Resep Pie Susu Mini, Camilan Khas Bali yang Mungil tapi Nagih

Kelezatannya bikin kangen Bali #LokalIDN

Memiliki tekstur kulit yang renyah serta dipadu isian manis bertekstur lembut, camilan khas Bali bernama pie susu ini memang sudah familiar hingga ke luar daerah berkat kelezatan rasanya yang patut diacungi jempol. Gak heran, siapapun yang berkesempatan untuk mencicipi pie susu pasti bakal dibuat ketagihan olehnya.

Namun buat kamu yang belum pernah mencobanya tak perlu bersedih hati karena pie susu bisa kamu buat dengan langkah yang mudah. Berikut ini resep pie susu dan cara membuatnya untuk panduanmu di rumah.

1. Perlu bahan-bahan ini untuk membuat pie susu mini

Resep Pie Susu Mini, Camilan Khas Bali yang Mungil tapi Nagihilustrasi bahan membuat pie susu (strawberryplum.com)

Bahan kulit:

  • 100 gram butter dingin
  • 1 sdm gula halus
  • 1 butir kuning telur
  • 150 gram tepung terigu protein rendah
  • 20 gram susu bubuk

Bahan isian:

  • 2 butir telur
  • 4 butir kuning telur
  • 1 kaleng SKM
  • 450 ml air matang
  • 2 sdm tepung custard
  • 1 sdt ekstrak vanili

2. Mencampurkan adonan untuk membuat kulit pie

Resep Pie Susu Mini, Camilan Khas Bali yang Mungil tapi Nagihilustrasi adonan kulit pie (cookingwithdog.com)

Tahap pertama untuk membuat adonan kulit adalah siapkan wadah dan whisk. Di dalam wadah, campurkan butter dingin dan gula halus. Lalu aduk-aduk menggunakan whisk hingga tercampur rata.

Tambahkan kuning telur, aduk rata. Terakhir, masukkan pula tepung terigu secara bertahap sambil diaduk rata menggunakan whisk. Adonan siap digunakan untuk membuat kulit pie, sisihkan.

Baca Juga: Resep Pie Susu Pandan Teflon Antigagal, Pemula Wajib Coba!

3. Panggang kulit pie setengah matang saja

Resep Pie Susu Mini, Camilan Khas Bali yang Mungil tapi Nagihilustrasi memanggang kue pie (rainbowsinmylife.com)

Siapkan cetakan kue pie mini. Jangan lupa olesi cetakan pie dengan butter sampai merata. Sesudah itu, barulah tuang adonan ke dalam cetakan pie. Ulangi langkah ini sampai adonan habis dan selesai, sisihkan.

Berikutnya, tahap memanggang adonan. Masukkan secara bertahap cetakan pie berisi adonan ke dalam oven. Tutup oven dan mulai panggang setengah matang dengan suhu 160 derajat celsius. Matikan api, angkat, dan tiriskan.

4. Tahap membuat adonan untuk isian kulit pie

Resep Pie Susu Mini, Camilan Khas Bali yang Mungil tapi Nagihilustrasi membuat isian pie (lamonterrubiana.com)

Langkah pembuatan isian kue pie mini selanjutnya adalah siapkan wadah. Di dalam wadah, masukkan telur lalu kocok menggunakan whisk hingga rata. Masukkan SKM, tepung custard, dan air matang. Lalu aduk-aduk kembali dengan whisk hingga tercampur rata dan tidak bergerindil.

Kalau khawatir adonan bergerindil, kamu bisa juga menyaringnya hingga menghasilkan tekstur adonan yang benar-benar halus. Terakhir tambahkan ekstrak vanili, aduk rata dan sisihkan.

5. Panggang pie susu mini kembali dengan isian hingga matang. Siap disajikan

Resep Pie Susu Mini, Camilan Khas Bali yang Mungil tapi Nagihilustrasi pie susu mini (instagram.com/vitakwee)

Setelah itu, ambil kue pie mini yang telah dipanggang setengah matang tadi. Tuang adonan isian ke dalam kue pie, lakukan langkah ini sampai adonan isian habis. Nah, tahap terakhir ini adalah langkah pemanggangan kue pie mini.

Masukkan kue pie secara bertahap ke dalam oven, tutup oven kemudian mulai memanggang dengan metode api bawah hingga isian matang. Matikan oven, angkat, dan biarkan dingin. Pie susu mini siap disuguhkan.

Berkat tahu resep dan cara membuat pie susu seperti di atas, sekarang kamu gak asing kan dengan cita rasa camilan istimewa khas Bali tersebut? Jangan lupa bikin yang banyak ya biar gak kehabisan stok camilan enak di rumah. Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Pie Berbahan Unik dari Berbagai Negara, Ada Pie Kelapa Muda

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya