Comscore Tracker

Resep Pukis Nutrisari Jeruk, Terasa Lembut dan Segar di Mulut

Varian pukis tak biasa yang pastinya enak

Kue pukis memiliki pilihan rasa yang beragam. Tidak hanya nikmat, kue pukis juga sangat mudah untuk dijumpai dipasaran atau dipinggir jalan.

Kalau biasanya kamu menikmati pukis rasa cokelat atau keju, kini saatnya kamu mencoba rasa baru. Di antara banyak varian rasa, apakah kamu pernah mencoba pukis rasa jeruk? Jika belum, berarti kamu perlu mencobanya, nih!

Berikan tekstur lembut dengan rasa menyegarkan, resep pukis Nutrisari jeruk ini bakal bikin kamu ketagihan karena saking enaknya. Pencinta kue tradisional satu ini jangan sampai gak cobain, ya!

1. Bahan-bahan yang digunakan 

Resep Pukis Nutrisari Jeruk, Terasa Lembut dan Segar di Mulutilustrasi bahan kue pukis jeruk (pixabay.com/didecs)

Bahan-bahan:

  • 2 sendok makan ragi
  • 2 sendok makan air hangat
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 3 butir telur ukuran besar
  • 200 gram gula pasir 
  • 125 gram tepung terigu protein sedang
  • 125 gram tepung terigu protein tinggi
  • 90 gram mentega
  • 300 ml susu murni
  • 40 gram susu kental manis
  • 2 bungkus Nutrisari jeruk
  • garam secukupnya
  • sukade secukupnya 

2. Aduk adonan biang terlebih dahulu

Resep Pukis Nutrisari Jeruk, Terasa Lembut dan Segar di Mulutilustrasi adonan biang (instagram.com/tissacake)

Langkah pertama, siapkan semua bahan yang digunakan. Campurkan dua sendok makan ragi, dua sendok makan air hangat, dan satu sendok makan gula pasir ke dalam wadah.

Selanjutnya, aduk dengan spatula hingga tercampur rata. Kemudian, tunggu beberapa saat sampai adonan berbuih dan sedikit mengembang. Kamu bisa menutup adonan biang menggunakan kain atau serbet bersih.

3. Kocok telur bersama gula pasir

Resep Pukis Nutrisari Jeruk, Terasa Lembut dan Segar di Mulutmengocok telur (pixabay.com/misskursovie2013)

Ambil mangkuk, lalu pecahkan tiga butir telur berukuran besar. Tambahkan 200 gram gula pasir, lalu aduk dengan kocokan telur atau diblender. Lakukan hingga adonan mengembang.

Selanjutnya lelehan 90 gram mentega, kemudian tunggu hingga dingin. Setelah itu, masukkan telur ke dalam adonan biang yang sudah mengembang, lalu aduk rata hingga buihnya hilang.

Baca Juga: Resep Kue Pukis Ubi Ungu, Enak dan Mudah Dibuat

4. Masukkan tepung terigu dan mentega cair

Resep Pukis Nutrisari Jeruk, Terasa Lembut dan Segar di Mulutilustrasi menambahkan tepung terigu (pixabay.com/dobrinov)

Masukkan 125 gram tepung terigu protein sedang ke dalam adonan biang, lalu aduk rata. Tambahkan juga 125 gram tepung terigu protein tinggi, lalu aduk kembali hingga merata. Kamu bisa mengaduknya menggunakan whisk, ya.

Nah, supaya terasa lebih gurih, beri sejumput garam pada adonan. Jika sudah, tuangkan mentega cair, lalu aduk kembali hingga tercampur rata. Pastikan gak ada adonan yang menggumpal di dasar adonan.

5. Masak pukis hingga matang dengan cetakan

Resep Pukis Nutrisari Jeruk, Terasa Lembut dan Segar di Mulutpukis jeruk (instagram.com/videodanresepmasakan)

Tuang 300 ml susu murni dan 40 gram susu kental manis ke dalam adonan pukis. Aduk hingga tercampur rata, lalu diamkan kurang lebih satu jam hingga mengembang. Kemudian, tuangkan 2 bungkus Nutrisari rasa jeruk.

Setelah itu, tuang 3/4 adonan ke dalam cetakan yang sudah dipanaskan. Taburi dengan sukade atau topping lain sesuai selera, lalu tunggu hingga matang. Kalau sudah matang, segera angkat dan kue pukis jeruk siap untuk disajikan.

Selain rasanya yang nikmat dan berbeda dengan pukis lainnya, pukis Nutrisari jeruk ini juga sangat mudah untuk dibuat. Bisa juga untuk ide jualan, lho. Semoga pukis Nutrisari jeruk buatanmu rasanya maksimal, ya!

Baca Juga: Resep Kue Pukis Labu Kuning yang Lembut, Manisnya Gak Bikin Enek 

Gilang Khuatul Akhmal Photo Verified Writer Gilang Khuatul Akhmal

"Tugas manusia hanyalah berusaha, teruntuk hasilnya biarlah Tuhan yang menentukan"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya