TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Martabak Blender, Teksturnya Super Lembut dan Renyah

Praktis dan mudah dibuat

martabak blender (youtube.com/Rudy dan Sahabat TV)

Martabak manis merupakan salah satu jajanan tradisional Indonesia yang sangat populer. Martabak manis memiliki tekstur yang lembut dan renyah di luar, dengan isian yang manis dan gurih. Martabak manis biasanya disajikan dengan taburan meses, keju, dan kacang tanah.

Resep martabak manis blender ini sangat mudah dibuat dan hasilnya sangat lezat. Martabak ini cocok untuk camilan atau menu sarapan. Ingin tahu cara membuat martabak manis yang lembut dan renyah? Yuk, simak resepnya berikut ini!

Baca Juga: 3 Ragam Martabak Telur dari Sumatra, Kaya Rempah dan Banyak Cerita

1. Bahan-bahan yang diperlukan

ilustrasi tepung terigu (freepik.com/freepik)
  1. 225 gram tepung terigu protein sedang
  2. 1/2 sendok teh baking soda
  3. 1/2 sendok teh baking powder
  4. 1 sendok teh garam
  5. 25 gram gula pasir
  6. 250 ml air hangat
  7. 2 butir telur ayam
  8. 50 gram margarin, lelehkan
  9. 100 gram meses
  10. 100 gram keju, parut
  11. 100 gram kacang tanah, sangrai, lalu cincang halus
  12. 50 ml kental manis

2. Cara membuat martabak blender

ilustrasi blender (pexels.com/cottonbro)
  1. Pertama-tama campur tepung terigu, baking soda, baking powder, dan garam dalam mangkuk besar. Pastikan semua bahan tercampur rata agar adonan tidak menggumpal.
  2. Setelah semua bahan kering tercampur rata. Masukkan ke dalam blender, tambahkan gula pasir, air hangat sedikit demi sedikit. Lalu, blender hingga adonan mengental. Terakhir, masukkan telur ayam dan blender kembali hingga adonan rata dan tidak menggumpal.
  3. Setelah adonan mengental, pindahkan adonan ke dalam wadah yang cukup besar. Lalu, masukkan margarin cair. Aduk-aduk hingga adonan tidak ada gumpalan margarin. Diamkan adonan selama 30 menit di tempat yang tertutup rapat agar glutennya terbentuk sempurna.
  4. Panaskan wajan anti lengket dengan api sedang hingga panas merata. Tuang 1/2 adonan ke dalam wajan, lalu ratakan dengan spatula hingga membentuk lingkaran dengan ketebalan yang diinginkan.
  5. Masak martabak di atas api sedang hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat martabak dari wajan, lalu olesi dengan margarin cair agar tidak lengket saat dipotong.
  6. Taburi martabak dengan meses, keju, kacang tanah, dan kental manis sesuai selera. Potong-potong martabak menjadi beberapa bagian dengan ukuran sesuai selera. Sajikan martabak selagi hangat.

Baca Juga: Resep Martabak Telur ala Korea, Camilan Gurih Pendamping Minum Teh

Verified Writer

Rian Ardian

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya