TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Membuat Sambal Goreng Kentang, Lauk Sederhana yang Endeus

Bisa dimasak pedas atau manis, lho!

gambar resep sambal goreng kentang (instagram.com/ancilladhian)

Di luar negeri, kentang umumnya dijadikan camilan ketimbang menu makan utama. Namun, berbeda jika di Indonesia. Kentang bisa diolah jadi berbagai masakan enak untuk teman makan nasi.

Salah satu olahan kentang yang sering dibuat adalah sambal goreng. Kalau kamu penggemar makanan pedas, kamu pasti suka makan sambal goreng kentang.

Terbuat dari potongan kentang yang digoreng dan dimasak dengan bumbu cabai, sambal goreng kentang paling cocok dijadikan sebagai menu makan siang. Pedasnya bikin mata melek.

Dibuat dari bahan dan bumbu sederhana, berikut cara membuat sambal goreng kentang yang sedap untuk menu makan siang. Selamat mencoba!

1. Bahan-bahan membuat sambal goreng kentang

gambar bumbu untuk membuat sambal goreng kentang (youtube.com/Ika Mardhatillah)

Bahan-bahan:

  • 500 gram kentang, potong dadu
  • 250 gram hati ayam
  • 2 papan petai
  • 7 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 6 buah cabai merah
  • 1 buah cabai merah untuk dirajang
  • 4 butir kemiri
  • 1 sendok makan santan kental
  • 2 lembar daun salam
  • 1 jempol lengkuas
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • penyedap secukupnya

2. Rebus hati ayam hingga matang

gambar bumbu sambal goreng kentang yang akan dihaluskan (youtube.com/Ika Mardhatillah)

Siapkan panci, lalu isi air dan masukkan hati ayam. Rebus hati ayam hingga matang sempurna. Sembari menunggu matang, kamu bisa menyiapkan bumbu halusnya terlebih dahulu.

Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan kemiri menggunakan ulekan atau blender. Setelah bumbu halus, tambahkan lengkuas, lalu geprek menggunakan ulekan.

Setelah itu, sisihkan bumbu, lalu cek apakah hati ayamnya sudah matang atau belum. Jika sudah, segera angkat dan sisihkan.

Baca Juga: 5 Resep Sambal Goreng untuk Lauk, Bikin Nafsu Makan Meningkat

3. Goreng kentang yang sudah dipotong dadu hingga matang 

gambar kentang yang digoreng (youtube.com/Ika Mardhatillah)

Kalau hati ayam sudah matang dan bumbu halus sudah siap, sekarang giliran kentangnya yang harus digoreng. Siapkan wajan, lalu tuang minyak goreng secukupnya. Diamkan sebentar hingga minyak panas.

Setelah itu, goreng kentang dengan api sedang hingga matang, lalu angkat dan tiriskan. Menunggu kentang gorengnya dingin, kamu bisa memotong petai, hati ayam, dan satu buah cabai merah. Potong kecil hati ayam dan petainya, lalu iris cabai merahnya tipis-tipis.

4. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama santan

gambar bumbu sambal goreng kentang yang sedang ditumis (youtube.com/Ika Mardhatillah)

Siapkan wajan di atas kompor, lalu tuang minyak goreng untuk menumis. Kalau minyak goreng sudah panas, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi bersama lengkuas dan daun salam. Tumis bumbu hingga matang dan harum.

Selanjutnya, tambahkan sedikit air agar bumbu tidak terlalu kering. Aduk-aduk sebentar, lalu masukkan garam, gula, penyedap, dan cabai merah yang sudah diiris.

Setelah itu, aduk-aduk hingga bumbu penyedap larut. Tambahkan santan kental sebanyak satu sendok makan. Kemudian, aduk lagi agar semua bumbu tercampur rata.

Baca Juga: 5 Olahan Serba Goreng dengan Sambal Roa, Yummy Maksimal

Verified Writer

Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya