TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Bikin Chicken Parmigiana, Ayam Goreng Italia yang Lezat Banget!

Rahasianya ada di tahapan tepung pelapisnya, lho

chicken parmigiana (youtube.com/Devina Hermawan)

Pernahkah kamu menyantap hidangan khas Italia bernama chicken parmigiana? Chicken parmigiana atau ayam parmigiana menyajikan hidangan dada ayam yang digoreng dengan tepung krispi.

Sekilas seperti chicken katsu, hidangan ini biasanya disajikan dengan spageti dan keju mozzarella. Bagi kalian yang ingin memasak hidangan ini di rumah, simak lima tips memasak dari Devina Hermawan berikut agar chicken parmigiana buatanmu anti gagal.

1. Keringkan ayam dengan tisu 

proses mengeringkan ayam (youtube.com/Devina Hermawan)

Dalam pembuatan chicken parmigiana, gunakanlah ayam bagian dada karena mudah dipotong menjadi lebar. Sebelum dipotong, keringkan ayam menggunakan tisu agar bumbu marinasi meresap dengan baik.

Tidak hanya itu, hal tersebut juga akan membuat ayam lebih mudah diproses agar tidak licin saat dipotong menjadi lebar.

2. Belah ayam hingga membentuk ayam XXL 

proses membelah dada ayam (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah dikeringkan, belah dada ayam hingga bentuknya melebar tiga kali lebih besar. Hal ini dilakukan dengan mengiris permukaan atas dan bawah dengan ketebalan yang sama untuk membuat bentuknya lebih besar.

Untuk cara yang lebih mudah, kamu bisa membelah dada ayam menjadi dua bagian sebagai alternatif.

Baca Juga: 11 Olahan Ayam Paling Enak di Asia Tenggara, Ada Ayam Penyet!

3. Pukul-pukul ayam hingga merata 

ayam yang sudah dipipihksn (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah dibelah, pukul-pukul ayam hingga permukaannya menjadi rata. Kamu juga bisa memipihkan ayam menggunakan rolling pin.

Gunakan baking paper sebagai pemisah agar rolling pin dan ayam tidak menempel. Pastikan permukaan ayam menjadi pipih dan siap untuk dimarinasi.

4. Gunakan perasan lemon pada bumbu marinasi 

ilustrasi lemon (pexels.com/Teemu Matias)

Marinasi ayam dengan garam, merica, garlic powder, dan bubuk paprika lalu ratakan ke seluruh permukaaan ayam. Tambahkan sedikit perasan lemon agar marinasi lebih cepat meresap sekaligus menambah aroma segar.

Bungkus ayam dengan baking paper dan diamkan 10-15 menit. Selain membuat bumbu meresap, proses marinasi juga membantu tekstur ayam menjadi juicy pada hasil akhirnya. Jadi, tahap ini jangan dilewatkan, ya!

Verified Writer

Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya