TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Bikin Pie Crust Mini tanpa Oven, Wajib Kamu Coba! 

Cocok untuk kamu suka bikin kue tapi malas ribet

ilustrasi kreasi pie crust tanpa oven (youtube.com/Devina Hermawan)

Pie merupakan hidangan yang biasanya terdiri dari pastry dengan isi yang beraneka ragam. Isi pie dapat berupa buah, daging, keju, coklat, kacang dan lain-lain.

Kulit pie merupakan bagian yang paling penting dalam hidangan ini karena menopang isiannya. Tak jarang orang tidak berhasil membuat kulit pie ini. Hasil akhir yang didapat terkadang terlalu lunak atau terlalu keras.

Jika kamu ingin cara yang sederhana, kamu bisa coba 5 tips membuat kulit pai atau pie crust tanpa oven. Yuk, simak!

1. Hancurkan biskuit hingga menjadi crumbs

ilustrasi crumbs (unsplash.com/engin akyurt)

Selain membuatnya dari adonan lalu dipanggang di oven, sebenarnya kamu bisa membuat pie crust tanpa dipanggang, lho. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan biskuit yang tentu saja bisa kamu beli di minimarket terdekat.

Cara membuatnya, kamu bisa hancurkan biskuit menggunakan food processor atau secara manual. Perlu digaris bawahi, pastikan butiran crumbs halus agar mudah dicetak.

Baca Juga: 5 Savory Lattice Pie yang Punya Kulit Penutup Super Yummy

2. Gunakan cetakan khusus pie crust 

ilustrasi cetakan pie (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah biskuit halus, tambahkan mentega yang telah dilelehkan dan aduk rata. Siapkan cetakan dan masukan adonan hingga penuh terlebih dahulu. Tekan dan ratakan menggunakan jari agar adonan memadat kesamping dan semakin kokoh.

Perlu diperhatikan, pastikan bagian pinggir ketebalannya tidak berlalu tipis agar tidak mudah hancur untuk hasil akhirnya.

3. Pastikan seluruh bagian rapat 

ilustrasi pembuatan pie crust (youtube.com/Devina Hermawan)

Untuk memperoleh pie crust yang kokoh, pastikan seluruh bagiannya rapat agar tidak mudah hancur. Jika kalian memberi tekanan yang kurang, pie crust ditakutkan akan mudah hancur lagi.

Setelah semuanya ditata dalam cetakan, taruh di freezer agar adonannya semakin kokoh. Hal inilah yang membuatnya kue ini bisa dibuat tanpa menggunakan oven.

4. Simpan di wadah tertutup 

ilustrasi penggunaan cling wrap (youtube.com/Devina Hermawan)

Ada yang perlu kamu perhatikan saat memasukkannya ke dalam freezer. Kamu perlu menaruh pie crust ini di wadah tertutup. Hal itu untuk membuat aromanya tidak terkontaminasi.

Kamu bisa menaruhnya di food container atau menutupnya dengan cling wrap sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

Baca Juga: 5 Olahan Pie Ini Terbuat dari Bahan yang Tak Biasa, Tahu Pie Udara?

Verified Writer

Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya