Comscore Tracker

Resep Mie Seafood Kuah Tomat, Seger Banget!  

Kuahnya seger dan bikin nagih!

Mie adalah hidangan yang hampir semua orang sangat menyukainya. Teksturnya yang kenyal dengan cita rasa kuah memanjakan lidah, rasanya bikin pengen lagi dan lagi. Apalagi penyajiannya pun terbilang mudah dan cukup instan.

Kamu udah pernah coba mie seafood kuah tomat, belum? Mie dengan kuah tomat yang rasanya segar, ditemani aroma seafood yang bikin nagih. Bisa langsung cek resep lengkapnya di bawah ini, ya!

1. Bahan yang dibutuhkan 

Resep Mie Seafood Kuah Tomat, Seger Banget!  ilustrasi bahan mie kuah tomat (pixabay.com/Daria-Yakovleva)

Kamu membutuhkan bahan-bahan berikut untuk membuat mie seafood kuah tomat yang lezat.

Bahan utama:
1 bungkus bihun
2 ekor kepiting sedang
200 gr udang
2 blok tahu
Tauge (opsional)
5 butir bakso (opsional)
Minyak untuk menggoreng

Bumbu kuah:
6 buah tomat sedang, potong dadu
5 siung bawang metah, iris
2 siung bawang putih, cincang
5 cabe rawit, potong sedang
2 tangkai daun bawang, iris
5 tangkai seledri, iris
3 sdm minyak zaitun atau minyak kelapa
1/2 sdt kaldu jamur
1 liter air atau kaldu sayur
Garam dan lada secukupnya

2. Goreng tahu hingga kulitnya agak krispi 

Resep Mie Seafood Kuah Tomat, Seger Banget!  ilustrasi goreng tahu (youtube.com/Karissa's Vegan Kitchen)

Pertama kamu harus menyiapkan bahan isian untuk mie kuah tomat ini, salah satunya tahu. Nah, kamu harus memotong dadu tahu dengan ukuran agak kecil sekitar 2–3 cm persegi.

Siapkan wajan lalu panaskan di atas kompor dengan api sedang. Tuang minyak, tunggu hingga panas, masukkan potongan tahu kemudian goreng hingga permukaan agak krispi.

Baca Juga: 5 Kuliner Mie Dingin Korea, Menyegarkan di Tengah Teriknya Cuaca

3. Masak bihun hingga kenyal 

Resep Mie Seafood Kuah Tomat, Seger Banget!  ilustrasi memasak bihun (youtube.com/Thuy Hang Duong)

Untuk menyajikan bihun yang kenyal, rasanya tidak cukup jika hanya menyiramnya dengan air panas lalu didiamkan. Kamu harus memasaknya terlebih dahulu, dengan air mendidih.

Didihkan air secukupnya dalam kuali, selanjutnya masukkan bihun, masak sekitar 3 menit hingga kenyal. Angkat bihun, tiriskan, lalu masukkan ke dalam air dingin agar bihun tidak lembek dan hancur nantinya.

4. Buat kuah tomat yang segar

Resep Mie Seafood Kuah Tomat, Seger Banget!  ilustrasi kuah tomat (youtube.com/Allrecipes)

Ini adalah proses yang sangat penting dalam membuat mie seafood kuah tomat. Di sini, kamu harus memastikan udang dan kepiting yang kamu siapkan sudah bersih terlebih dahulu.

Siapkan kuali, masukkan minyak zaitun kemudian tumis bawang merah, bawang putih, cabe dan tomat. Tumis perlahan sampai tomat agak hancur, dalam hal ini kamu bisa menambahkan sedikit air agar tomat dan bahan lainnya tidak gosong.

Masukkan kepiting beserta air ke dalam kuali. Masak hingga kepiting hampir matang. Selanjutnya kamu bisa memasukkan udang, lalu beri bumbu penyedap seperti kaldu jamur, garam, lada, daun bawang serta daun seledri. Masak hingga semua bahan matang.

5. Sajikan mie seafood kuah tomat  

Resep Mie Seafood Kuah Tomat, Seger Banget!  ilustrasi mie seafood kuah tomat (youtube.com/Deana Thai)

Dalam penyajiannya, taruh bihun ke dalam mangkok, masukkan bakso, tauge. Setelah itu, sirami dengan kuah tomat yang masih panas.

Tambahkan potongan udang dan kepiting yang sudah dimasak tadi. Terakhir, supaya lebih sedap dan gurih, kamu bisa menambahkan potongan seledri dan daun bawang sebagai topping. Nah, lengkap sudah mie seafood kuah tomatnya.

Saat mencicipi mie seafood kuah tomat ini, kamu akan menemukan citarasa tomat yang segar, seafood-nya yang gurih, serta aroma aroma menyenangkan dari seledri serta daun bawang. Suatu perpaduan yang sangat menggoda selera. Jadi, pastikan kamu mencobanya di rumah, ya!

Baca Juga: 10 Olahan Mie Kuah dari Berbagai Negara, Mie Ayam Gak Kalah Eksis!

Allamandawi Photo Verified Writer Allamandawi

Mohon maaf jika ada kekeliruan informasi. Artikel lainnya dari saya dapat dilihat di www.allamandawi.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya