TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Masak Tumis Kangkung agar Tetap Hijau dan Segar, Bikin Laper!

Terkesan sepele, tapi ampuh, lho

ilustrasi tumis kangkung (instagram.com/eatwell101.com)

Selain sebagai pelengkap gizi, sayur juga dapat membuat selera makan jadi meningkat. Salah satu menu sayuran yang kerap tersaji yakni tumis kangkung. Pada dasarnya, proses pengolahan tumis kangkung terbilang praktis dengan bahan-bahan yang juga sederhana.

Kendati demikian, tumis kangkung tersebut kadang memiliki tampilan kangkung yang menghitam sehingga tampak tak segar. Nah, di bawah ini adalah tips untuk mengakalinya agar tetap hijau dan segar!

1. PIlih kangkung dengan batang kecil dan tak terasa keras saat dipetik

ilustrasi tumis kangkung (instagram.com/being_nutritious)

Hasil akhir dari suatu masakan sangat dipengaruhi oleh kualitas bahan yang digunakan. Hal ini pun berlaku saat memasak tumis kangkung.

Pastikan kangkung yang digunakan masih segar. Selain itu, pilihlah kangkung yang bercirikan batang kecil. Untuk teskturnya, batang tersebut tak terasa begitu keras ketika dipetik.

Baca Juga: Resep Tumis Kangkung Tauco Seenak Restoran, Dijamin Ketagihan

2.  Rebus bumbu hingga setengah matang, masukkan garam saat memanaskan minyak

ilustrasi tumis kangkung (instagram.com/in__dri)

Alih-alih membubuhkan garam saat kangkung telah masak, sebaiknya tambahkanlah garam secukupnya saat memanaskan minyak. Hal ini bertujuan agar aroma tumis kangkung menjadi lebih kuat nantinya. Kemudian, tumis bumbu-bumbu sebentar, tambahkan air seperlunya. Rebus hingga setengah matang.

3. Gunakan minyak bekas memasak lauk-pauk, dan tambahkan dengan minyak kelapa

ilustrasi tumis kangkung (instagram.com/mixframe)

Untuk lebih memperkaya cita rasa, daripada menggunakan minyak baru, sebaiknya pakailah minyak bekas masak lauk-pauk. Misalnya, minyak goreng usai menggoreng ayam, ikan, udang, dan lainnya. Tak hanya itu, menambahkan minyak kelapa juga dapat membuat aroma dan cita rasa tumis kangkung jadi lebih sedap.

4. Masukkan batang kangkung terlebih dahulu, lalu lanjutkan dengan bagian daunnya

ilustrasi tumis kangkung (instagram.com/akka_cakery)

Selanjutnya, saat air dan bumbu-bumbu hampir matang, masukkanlah batang kangkung terlebih dahulu. Apabila batang tersebut sudah terasa empuk, lanjutkan dengan memasukkan daun kangkung. Tambahkan air bila perlu, tutup wajan, biarkan kangkung tersebut sekitar 1 menit. Angkat dan sajikan.

Baca Juga: 5 Resep Cah Kangkung dan Tumis Kangkung yang Enak dan Gampang Bikinnya

Verified Writer

Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya