TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Klepon Rainbow Manis yang Super Kenyal, Legit dan Playful!

Kudapan tradisional yang masih eksis #LokalIDN

instagram/lynulin

Klepon adalah kudapan tradisional Nusantara dengan rasa yang khas manis, gurih, dan lembut. Klepon yang selalu tampil dengan warna khas hijau pandan, kini tampil semakin cantik dan menarik perhatian dengan corak warna-warni bak pelangi. Pantas saja jika disebut dengan klepon rainbow

Nah, penasaran kan bagaimana cara membuat klepon rainbow manis yang super kenyal. Rasanya yang manis dan tampilannya yang playful bikin gemas. Yuk, ikuti cara mudah dan praktis klepon rainbow ala Chef Lynulin (IG: @lynulin).

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

pixabay/kaboompics

  • 200 gr tepung ketan
  • Pewarna makanan
  • Garam secukupnya
  • Gula merah
  • Kelapa parut
  • Air

Baca Juga: Klepon Kopi, Kue Tradisional Modifikasi untuk Generasi Millennial

2. Membuat adonan klepon

pixabay/webandi

Hal pertama yang dilakukan setelah semua bahan sudah siap adalah membuat adonan klepon. Campurkan tepung ketan, garam, dan air secukupnya. Aduk hingga kalis dan adonan dapat dibentuk.

Di sini menggunakan satu jenis tepung, yaitu tepung ketan agar mendapatkan hasil kekenyalan yang maksimal.

3. Proses membuat bulatan klepon dan isiannya

pixabay/Skitterphoto

Tahap selanjutnya adalah membuat bulatan klepon. Sebelumnya, bagi adonan menjadi beberapa bagian ya. Lalu beri pewarna sesuai selera pada setiap bagian adonan. Sambil membuat bulatan klepon, rebus air hingga mendidih. Ambil sedikit demi sedikit adonan dan bentuk bulat. Jangan lupa beri isian gula merah yang sudah disisir pada setiap bulat klepon yang dibentuk.

Setiap bulat klepon yang terbentuk segera dimasukkan ke dalam air mendidih agar isian gula merah dalam klepon tidak bocor. Tunggu beberapa saat hingga olahan klepon mengapung.

Baca Juga: 5 Resep Kreasi Klepon, Jajanan Khas Nusantara yang Bercita Rasa Legit

Verified Writer

Susi Yanti Nurraini

Keep shining, keep inspiring! engineer, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya