Comscore Tracker

5 Olahan Pie Ini Terbuat dari Bahan yang Tak Biasa, Tahu Pie Udara?

Semuanya anti-mainstream

Orang Indonesia mungkin gak relate dengan kelezatan sebuah pie, ya? Soalnya, pastry yang satu ini lebih sering dijumpai di Amerika Serikat dan bahkan menjadi salah satu makanan tradisional di sana. Kalau kita, sih, jarang banget buat pie. Akan tetapi, di negeri Paman Sam sana, belum afdal kalau belum membuat pie labu apalagi saat thanksgiving

Kalau ngomongin soal isian pie, ada banyak ragam jenisnya. Namun, tidak halnya dengan pie-pie berikut. Kanal YouTube emmymade bakal mengajak kita untuk melihat lima olahan pie dengan bahan unik. Ada apa aja, ya?

1. Mock apple pie

https://www.youtube.com/embed/4s4PjOyujn8

Inilah mock apple pie yang sama sekali gak pakai apel. Resep ini populer di masa Depresi Hebat pada tahun 1930-an karena apel sulit ditemukan sehingga Ritz crackers pun dijadikan sebagai penggantinya.

Yang membuat pie ini mirip seperti pie apel adalah karena remahan crackers-nya meleleh layaknya potongan apel yang dipanggang. Selain itu, dikarenakan penambahan cream of tartar dan perasan lemon, terdapat rasa manis-asam dan gurihnya mentega saat memakannya. 

2. Pie air panas

https://www.youtube.com/embed/4JKBsd3SuVw

Pie yang satu ini juga gak kalah unik karena menggunakan air untuk menciptakan isian mirip custard. Meskipun sedemikian, resep ini juga menggunakan bahan umum untuk membuat pie, seperti gula, telur, tepung, mentega, dan pastinya air mendidih.

Penampakannya setelah dipanggang benar-benar mirip seperti mini egg custard tart, begitu juga dengan rasanya. Tekstur isiannya lembut layaknya pudding dengan paduan rasa telur dan manis yang menjadi satu.

Baca Juga: Resep Pie Brownies Almond yang Cocok Dinikmati Bersama Keluarga

3. Pie sprite

https://www.youtube.com/embed/Z_EwlmPZdn0

Kamu bosan dengan sprite yang gitu-gitu aja? Kenapa kamu gak coba membuatnya menjadi pie? Terinspirasi dari sebuah resep pie air yang populer pada masa Depresi Hebat, pie ini gak butuh telur dan susu, melainkan tepung, gula, mentega, ekstrak vanila, dan sprite.

Jadi, sprite bakal dituang ke dalam pie crust dan campuran seluruh bahan kering tadi ditaburi ke atas sprite-nya. Tenang, adonannya nanti tetap bakal memadat karena ada tepung. Untuk rasanya, anehnya, rasa lemon sprite-nya tidak kentara. Yang ada hanyalah rasa yang sangat manis yang berpadu dengan mentega dan ekstrak vanila. Wajib coba, nih!

4. Pie cuka

https://www.youtube.com/embed/kF5XcLu5eQU

Kalau kamu lagi ngidam pie buah, tapi di kulkas cuma ada cuka, tenang aja! Kamu bisa buat pie cuka. Masih merupakan salah satu olahan pastry dari masa Depresi Hebat, cuka di sini digunakan sebagai bahan pengganti buah.

Untuk memperkaya rasanya, ekstrak lemon ditambahkan untuk memberikan rasa artificial lemon. Selain itu, lapisan meringue juga ditambahkan ke atas lapisan custard tadi. Meskipun sudah diberi ekstrak lemon, rasa asam cuka yang kuat masih cukup kentara.

5. Pie udara

https://www.youtube.com/embed/0brcD9L1dMs

Meskipun namanya 'air pie', tapi pie ini tidak menggunakan udara, ya. Namanya sendiri berasal dari frasa 'air pie and windy custard' yang maknanya sendiri berarti 'kita gak ada lauk untuk makan malam'. Terlepas dari penamaannya yang unik, bagi kamu pencinta makanan gurih pasti bakal suka pie ini.

Pasalnya, isiannya berupa potongan kentang yang telah dibumbui dengan garam dan merica. Terlebih lagi, lapisan bawah pie ini berupa sauted bawang bombai. Boleh jadi ide masak baru, nih, guys.

Kamu sudah membaca tentang lima jenis olahan pie yang berbahan unik. Ternyata, krisis ekonomi bisa memicu orang untuk menciptakan kreasi pie yang unik, ya?

Baca Juga: 5 Kreasi Isian Pie yang Cocok Dijadikan Inspirasi Kudapan Legit

E N C E K U B I N A Photo Verified Writer E N C E K U B I N A

"Maju tak gentar, raibkan gelatar" | IG: @friasumitro

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya