Comscore Tracker

Resep Kue Apam Barabai Khas Banjarmasin, Manis dan Teksturnya Lembut

Cocok untuk camilan teman perjalanan #LokalIDN

Kuliner Nusantara memang terkenal dengan rasanya yang nikmat serta bentuknya yang unik. Salah satunya yaitu kue apam barabai. Kue ini bisa kamu jumpai ketika berkunjung ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Kue apam barabai terbuat dari bahan dasar tepung beras, tape singkong, gula merah, dan gula putih. Kue ini juga memiliki cita rasa yang manis serta tekstur yang lembut sehingga juga cocok untuk dijadikan camilan.

Berikut ini resep dan cara membuat kue apam barabai yang bisa kamu coba sendiri di rumah. 

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Kue Apam Barabai Khas Banjarmasin, Manis dan Teksturnya LembutIlustrasi tepung untuk membuat kue apam barabai (Pixabay.com/Hans)

Bahan pertama:

  • 20 gr tepung beras
  • 175 ml air

Bahan kedua:

  • 70 gr tapai singkong
  • 170 gr gula merah
  • 130 ml air
  • 100 gr tepung beras
  • Sejumput garam halus

Bahan taburan kelapa:

  • 1/2 butir kelapa 
  • 1 sdt garam halus

2. Campurkan bahan dan masak hingga mengental

Resep Kue Apam Barabai Khas Banjarmasin, Manis dan Teksturnya LembutIlustrasi membuat adonan kue apam barabai (Instagram.com/resepnenekkoe)

Pertama campur bahan biang, aduk sampai larut, kemudian masak dengan api kecil sambil terus diaduk. Tunggu sampai adonan mengental seperti bubur, lalu sisihkan.

Selanjutnya, lumatkan tapai singkong dengan garpu sampai halus. Kemudian larutkan gula merah, garam halus, dan air. Setelah itu saring dan sisihkan dalam wadah berukuran kecil.

Baca Juga: Pertama Kali ke Banjarmasin? 7 Tempat Makan Ini Wajib Disinggahi! 

3. Campurkan adonan dengan tepung beras

Resep Kue Apam Barabai Khas Banjarmasin, Manis dan Teksturnya LembutIlustrasi mencampurkan adonan kue apam barabai (Pixabay.com/webandi)

Selanjutnya, tuangkan sedikit demi sedikit bahan yang sudah dimasak tadi ke dalam wadah berisi tepung beras. Kemudian, masukkan tapai singkong yang sudah dilumatkan.

Berikutnya, larutan gula merah, 20 gr tepung beras, dan 175 ml air. Lalu aduk dengan tangan agar lebih mudah tercampur rata. Lakukan secara bergantian 2 kali tahapan dalam memasukkan adonan dan aduk sampai semua tercampur rata.

Kemudian tutup dengan cling wrap dan kain selama kurang lebih 12 jam sampai mengembang.

4. Kukus adonan kue dengan dialasi daun pisang

Resep Kue Apam Barabai Khas Banjarmasin, Manis dan Teksturnya LembutIlustrasi mengukus adonan kue (Pixabay.com/juno1412)

Selanjutnya, siapkan daun pisang sebagai alas kukusan lalu panaskan kukusan. Kemudian buka adonan yang telah didiamkan, lalu aduk sampai gelembungnya hilang. Setelah itu letakkan adonan ke dalam loyang, lalu kukus selama 20 sampai 25 menit.

5. Tambahkan taburan kelapa parut dan sajikan kue apam barabai

Resep Kue Apam Barabai Khas Banjarmasin, Manis dan Teksturnya LembutFoto kue apam barabai khas Banjarmasin (Instagram.com/waroeng_bandjar)

Beri taburan kelapa pada adonan yang sedang dikukus, kemudian aduk hingga tercampur rata. Kukus kembali beberapa saat. Kemudian setelah matang angkat dan kue apam barabai siap untuk disajikan.

Selain enak, kue ini juga cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga. Tunggu apa lagi? Yuk, buruan coba!

Baca Juga: Resep Nasi Itik Gambut Khas Banjarmasin, Enaknya Bikin Makan Terus!

Gilang Khuatul Akhmal Photo Verified Writer Gilang Khuatul Akhmal

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya