Comscore Tracker

5 Tips Menyiapkan Nasi Sushi yang Gak Kalah Enak Sama Restoran Jepang

Cara membuatnya gak serumit yang kamu bayangkan lho

Sushi kini menjadi salah satu primadona kuliner luar negeri yang sudah ramah di lidah orang Indonesia. Sushi memiliki persamaan seperti santapan khas Nusantara, sebut saja lontong isi sayur, lemper, atau bacang. Yang membedakannya adalah rasa asam manis pada nasi yang jadi kunci utama kelezatan sushi. 

Selain bahan-bahan pelengkap yang harus kamu siapkan, perhatikan lima tips menyiapkan nasi sushi yang enak dan mirip sama restoran Jepang berikut ini guys!

1. Pilih jenis beras asli Jepang atau alternatifnya yang sesuai

5 Tips Menyiapkan Nasi Sushi yang Gak Kalah Enak Sama Restoran Jepangdreamsofdashi.com

Yang menjadi rahasia nikmatnya sushi mahal dari restoran adalah jenis beras khusus yang memang diperuntukkan buat sushi. Karakteristik beras ini memiliki bentuk yang kecil dan pendek serta saat dimasak lebih lengket dari nasi yang biasa kita konsumsi. Namun beras ini dijual cukup mahal, sekitar Rp45-60 ribu per kilogram. 

Untuk menyiasatinya beras sushi asal Jepang itu bisa disubtitusi dengan campuran beras biasa dan beras ketan. Kombinasi tersebut akan menciptakan nasi sushi yang kurang lebih mirip dengan beras Jepang.

2. Masak dengan crabstick biar makin gurih

5 Tips Menyiapkan Nasi Sushi yang Gak Kalah Enak Sama Restoran Jepangaromasian.com

Ada banyak cara dan selera yang bisa dicoba dalam memasak nasi sushi. Kalau di Jepang sendiri nasi sushi sering kali dimasak bersama mirin, sayangnya mirin terbilang sulit ditemukan di pasaran luas. Tapi jangan khawatir karena untuk mengganti rasa mirin kamu bisa menggunakan crab stick alias daging kepiting imitasi yang lebih mudah dibeli. 

Potong crab stick tipis-tipis lalu masak bersama beras yang sudah disiapkan. Namun agar tetap rapi angkat potongan crab stick setelah matang dan biarkan nasi tetap polos tanpa ada campuran. 

Baca Juga: Resep Membuat Sushi Goreng, Gak Kalah Enak Dibanding yang Mentah

3. Campuran cuka adalah kunci utama kelezatan sushi

5 Tips Menyiapkan Nasi Sushi yang Gak Kalah Enak Sama Restoran Jepangkitchenbowl.com

Biar gak pusing memikirkan bahan yang otentik seperti negeri asalnya, kamu bisa menggunakan bahan dapur Nusantara yang mudah didapatkan. Cukup siapkan cuka biasa, garam dan gula untuk jadi campuran cuka.

Bagi kamu yang gak terlalu menyukai rasa asam yang kuat, cuka biasa bisa diganti dengan cuka beras atau cuka apel. Perbandingannya adalah 1:1:1/2:1/3, 1 gelas beras diberi campuran 1 sdm cuka, 1/2 gula, dan 1/3 garam.

4. Dinginkan nasi matang sambil diberi campuran cuka

5 Tips Menyiapkan Nasi Sushi yang Gak Kalah Enak Sama Restoran Jepangfoodandwine.com

Nasi yang telah matang tadi baiknya didinginkan terlebih dahulu agar tidak terlalu panas. Nasi hangat merupakan takaran yang pas untuk waktunya memberi campuran cuka. Jangan lupa sambil mengaduk nasi agar rasanya merata dengan sempurna. 

5. Hindari menggunakan nasi panas saat membuat sushi

5 Tips Menyiapkan Nasi Sushi yang Gak Kalah Enak Sama Restoran Jepanglearnjapanese123.com

Selain karena membuat campuran cuka sulit merata dan membuat nasi bergumpal, nasi hangat bisa merusak tekstur rumput laut yang krispi. Biarkan nasi dingin terlebih dahulu sebelum digulung bila menginginkan bentuk dan rasa yang maksimal. 

Nah, itu tadi beberapa tips menyiapkan nasi sushi yang gak kalah enak dari yang dijual di restoran. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya guys!

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Ini 7 Cara Makan Sushi yang Benar

alys Photo Community Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You