Comscore Tracker

Resep Kue Satu Khas Kebumen, Rasanya Manis dan Lembut di Lidah

Cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat pulang berwisata

Berburu kuliner adalah kewajiban setiap wisatawan jika berkunjung ke suatu tempat. Namun, jika mendengar makanan yang satu ini, mungkin kalian akan merasa aneh. Satu, kata tersebut sebenarnya tidak merujuk pada angka, melainkan sebuah nama untuk makanan khas Kabupaten Kebumen. 

Kue satu merupakan makanan unik berbahan dasar kacang hijau dan gula pasir yang ditumbuk hingga halus. Kemudian, tumbukan tersebut dibentuk persegi atau bentuk bulatan.

Kue satu sangat mudah ditemui di berbagai toko dan pasar tradisional yang tersebar di Kebumen. Namun, jika kalian sudah tidak sabar untuk mencicipi rasanya, kalian bisa mencoba membuat kue satu ini dirumah. Berikut resep cara membuat kue satu yang lezat dan manis.

1. Bahan-bahan yang digunakan

Resep Kue Satu Khas Kebumen, Rasanya Manis dan Lembut di LidahIlustrasi kacang hijau (Unsplas.com/David Gabrielyan)

Bahan-bahan:

  • 400 gr kacang hijau
  • 250 gr gula pasir
  • 2 sdt ekstrak vanilla
  • ½ sdt garam
  • 3 sdm krimer kental manis
  • 100 ml air

2. Sangrai kacang hijau

Resep Kue Satu Khas Kebumen, Rasanya Manis dan Lembut di LidahFoto menyangrai kacang hijau (Facebook.com/Ayu Rizki Putri Hariyani)

Langkah pertama, siapkan semua bahan. Selanjutnya, siapkan wajan dan sangrai kacang hijau dengan api kecil selama 10 sampai 15 menit, sampai terasa ringan. Jika sudah matang, kemudian matikan api dan biarkan dingin.

3. Menghaluskan kacang hijau

Resep Kue Satu Khas Kebumen, Rasanya Manis dan Lembut di LidahIlustrasi menghaluskan kacang hijau (Pexels.com/Mikhail Nilov)

Langkah kedua yaitu, siapkan blender, lalu masukan kacang hijau dan gula pasir hingga halus. Namun sebelum disangrai, gula pasir terlebih dahulu di ayak agar hasilnya lebih halus.

Selanjutnya, tambahkan ekstrak vanilla dan garam, kemudian aduk hingga tercampur rata. Lalu, tuang campuran krimer dan air sedikit demi sedikit sambil diaduk bercampur rata.

4. Cetak adonan kue satu

Resep Kue Satu Khas Kebumen, Rasanya Manis dan Lembut di LidahFoto adonan kue satu (Instagram.com/liannago)

Setelah adonan tercampur rata, selanjutnya ambil adonan dan cetak dengan cetakan kue satu. Letakan di atas loyang datar. Kemudian panggang dalam oven pada suhu 140°C selama 10 sampai 15 menit hingga kering.

5. Sajikan kue satu saat dingin

Resep Kue Satu Khas Kebumen, Rasanya Manis dan Lembut di LidahFoto kue satu khas Kebumen (Instagram.com/kuependawalima)

Setelah kue matang, keluarkan kue dari oven dan biarkan hingga dingin. Kue satu disimpan dalam wadah yang tertutup rapat, atau bisa juga langsung dinikmati.

Biasanya satu kemasan kue satu dibanderol dengan kisaran harga sekitar Rp.4.000 saja. Namun, tidak ada salahnya, jika kalian ingin mencobanya sendiri dirumah.

Dengan mengikuti resep di atas, kalian sudah bisa menikmati jajanan andalan para wisatawan saat berkunjung ke Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Semoga rasanya tidak kalah enak, ya! Selamat mencoba.

Baca Juga: Mulai Langka! Resep Mudah Bikin Camilan Tradisional Kue Getas

Gilang Khuatul Akhmal Photo Verified Writer Gilang Khuatul Akhmal

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya