Comscore Tracker

5 Tips Menggulung Sushi Tanpa Roller, Tetap Rapi dan Mudah Dicoba!

Gak perlu takut gagal kalau mau bikin sushi sendiri di rumah

Perpaduan rasa asam, manis dan asin yang bercampur dalam nasi sushi membuat kudapan khas Jepang tersebut disukai banyak orang. Sushi juga terbilang mudah dibuat di rumah meskipun perlu sedikit trik agar tampilannya bisa rapi dan enak dipandang. 

Nah, bagi kalian yang ingin mencoba membuat sushi tapi gak ada roller untuk menggulungnya, lima tips di bawah ini akan membantu kalian!

1. Gunakan alas yang bersih dan kering  

5 Tips Menggulung Sushi Tanpa Roller, Tetap Rapi dan Mudah Dicoba!pexels.com/@olly

Agar rumput laut tidak menempel atau robek, siapkan alas yang bersih dan kering untuk menggulung sushi. Bila tidak ada talenan seperti yang pada umumnya digunakan kamu bisa menggantinya dengan piring besar alas lain yang dilapisi dengan plastic wrap. 

2. Sisakan 1/3 bagian tempat kosong dari rumput laut  

5 Tips Menggulung Sushi Tanpa Roller, Tetap Rapi dan Mudah Dicoba!pixabay.com/Mittmac

Menaruh isian sushi seperti nasi dan lauk intinya tidak boleh terlalu banyak. Sisihkan sisa rumput laut kurang lebih 1/3 bagian agar saat dipotong nanti bentuk sushi tetap enak dipandang. Menakar isian yang pas juga bisa memudahkan proses penggulungan lho. 

Baca Juga: Resep Mudah Bikin Sushi Bergizi di Rumah, Lezat dan Hemat Nih!

3. Padatkan isian saat mulai menggulung  

5 Tips Menggulung Sushi Tanpa Roller, Tetap Rapi dan Mudah Dicoba!pixabay.com/users/Free-Photos

Jangan lupa untuk mempadatkan isian saat mulai menggulung sushi. Padatkan hingga benar-benar tidak ada ruang kosong yang bila dibiarkan akan membuat sushi berantakan ketika dipotong. Tekan gulungan sushi yang baru mencapai setengah jalan tersebut sambil dibentuk menjadi bulatan yang sempurna. 

4. Jangan menggulungnya secara sekaligus  

5 Tips Menggulung Sushi Tanpa Roller, Tetap Rapi dan Mudah Dicoba!unsplash.com/@louishansel

Kesalahan yang paling sering dilakukan ketika pertama kali membuat sushi adalah teknik menggulung secara sekaligus. Maksudnya adalah langsung melakukan penggulungan tanpa dipadatkan ketika di posisi setengah gulungan.

Kalau menggulungnya langsung yang ada akhirnya sushi malah sulit terbentuk dengan rapi. 

5. Gunakan air untuk merekatkan bagian ujungnya  

5 Tips Menggulung Sushi Tanpa Roller, Tetap Rapi dan Mudah Dicoba!unsplash.com/@louishansel

Agar tak lepas dan merusak bentuk yang sudah susah payah dibuat, di bagian ujung rumput laut bisa diberi sedikit air sebagai media perekatnya. Dengan begini kamu bisa memastikan gulungan sushi tetap terjaga dan tidak terlepas sebelum dipotong. 

Membuat makanan khas Jepang ini memang membutuhkan kesabaran dan latihan yang cukup, jika sudah terbiasa mencoba maka lama-kelamaan sushi pun akan terbentuk secara rapi dan sempurna.

Download aplikasi memasak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 10 Kesalahan Membuat Sushi ala Rumahan, Rasanya Jadi Kurang Mantap

alys Photo Verified Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya