Comscore Tracker

Selembut Spons, 9 Tips Jitu Bikin Kue Legit Anti Bantat Untuk Pemula

#MasakItuGampang Kue lembut nan lezat bukan lagi impian

Membuat kue adalah proses yang susah-susah gampang. Dibutuhkan kecermatan dan teknik yang tepat agar kue keluar dari panggangan sesuai dengan yang diharapkan. Sayangnya, tidak jarang hasil kue justru terlalu padat alias bantat. Kalau sudah begitu, sia-sia rasanya seluruh tenaga dan waktu yang sudah dicurahkan.

Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi. Sembilan tips berikut ini dapat diaplikasikan agar kuemu lembut dan mengembang sempurna. Sudah siap sampaikan selamat tinggal kepada kue bantat?

1. Pastikan bahan yang digunakan sesuai resep

Selembut Spons, 9 Tips Jitu Bikin Kue Legit Anti Bantat Untuk PemulaStrawberryplum.com

Persiapan adalah kunci kesuksesan dari memanggang kue. Salah satu yang paling penting untuk disiapkan tentunya adalah bahan-bahan. Meskipun bahan-bahan membuat kue terkesan sederhana dan mudah dicari penggantinya, mengikuti resep tetaplah hal yang paling utama. Jika sembarangan mengganti bahan maka bisa-bisa kue menjadi gagal.

Contohnya, jika resep menyarankan untuk menggunakan tepung khusus membuat kue maka jangan menggunakan tepung serba guna. Hal ini disebabkan tepung kue memiliki tekstur yang lebih halus dibandingkan tepung serba guna sehingga akan memengaruhi hasil akhir kuenya nanti.

2. Gunakan bahan-bahan yang segar

Selembut Spons, 9 Tips Jitu Bikin Kue Legit Anti Bantat Untuk PemulaTastessence.com

Selain sesuai resep, bahan-bahan yang digunakan juga harus segar. Bahan yang sudah lama menimbulkan rasa yang tidak sedap dan bahan pengembang yang tidak segar memiliki performa yang mengecewakan.  Kamu bisa mengecek kesegaran pengembang terlebih dahulu sebelum dipakai.

Caranya gampang, cukup taburkan baking soda atau baking powder ke dalam cuka atau air panas dan tunggu hingga muncul gelembung. Jika gelembung muncul dengan cepat, maka bahan pengembang tersebut masih segar. Jika yang terjadi sebaliknya, maka tandanya bahan pengembang tersebut tidak layak digunakan.

3. Pastikan bahan-bahan bersuhu ruangan

Selembut Spons, 9 Tips Jitu Bikin Kue Legit Anti Bantat Untuk PemulaPikalily.com

Bukan hanya kesegarannya, suhu dari bahan-bahan yang akan digunakan juga penting untuk diperhatikan. Pasalnya, bahan-bahan yang bersuhu panas atau dingin justru akan membuat hasil kue menjadi bantat.

Apabila akan memakai telur, keluarkan dahulu dari kulkas dan jangan langsung digunakan. Begitu pun dengan lelehan margarin atau mentega, hindari langsung memasukkan ke adonan saat suhunya masih panas dan diamkan dahulu hingga menjadi hangat.

4. Takar bahan dengan detail

Selembut Spons, 9 Tips Jitu Bikin Kue Legit Anti Bantat Untuk PemulaSeriouseats.com

Masih perihal bahan, kali ini yang harus diperhatikan adalah takarannya. Jika tidak tepat, maka kue berisiko menjadi bantat. Apabila ingin menakar tepung cara yang tepat adalah dengan menggunakan sendok terpisah untuk mengisi tepung ke dalam wadah pengukur (measuring cup) hingga penuh.

Kemudian, usap bagian permukaan tepung untuk membuang kelebihan bahan. Hindari menyendok tepung langsung dengan wadah pengukur karena hal tersebut akan memadatkan tepung di dalam wadah yang justru menyebabkan kelebihan bahan. Untuk hasil pengukuran paling akurat kamu bisa menggunakan timbangan dapur (kitchen scale).

5. Wadah dan peralatan harus kering

Selembut Spons, 9 Tips Jitu Bikin Kue Legit Anti Bantat Untuk PemulaKnottyaldercabinets.co

Sekarang, giliran wadah dan peralatan yang mendapat perhatian. Wadah dan peralatan masak yang berair akan menyebabkan kue tidak bisa mengembang dengan baik dan berakhir bantat. Setelah wadah dan peralatan kamu cuci, sebaiknya diamkan dahulu semalaman agar mengering dengan sempurna karena jika dilap saja masih akan menyisakan residu air.

6. Jangan mengaduk adonan terlalu lama

Selembut Spons, 9 Tips Jitu Bikin Kue Legit Anti Bantat Untuk PemulaRushkitchen.com

Agar tercampur sempurna, adonan harus diaduk dengan tepat. Gunakan mikser elektrik apabila kamu ingin mengaduk butter, gula dan juga telur. Butter dan gula dicampurkan terlebih dahulu kemudian masukkan telur yang telah dikocok sedikit demi sedikit.

Untuk kecepatannya, mulailah dari rendah ke tinggi hingga adonan menyatu. Durasi pengadukan adonan pun harus diperhatikan. Jika terlalu sebentar, adonan akan mudah kempis sementara jika terlalu lama maka hasil kue akan bantat. Oleh karena itu, ikuti petunjuk resep karena durasi pengadukan adonan biasanya sudah tertera secara spesifik.

7. Panaskan oven sebelum mulai memanggang kue

Selembut Spons, 9 Tips Jitu Bikin Kue Legit Anti Bantat Untuk PemulaSimplyhealthyfamily.org

Langkah yang satu ini juga vital untuk dilakukan. Suhu oven yang tepat akan menghasilkan kue yang mengembang secara sempurna. Panaskan oven sesuai suhu yang tertera di resep setidaknya 20 menit sebelum memasukkan kue. Kamu juga bisa menggunakan termometer oven untuk memastikan suhunya sudah tepat.

Suhu oven yang terlalu panas akan menyebabkan bagian permukaan kue matang terlalu cepat sementara bagian tengahnya masih cair. Jika kue sudah dimasukkan namun suhu oven masih di bawah dari yang disarankan resep, maka kue akan mengembang namun langsung mengempis dengan cepat saat kuenya masih di dalam oven.

8. Panggang kue tepat di tengah oven

Selembut Spons, 9 Tips Jitu Bikin Kue Legit Anti Bantat Untuk PemulaChefsteps.com

Jika sudah waktunya memasukkan adonan ke oven, pastikan kamu meletakkan loyang tepat di tengah oven. Jangan pindahkan posisi loyang kecuali resep menyarankan demikian. Perubahan posisi loyang di dalam oven akan berdampak pada hasil panggangan kue. 

Apabila kamu mau memindahkan posisi kue agar setiap sisinya memiliki warna yang senada, tunggu hingga kuenya mengembang dahulu (biasanya saat 2/3 dari waktu panggang yang disarankan resep). Lakukan hal tersebut dengan cepat agar panas di oven tidak berkurang terlalu jauh.

9. Cek kematangan kue

Selembut Spons, 9 Tips Jitu Bikin Kue Legit Anti Bantat Untuk PemulaFoodnetwork.com

Kue yang tidak mengembang sempurna bisa jadi dikarenakan belum matang. Maka dari itu, kamu dianjurkan untuk dapat memeriksa dahulu kematangan kue sebelum dikeluarkan dari oven.

Caranya, masukkan tusuk sate, tusuk gigi atau sebatang spaghetti ke bagian tengah kue dan lihat apakah masih banyak adonan basah menempel ketika tusuknya dikeluarkan. Jika masih, berarti kue kamu belum matang dan coba panggang lagi di dalam oven selama lima menit. Namun, apabila ketika tusuk dikeluarkan tidak ada adonan basah yang menempel atau hanya sedikit berminyak saja, itu tandanya kuemu sudah matang.

Setelahnya, keluarkan kue dari oven dan diamkan selama 10 menit sebelum kamu keluarkan dari loyang atau cetakan. Selanjutnya, kue bisa kamu keluarkan dari loyang dan dinginkan sebentar hingga bersuhu ruang sebelum kamu berikan pugasan atau langsung kamu sajikan.

Kesembilan tips di atas cukup mudah untuk dilakukan, bukan? Segera praktikkan tips tersebut dan ucapkan selamat datang kepada kue lembut nan nikmat!

Ahmad Wildan Photo Verified Writer Ahmad Wildan

Your Sociable Movie Guy. IG: @wildanahmd

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya