

13. Yogurt

Jangan Makan 15 Makanan Ini kalau Gak Mau Olahragamu Terganggu!unsplash.com/irinagrigorash

Sama halnya seperti salad, yogurt lebih baik dikonsumsi setelah berolahraga. Kandungan susu pada yogurt bisa bikin perut sakit, apalagi untuk orang yang perutnya sensitif. 

14. Pisang

Jangan Makan 15 Makanan Ini kalau Gak Mau Olahragamu Terganggu!unsplash.com/eilivaceron

Tingkat kematangan buah pisang bisa mempengaruhi tubuh yang mengonsumsinya. Pisang tepat dikonsumsi jika sudah matangnya pas. Jangan memakannya kalau belum begitu matang atau bahkan terlalu matang, karena bisa bikin mules. 

15. Jus atau smoothies olahan

Jangan Makan 15 Makanan Ini kalau Gak Mau Olahragamu Terganggu!unsplash.com/chrumo

Jus atau smoothies olahan yang dijual dalam kemasan dibuat dengan mencampurkan bahan-bahan lain. Tidak semua bahan tersebut alami dan segar.

Susu dan gula merupakan dua bahan utamanya. Kandungan tersebut malah bikin olahragamu makin berat, karena asupan gula berlebih tersebut. 

Nah, gak mau kan olahraga jadi terganggu karena salah makan? Maka dari itu, coba hindari dulu makanan-makanan di atas ya!

Baca Juga: 7 Makanan Cepat Saji yang Paling Tidak Sehat, Padahal Semuanya Favorit

Topic:

  • Yoshi Nathania
  • Dewi Suci R.

Just For You