Comscore Tracker

Resep Pecel Ndeso Khas Solo, Menu Sarapan Menggugah Selera

Makanan dengan gizi yang tinggi, nih!

Solo terkenal dengan kuliner tradisionalnya, seperti timlo, cabuk rambak, hingga nasi liwet. Dari banyaknya kuliner tersebut, ada satu lagi makanan yang tak kalah menggoda, yaitu pecel ndeso. Makanan ini memiliki cita rasa nikmat dan bergizi tinggi. 

Pecel ndeso menjadi salah satu kuliner Solo yang patut dicoba saat berkunjung ke Kota Batik ini. Pecel ndeso mempunyai beberapa perbedaan dengan pecel pada umumnya. Pecel ndeso ini menggunakan nasi merah dan sambal wijen berwarna hitam yang menjadi ciri khasnya.

Selain itu, Pecel ndeso biasanya juga disajikan dengan bongko dan kerupuk karak. Berbeda dengan pecel biasa yang menggunakan lontong dan sambal kacang.

Jika kamu sedang berada di Solo, sempatkan  mencoba kuliner khas satu ini. Namun, jika kamu ingin membuatnya sendiri juga bisa, lho. Bahan-bahannya juga mudah ditemukan di rumah dan di toko sekitar. Nikmat banget dijadikan sarapan, berikut resep pecel ndeso khas Solo yang mengenyangkan!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Pecel Ndeso Khas Solo, Menu Sarapan Menggugah SeleraIlustrasi bahan pecel ndeso (Instagram.com/mimolette_1106)

Bahan utama:

  • 2 sdm minyak goreng
  • 200 gram wijen hitam
  • 150-200 ml air matang
  • Nasi merah
  • 2 sdm petai cina
  • kerupuk gendar/karak secukupnya

Bahan bumbu halus:

  • 5 siung bawang putih
  • 2-5 cabai rawit merah
  • 6 lembar daun jeruk, iris lembut
  • 2 cm kencur
  • 100 gram gula merah sisir
  • 1 sdm air asam jawa pekat
  • 1 sdt garam

Bahan sayuran:

  • 50 gram taoge
  • 75 gram kol, iris kasar
  • 150 gram bayam
  • 50 gram daun kenikir
  • 100 gram daun pepaya, potong kasar
  • 100 gram kacang panjang, potong 2 cm

2. Haluskan bumbu

Resep Pecel Ndeso Khas Solo, Menu Sarapan Menggugah Selerailustrasi menghaluskan bahan makanan (unsplash.com/nature-zen)

Untuk membuat sambalnya, kamu perlu menyiapkan wajan terlebih dahulu. Panaskan minyak goreng dalam wajan, lalu masukkan wijen hitam. Kemudian, tumis hingga harum, lalu angkat dan dinginkan.

Setelah itu, siapkan wajan dengan minyak lagi untuk menggoreng bawang putih, cabai rawit, cabai merah, dan kencur hingga layu. Kemudian, siapkan cobek atau blender untuk menghaluskan bahan-bahan tersebut.

Selanjutnya, masukkan juga daun jeruk yang sudah diiris tipis. Tambahkan gula, asam, garam, dan bumbu halus, lalu aduk dan campur hingga merata. Kemudian, tuang air panas secukupnya untuk mencairkan sambal wijen.

3. Rebus semua sayuran hingga lunak

Resep Pecel Ndeso Khas Solo, Menu Sarapan Menggugah SeleraIlustrasi merebus sayuran (pexels.com/Castorly-Stock)

Pertama, rebus sayuran terlebih dahulu. Siapkan semua bahan, lalu panaskan air dalam panci hingga mendidih. Kemudian, rebus semua sayuran secara terpisah hingga matang, angkat, dan tiriskan. Untuk taoge cukup direndam dengan air panas sebentar saja. 

Untuk merebus bayamnya sendiri hanya cukup di rendam sebentar di air panas agar teksturnya tidak terlalu lembek. Sebab, bayam di sini dimaksudkan untuk dimakan mentah sebagai salad. 

Setelah sayuran sudah selesai, lanjutkan dengan nasi merah. Untuk memasak nasi merahnya pun cukup seperti dengan memasak nasi pada umumnya. Kamu bisa memasaknya menggunakan rice cooker hingga matang.

Baca Juga: 9 Kuliner ala Anne Avantie, Pecel Latoh hingga Cabuk Rambak

4. Pecel ndeso siap disajikan, deh!

Resep Pecel Ndeso Khas Solo, Menu Sarapan Menggugah SeleraIlustrasi Pecel Ndeso (Instagram.com/itsardirani)

Setelah semua bahan dan bumbu selesai dibuat, ambilah piring dan taruh seporsi nasi merah atau secukupnya. Kemudian, susun semua sayuran yang telah direbus tadi di atas nasi merah.

Berikutnya, siram sayuran dan nasi merah dengan sambal wijen. Jangan lupa untuk menaburi petai cina dan hidangkan dengan kerupuk gendar atau karak. Pecel ndeso siap disantap, deh!

5. Tips dan trik membuat pecel ndeso khas Solo

Resep Pecel Ndeso Khas Solo, Menu Sarapan Menggugah SeleraIlustrasi pecel ndeso (Instagram.com/mimolette_1106)

Untuk membuat kuliner khas Solo satu ini, ada beberapa tips bikin pecel ndeso yang nikmat dan antigagal. Berikut adalah tips dan trik yang bisa kamu terapkan.

  1. Jika pada wijen putih, tingkat kematangannya dapat dilihat dari segi warnanya yang agak kekuningan. Sedangkan pada wijen hitam, untuk mengetahui tingkat kematangannya sedikit lebih susah karena warnanya yang hitam pekat. Maka dari itu, kamu bisa mengetahuinya saat wijen di goreng. Wijen akan menjadi lebih ringan dari sebelumnya dan tidak menggumpal.
  2. Untuk sayuran yang digunakan, sesuaikan dengan selera. Kamu bisa menggunakan berbagai sayuran hijau lain yang mungkin lebih kamu sukai daripada sayuran di atas.

Pecel ndeso menjadi makanan yang memiliki kandungan gizi dan protein yang tinggi. Sehingga menu ini sangat cocok untuk menjadi menu sarapan. Bagaimana, kamu sudah pernah membuatnya atau belum, nih?

Baca Juga: Resep Pecel Punten Khas Blitar, Rasanya 3 in 1, nih!

Alicia Diahwahyuningtyas Photo Verified Writer Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya