Comscore Tracker

13 Sajian Pisang Tradisional Khas Nusantara yang Rasanya Enak Banget

Olahan mana yang ingin banget kamu coba? #LokalIDN

Pisang jadi buah tropis yang saat matang kulitnya berwarna kuning. Memiliki cita rasa manis dan tekstur lembut, pisang bisa dimakan langsung maupun diolah jadi kudapan yang nikmat. Salah satunya ada beragam sajian tradisional khas masyarakat Indonesia yang dibuat dengan bahan dasar pisang pula.

Penasaran ada apa saja? Yuk, langsung saja simak beberapa olahan pisang khas Indonesia yang rasanya enak dan unik.

1. Godok-godok

13 Sajian Pisang Tradisional Khas Nusantara yang Rasanya Enak Bangetinstagram.com/putraputribatak

Berkunjung ke daerah Sumatera khususnya di bagian Utara dan Barat rasanya sayang kalau tak mencicipi jajanan bernama godok-godok atau masyarakat di sana menyebutnya cekodok.

Jajanan ini tentunya dibuat dengan bahan dasar pisang matang seperti jenis kepok, raja, ataupun batu yang dihaluskan lalu diberi tambahan terigu, gula, dan garam. Kemudian adonan dibentuk bulat dan digoreng hingga matang kuning kecoklatan. Cita rasa legitnya benar-benar bikin nagih

2. Pisang molen

13 Sajian Pisang Tradisional Khas Nusantara yang Rasanya Enak Bangetinstagram.com/dianfaizin17

Buat kamu pencinta gorengan pasti sudah tidak asing dong dengan pisang molen. Camilan ini merupakan salah satu kudapan khas Bandung dibuat dengan bahan dasar pisang yang dibalut kulit lalu digoreng hingga matang kuning kecoklatan. Tesktur jajanan ini yang garing berpadu cita rasa legit, rasanya kurang kalau menikmatinya cuma satu.

3. Pisang sale

13 Sajian Pisang Tradisional Khas Nusantara yang Rasanya Enak Bangetinstagram.com/tokopitung

Dari kedua olahan pisang di atas, pisang sale jadi jajanan yang paling tahan lama. Oleh karena itu gak heran camilan pisang khas Jawa ini sering dijadikan oleh-oleh. Bahkan pisang sale punya dua varian basah dan kering.

Untuk pisang sale varian basah yakni pisang yang dijemur hingga kering lalu langsung disantap, sedangkan pisang sale kering ialah pisang sale basah yang digoreng tepung hingga kering. Jadi, kamu pilih yang varian mana?

4. Mata roda

13 Sajian Pisang Tradisional Khas Nusantara yang Rasanya Enak Bangetinstagram.com/senja_moe

Sesuai namanya, pisang roda ini memang punya tampilan seperti roda. Selain terkenal di daerah Jawa Tengah, mata roda juga terkenal di Jawa Barat dengan sebutan putri noong serta di Makassar sebagai beppa janda.

Kue ini terbuat dari adonan singkong parut yang dikukus, diberi aneka warna lalu diisi pisang yang sudah matang. Kemudian adonan dikukus hingga matang, setelah itu adonan dipotong bentuk bulat. Saat akan disantap, mata roda diberi taburan kelapa parut agar rasanya gurih dan makin mantap.

5. Carang gesing

13 Sajian Pisang Tradisional Khas Nusantara yang Rasanya Enak Bangetinstagram.com/dapoersikoko

Jika kamu suka kudapan bercita rasa gurih manis, jajanan khas Jawa Tengah ini wajib kamu coba. Bernama carang gesing, kudapan ini dibuat dengan bahan utama pisang yang dipotong-potong lalu diberi santan, gula, garam, dan telur. Selanjutnya adonan ini dibungkus daun pisang dan dikukus sampai matang. Kira-kira, seperti apa rasanya ya?

Baca Juga: 5 Resep Pisang Goreng yang Enak dan Anti Gagal, Kriuknya Ngangenin

6. Nagasari

13 Sajian Pisang Tradisional Khas Nusantara yang Rasanya Enak Bangetinstagram.com/msd.susie

Jika kamu suka kudapan bercita rasa gurih manis, jajanan khas Jawa Tengah ini wajib kamu coba. Bernama carang gesing, kudapan ini dibuat dengan bahan utama pisang yang dipotong-potong lalu diberi santan, gula, garam, dan telur. Selanjutnya adonan ini dibungkus daun pisang dan dikukus sampai matang. Kira-kira, seperti apa rasanya ya?

7. Pisang plenet

13 Sajian Pisang Tradisional Khas Nusantara yang Rasanya Enak Bangetinstagram.com/nessiakesuma

Untuk kamu warga Semarang, pasti tidak asing dengan kudapan bernama pisang plenet. Makanan yang satu terbuat dari pisang kepok yang nantinya dibakar hingga layu, lalu dipipihkan diberi olesan margarin kemudian dibakar kembali sampai permukaannya kecoklatan. Untuk menambah cita rasa, pisang plenet diberi tambahan topping meises, kacang, dan parutan keju. Makin menggugah selera, bukan?

8. Lempeng pisang

13 Sajian Pisang Tradisional Khas Nusantara yang Rasanya Enak Bangetinstagram.com/laila_umi

Gak hanya masyarakat Barat yang punya pancake, tepatnya di Banjarmasin juga memiliki pancake yang dinamakan lempeng pisang. Karena sekilas sajian olahan pisang ini mirip pancake, namun makanan ini terbuat dari pisang yang dilumat yang kemudian dicampurkan ke dalam adonan. Saat disantap camilan ini ada tekstur pisang yang masih terasa, tapi dijamin deh tentunya membuat sensasi ini makin khas apalagi ditambah topping seperti pancake yang makin spesial!

9. Pisang gapit

13 Sajian Pisang Tradisional Khas Nusantara yang Rasanya Enak Bangetinstagram.com/deviirwantari

Kudapan khas Kalimantan Timur ini berbahan dasar pisang yang dibakar hingga layu, lalu dijepit hingga adonan pisang agak pipih. Selanjutnya pisang dioles margarin dan dibakar kembali hingga kedua sisinya matang merata. Biar makin ada sensasi creamy, pisang gapit diberi siraman saus gula merah. Siap-siap, dibikin lumer di lidah!

10. Pisang rai

13 Sajian Pisang Tradisional Khas Nusantara yang Rasanya Enak Bangetinstagram.com/faraleyama

Seklias kudapan khas Bali ini mirip mata roda. Pisang rai terbuat dari adonan tepung beras, santan, dan air suji yang kemudian diisi pisang yang sudah matang. Selanjutnya adonan berisi pisang ini digulung dan dibungkus dengan daun pisang seperti lontong, lalu dikukus hingga matang. Tekstur pisang rai yang lembut dengan cita rasa gurih legit, apalagi ditambah parutan kelapa. Dijamin makin mantap!

11. Barongko pisang

13 Sajian Pisang Tradisional Khas Nusantara yang Rasanya Enak Bangetinstagram.com/methantikz

Barongko pisang jadi salah olahan pisang khas Makassar yang terbuat dari pisang yang dihaluskan lalu dicampur dengan telur, santan, gula pasir, dan garam. Kemudian dibungkus daun pisang, selanjutnya dikukus hingga matang. Aroma harum legit serta tekstur lembutnya benar-benar maknyus.

12. Pisang epe

13 Sajian Pisang Tradisional Khas Nusantara yang Rasanya Enak Bangetinstagram.com/dhilasina

Hampir sama seperti sajian pisang gapit, kudapan khas Makasar ini terbuat dari pisang yang dibakar hingga layu, kemudian dijepit hingga agak gepeng lalu dioles margarin dan dibakar kembali hingga matang. Selanjutnya pisang epe diberi saus gula merah atau yang lainnya seperti saus coklat, saus durian, keju parut, dan cincangan kacang. Kamu bakal pilih topping yang mana, nih?

13. Es pisang ijo

13 Sajian Pisang Tradisional Khas Nusantara yang Rasanya Enak Bangetinstagram.com/vsamperuru

Terakhir ada sajian minuman es asal khas Makassar yang sangat populer. Es pisang ijo ini memang jadi favorit banyak orang, biasanya masyarakat Makassar menyajikannya untuk hidangan berbuka puasa. Es pisang ijo disajikan dengan perpaduan adonan hijau berisi pisang, bubur sumsum, es batu, sirup merah, dan susu kental manis yang siap-siap bikin menggoyang lidah.

Itulah dia beberapa sajian olahan pisang khas Indonesia yang enak dan unik. Kamu pun bisa mencicipinya saat berkunjung ke daerah tersebut, lho. Kira-kira, mana yang ingin kamu cicipi?

Baca Juga: 5 Resep Pisang Goreng yang Rasa Gurihnya Bikin Nagih, Coba Buat Yuk!

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Menyukai hal baru

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya