Comscore Tracker

Resep Bingka Labu Kuning, Camilan Lembut dengan Aroma Wangi

Kreasi labu kuning yang sudah pasti lezat

Labu kuning akan terasa kurang lezat kalau tidak diolah dengan tepat. Salah satu olahan labu kuning terenak yang bisa kamu coba adalah dengan dibuat menjadi bingka.

Kue bingka berbahan dasar labu kuning ini rasanya yang begitu lezat berkat diberi topping biji wijen. Dalam sekali gigitan, kamu akan merasakan lembut dan legitnya bingka, lho.

Jika penasaran akan kelezatannya, berikut ini resep bingka labu kuning yang bisa kamu buat di rumah. Yuk, simak dan terapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bingka labu kuning!

1. Bahan-bahan membuat bingka labu kuning

Resep Bingka Labu Kuning, Camilan Lembut dengan Aroma Wangiilustrasi labu kuning (freepik.com/jcomp)

Bahan-bahan:

  • 5 butir telur
  • 175 gram gula pasir
  • 500 ml santan
  • 450 gram labu kuning
  • 185 gram tepung terigu
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • wijen secukupnya

2. Bersihkan kulit dan buang biji labu kuning

Resep Bingka Labu Kuning, Camilan Lembut dengan Aroma Wangiilustrasi memisahkan labu kuning dari biji (pixabay.com/cjoung6728)

Siapkan labu kuning, lalu potong dan kupas bagian kulitnya. Buang bijinya hingga tak tersisa, lalu cuci bersih dan tiriskan. Kemudian, masukkan labu kuning ke dalam panci dan kukus sampai matang.

Setelah labu kuning matang, matikan api, lalu angkat dan letakkan ke dalam wadah untuk dihaluskan. Haluskan labu kuning selagi panas menggunakan garpu hingga lembut.

3. Masukkan tepung sambil diayak ke dalam bahan adonan

Resep Bingka Labu Kuning, Camilan Lembut dengan Aroma Wangiilustrasi menambahkan tepung sambil diayak (pexels.com/id-id/@mikhail-nilov)

Masukkan tepung terigu yang telah diayak bersama telur, gula pasir, garam, dan vanili bubuk ke dalam wadah berisi labu kuning halus. Kemudian, tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan whisk sampai rata.

Nah, pastikan adonan telah tercampur rata dan teksturnya halus alias tidak bergerindil. Setelah itu, hentikan proses mengaduk adonan dan adonan kue pun siap untuk dicetak.

Baca Juga: Resep Bingka Gula Merah, Camilan Manis yang Bikin Mood Naik Seharian

4. Tuang adonan ke dalam cetakan

Resep Bingka Labu Kuning, Camilan Lembut dengan Aroma Wangiilustrasi menuang adonan ke dalam cetakan (vecteezy.com/pairhandmade)

Tuangkan adonan ke dalam cetakan sampai habis. Hentakkan loyang berisi adonan berkali-kali supaya tidak ada udara yang terjebak di dalamnya. Kemudian, beri topping wijen pada adonan.

Selanjutnya, masukkan cetakan berisi adonan ke dalam oven. Panggang di suhu 180-200 derajat Celsius sampai permukaan kue kecokelatan. Sesuaikan menurut oven masing-masing.

5. Sajikan bingka labu kuning selagi hangat

Resep Bingka Labu Kuning, Camilan Lembut dengan Aroma Wangibingka labu kuning (instagram.com/vitakwee)

Setelah kue matang dengan ciri khas permukaannya berwarna kecokelatan, maka bingka labu kuning bisa kamu angkat dari dalam oven. Kemudian, biarkan uap panasnya menguar hingga berubah menjadi hangat.

Jika sudah hangat, barulah keluarkan kue dari dasar cetakan secara perlahan supaya tidak hancur. Kemudian, taruh di atas piring saji. Bingka labu kuning siap untuk disajikan selagi hangat.

Olahan labu kuning terlezat ini wajib banget buat kamu coba. Rasanya yang manis dan lembut dijamin bikin ketagihan. Terapkan langkah membuat bingka labu kuning seperti resep di atas, ya. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Bingka Singkong Premium, Jajanan Jadul Rasa Modern

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya