TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Roti Goreng Abon yang Praktis, Bikin Ngunyah Terus!

Camilan enak dengan bahan sederhana

Roti goreng abon (instagram.com/vitakwee)

Roti goreng bisa dibilang camilan yang cukup mengenyangkan. Camilan berbahan baku tepung terigu ini ternyata bisa diberi berbagai isian yang enak, lho. Salah satunya dikreasikan menjadi roti goreng abon.

Perpaduan lembut dan renyah di luar pasti bikin ketagihan. Cara membuatnya pun sangat mudah. Bahan-bahan yang digunakan pun sangat mudah didapatkan. Ingin tahu cara membuatnya? Simak resep roti goreng abon di bawah ini, ya!

1. Bahan-bahan yang perlu disiapkan

Ilustrasi bahan (unsplash.com/Annie Spratt)

Bahan-bahan:

  • 175 gr tepung terigu serbaguna
  • 80 ml air dingin
  • 1 kuning telur
  • 1 sdm mentega
  • 1,5 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt ragi instan
  • 1/4 sdt garam
  • 1 putih telur
  • abon sapi pedas secukupnya
  • tepung panir secukupnya

2. Campur tepung terigu dengan bahan lainnya

Ilustrasi mencampurkan tepung (onceuponachef.com)

Siapkan wadah cukup besar. Masukkan tepung terigu, gula pasir, dan ragi instan ke dalam wadah. Aduk dengan spatula hingga rata.

Selanjutnya, tambahkan air dingin dan kuning telur ke dalam wadah. Aduk kembali hingga menjadi adonan dengan tingkat kekentalan konsisten.

Baca Juga: Resep Roti Goreng yang Gurih dan Empuk, Begini Caranya!

3. Bagi adonan menjadi beberapa bagian

Ilustrasi membagi adonan (bakingthegoods.com)

Apabila adonan telah menggumpal, tambahkan mentega dan garam. Uleni kembali hingga adonan elastis. Saat menguleni adonan, kamu bisa menggunakan tangan saja agar hasilnya lebih maksimal.

Selanjutnya, ambil timbangan dan bagi adonan menjadi beberapa bagian seberat 30 gram. Kemudian, pipihkan adonan dan isi dengan abon secukupnya. Tutup adonan, lalu bentuk sesuai selera. Sisihkan ke dalam loyang.

4. Balurkan adonan pada tepung panir

Ilustrasi memberi tepung panir (nolisoli.ph)

Olesi adonan roti yang sudah dibentuk dengan putih telur menggunakan bantuan kuas. Kemudian, balurkan adonan roti satu per satu ke dalam tepung panir. Lakukan perlahan tanpa membuat abonnya keluar dari adonan.

Jika mendapati adonan roti yang sudah diberi isian bolong, tutupi dengan campuran tepung terigu dan air, lalu dibaluri kembali dengan tepung roti. Jika semua sudah selesai, letakkan kembali ke dalam loyang atau wadah datar.

Baca Juga: 5 Toko Roti Legendaris di Jakarta, Jual Roti Enak yang Bikin Nostalgia

Verified Writer

Arthur Glenn

Mulai aja dulu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya