Comscore Tracker

Fakta Susu Kental Manis Bendera Gold yang Belum Banyak Diketahui  

Susu kental manis eksisnya lintas generasi nih

Jakarta, IDN Times - Susu Kental Manis Bendera Gold selalu diminati untuk dikonsumsi oleh masyarakat dalam berbagai macam kreasi makanan dan minuman untuk sarapan. Di Indonesia, susu kental manis sudah menjadi bagian dari tradisi dan budaya masyarakat Indonesia sejak tahun 1897. Masuknya kental manis di tanah air adalah hasil impor dari perusahaan Eropa dan hingga saat ini, susu kental manis selalu lekat dengan masyarakat di setiap generasi.

Susu Kental Manis Bendera Gold dikenal dapat menambah cita rasa berbagai macam menu. Oh iya, ternyata kental manis ini sudah lebih dulu populer di Eropa lho. Nah, kali ini IDN Times akan kasih tahu kamu beberapa fakta tentang kental manis dan Susu Kental Manis Bendera Gold. Seperti apa ya? Simak ulasannya berikut ini!

1. Susu kental manis pertama kali ditemukan di Swiss

Fakta Susu Kental Manis Bendera Gold yang Belum Banyak Diketahui  Shutterstock/New Africa 

Susu Kental Manis Bendera Gold ternyata sudah sejak dulu populer di Eropa bahkan sejak abad ke-19. Seperti halnya di Indonesia di mana kental manis menjadi salah satu penambah cita rasa makanan dan minuman yang akhirnya membuat Susu Kental Manis Bendera Gold menjadi gak bisa terpisahkan dengan masyarakat, keberadaan kental manis di Eropa pun juga menentukan sejarah perkembangan inovasi di benua tersebut. 

Penduduk Eropa menjadikan susu segar sebagai salah satu konsumsi wajib dalam pola makan sehari-hari. Tapi sampai abad ke-19, teknologi lemari pendingin masih belum bisa dimiliki oleh siapa saja. Hal ini membuat masyarakat kesulitan menjaga kualitas susu segar di setiap perjalanan yang mereka lakukan. 

Adalah Charles Page, salah satu orang yang mencari solusi dari kebutuhan untuk mengonsumsi susu segar secara rutin, ia memiliki ide untuk mengubah susu segar tersebut ke dalam bentuk yang tahan lama dan mudah dibawa ke mana saja. Lalu, di akhir tahun 1850-an ia memutuskan untuk membangun sebuah pabrik susu kental manis pertama di Cham, Swiss bersama Gail Border dan George Page.

2. Terbuat dari susu segar yang melalui proses penguapan

Fakta Susu Kental Manis Bendera Gold yang Belum Banyak Diketahui  Shutterstock/HannarongKamnim

Charles Page menggunakan bahan dasar susu segar yang dipilih dari peternakan terbaik di negara Swiss untuk membuat susu kental manis. Susu segar ini diolah melalui proses penguapan untuk mengurangi kadar air demi menghadirkan konsistensi kental yang khas dari susu kental manis. Sejak dulu, proses pembuatannya pun melewati proses keamanan dan kualitas tinggi. Produk susu kental manis di Eropa milik Charles Page diolah di pabrik yang menggunakan alat-alat modern, hingga kualitasnya selalu terjaga. 

Juga terbuat dari susu segar, kental manis seperti Susu Kental Manis Bendera Gold bisa jadi teman yang pas untuk sarapanmu dan keluarga. Susu Kental Manis Bendera Gold dikenal memiliki kandungan 9 sumber vitamin (vitamin A, D3, E, B1, B2, B3, B6, B12, dan C) dan 5 sumber mineral (kalsium, fosfor, selenium, mangan, dan yodium). Tak hanya itu, di dalam satu sachet Susu Kental Manis Bendera Gold juga terdapat kandungan kalori sebanyak 130 kkal.

3. Sempat jadi ransum untuk kebutuhan militer

Fakta Susu Kental Manis Bendera Gold yang Belum Banyak Diketahui  

Sejak didirikannya pabrik susu kental manis pertama di Eropa, Charles Page pun mulai memasarkannya di Swiss dan negara-negara tetangga di benua Eropa. Selanjutnya di tahun 1860-an, Charles Page pun mulai memperkenalkan susu kental manis sebagai salah satu varian ransum keperluan militer. Dari situ, Charles Page kembali mengembangkan bisnis susu kental manis miliknya ke Amerika Serikat dan menjadi salah satu produk yang cukup melesat penjualannya.

Di awal tahun 1868, penjualan susu kental manis hasil pabrik Charles Page sendiri berhasil terjual sebanyak 374.000 karton dan di tahun 1981, pabrik yang kini dikelola oleh adiknya, George Page telah berhasil memiliki 12 pabrik susu kental manis yang tersebar di benua Eropa dan Amerika Serikat. 

4. Susu Kental Manis Bendera Gold pas dikreasikan menjadi berbagai menu sarapan

Fakta Susu Kental Manis Bendera Gold yang Belum Banyak Diketahui  Shutterstock/Valeriya Dzyuba

Habis mengetahui fakta tentang kental manis, kamu perlu tahu cara memilih kental manis yang pas nih buat menu sarapanmu di pagi hari dengan Susu Kental Manis Bendera Gold. Karena Susu Kental Manis Bendera Gold ini terbuat dari olahan susu segar. Karakteristik full cream yang tersaji pada Susu Kental Manis Bendera Gold mampu menambah cita rasa kreasi sarapanmu jadi lebih nikmat dan menggugah selera. Dengan tekstur dan konsistensi yang kental, Susu Kental Manis Bendera Gold cukup fleksibel untuk digunakan dalam kreasi menu sarapanmu dan keluarga. 

Kali ini IDN Times akan membagikan beberapa resep kreasi sarapan nikmat dengan Susu Kental Manis Bendera Gold. Ada beberapa resep sarapan yang bisa kamu coba dengan mudah di rumah sekaligus membuktikan bahwa Susu Kental Manis Bendera Gold mampu menambah cita rasa nikmat pada menu sarapan. Simak resep-resepnya berikut ini ya!

Bubur kacang hijau Susu Kental Manis Bendera Gold

Fakta Susu Kental Manis Bendera Gold yang Belum Banyak Diketahui  IDN Times/Susu Kental Manis Bendera Gold

Bubur kacang hijau merupakan salah satu menu favorit untuk disantap saat sarapan. Nah, bubur kacang hijau memiliki rasa yang legit. Makin happy karena bubur ini mudah ditemui di mana saja, sehingga kerap kali digemari sebagai salah satu menu sarapan. Selain itu, bubur kacang hijau juga biasanya menggunakan jahe sebagai pelengkap untuk menghadirkan sensasi hangat di dalam tubuh. Bubur kacang hijau juga makin lengkap kalau kamu menambahkan Susu Kental Manis Bendera Gold.

Demi menambah cita rasa nikmat, kamu juga bisa menambahkan Susu Kental Manis Bendera Gold ke dalam resep bubur kacang hijau kreasi kamu. Mau tahu resepnya? Langsung simak resep berikut ini ya.

Bahab-bahan:

  • 200 gr kacang hijau
  • Air secukupnya
  • 70 gr jahe parut
  • Gula pasir secukupnya
  • 2 lembar daun pandan
  • 300 ml susu cair
  • Susu Kental Manis Bendera Gold secukupnya
  • 1/4 sdt garam

Cara membuat bubur kacang hijau Susu Kental Manis Bendera Gold:

  1. Rendam kacang hijau semalaman. Teknik ini dibutuhkan agar kulit-kulitnya mudah mengelupas sehingga mudah untuk diproses.
  2. Tiriskan kacang hijau yang sudah direndam semalaman dan cuci bersih agar tidak ada sisa kulit kacang yang menempel.
  3. Olah kacang hijau dengan cara merebusnya di atas api sedang. Sesekali aduk agar kacang hijau tidak menempel di dasar panci dan masak secara merata.
  4. Tambahkan daun pandan dan jahe ke dalam rebusan kacang hijau. Kembali aduk hingga tercium bau harum pandan dan jahe. Masak hingga kacang hijau matang dan empuk.
  5. Setelah empuk, tambahkan gula ke dalam panci berisi kacang hijau. Aduk hingga gula larut.
  6. Akhiri dengan menuang susu cair, Susu Kental Manis Bendera Gold, serta garam.
  7. Aduk hingga mendidih secara perlahan agar seluruh bahan tercampur dan tekstur kuah Susu Kental Manis Bendera Gold tidak pecah.
  8. Setelah mendidih diamkan sejenak agar menjadi hangat. Lalu bisa kamu hidangkan segera. Tambahkan juga Susu Kental Manis Bendera Gold sebagai topping untuk meningkatkan cita rasanya.

Bagaimana? Bubur kacang hijau Susu Kental Manis Bendera Gold pas untuk menu sarapan praktis untukmu dan keluarga di pagi hari kan?

Kopi susu Kental Manis Bendera Gold Vietnam

Fakta Susu Kental Manis Bendera Gold yang Belum Banyak Diketahui  Ilustrasi Vietnam Coffee (Shutterstock/raksapon)

Kopi susu Vietnam adalah salah satu menu sarapan lainnya yang bisa kamu nikmati dengan menggunakan Susu Kental Manis Bendera Gold sebagai bahan utamanya. Kopi susu Vietnam adalah salah satu sajian kopi populer di Indonesia. Gak heran kalau kopi susu Vietnam ini populer, gak hanya cita rasanya nikmat, teknik penyajiannya juga unik dan otentik. Nah, buat kamu yang mau mencoba buat kopi susu Vietnam dengan Susu Kental Manis Bendera Gold, catat resep berikut ini ya!

Bahan-bahan:

  • 1 sdm kopi bubuk tanpa ampas
  • Susu Kental Manis Bendera Gold secukupnya
  • 240 ml air panas

Cara membuat kopi susu Vietnam menggunakan Susu Kental Manis Bendera Gold:

  1. Tuang Susu Kental Manis Bendera Gold ke dalam gelas saji.
  2. Lanjutkan dengan memasak air panas hingga mendidih.
  3. Sambil menunggu air panas, siapkan Vietnam drip beserta filternya dengan urutan, filter lalu Vietnam drip di atas gelas yang telah terisi Susu Kental Manis Bendera Gold.
  4. Isi kopi bubuk ke dalam bagian filter Vietnam drip. Pastikan untuk meratakan kopi di dalam filter Vietnam drip hingga merata. Namun jangan biarkan bubuk kopi terlalu padat agar proses ekstraksi kopi berjalan lancar.
  5. Tuang air mendidih ke dalam filter kopi. Tutup agar uap dari proses ekstraksi kopi terjaga.
  6. Tunggu kopi menetes dari filter Vietnam drip hingga tidak ada lagi yang menetes. Lalu angkat filter dan sisihkan.
  7. Aduk kopi agar tercampur dengan Susu Kental Manis Bendera Gold. Kopi susu Vietnam bisa kamu nikmati.

Gak hanya untuk kopi vietnam, Susu Kental Manis Bendera Gold juga bisa kamu gunakan untuk jenis-jenis kopi lain sesuai selera. Jadi, jangan lupa selalu sedia Susu Kental Manis Bendera Gold untuk kreasi kopi hangat di pagi harimu ya!

French Toast Susu Kental Manis Bendera Gold

Fakta Susu Kental Manis Bendera Gold yang Belum Banyak Diketahui  IDN Times/Susu Kental Manis Bendera Gold

Suka sarapan roti? Sarapan dengan menu french toast pasti bisa jadi salah satu menu sarapan yang menarik untuk dicoba. French toast adalah salah satu varian roti goreng yang cukup populer hampir di seluruh dunia. Telur dan susu merupakan bahan penting dalam proses pembuatannya dan Susu Kental Manis Bendera Gold adalah pilihan yang pas untuk melengkapi menu sarapan nikmat dan gurih yang satu ini. Langsung intip cara buatnya berikut ini yuk!

Bahan-bahan:

  • 6 lembar roti tawar
  • 5 sdm susu cair
  • 2 sdm gula halus
  • 1 sdt garam
  • 2 butir telur
  • Susu Kental Manis Bendera Gold secukupnya
  • Mentega secukupnya

Cara membuat french toast Susu Kental Manis Bendera Gold:

  1. Kocok telur dan garam hingga merata secara perlahan. Jangan sampai berbusa.
  2. Tambahkan susu cair dan Susu Kental Manis Bendera Gold sedikit demi sedikit sambil kembali dikocok hingga campuran telur agak sedikit mengenta
  3. Celupkan roti satu per satu ke dalam campuran telur dan Susu Kental Manis Bendera Gold. Pastikan seluruh permukaan roti merata.
  4. Siapkan wajan atau teflon untuk memanggang roti. Lelehkan mentega secukupnya lalu panggang roti hingga berwarna coklat keemasan. Ulangi prosesnya hingga semua roti matang terpanggang merata.
  5. Tata french toast di atas piring saji, lalu tuang Susu Kental Manis Bendera Gold sebagai topping sesuai selera.

Terlihat nikmat 'kan resep menu sarapan barusan? Selain tiga resep tadi, kamu juga bisa menambahkan Susu Kental Manis Bendera Gold dalam berbagai kreasi sarapan lainnya. Tenang, Susu Kental Manis Bendera Gold juga mudah didapatkan kok karena tersedia di mana saja. Gak hanya itu, Susu Kental Manis Bendera Gold juga tersedia dalam berbagai kemasan serta ukuran mulai dari kaleng, sachet, dan pouch yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. 

Pastikan untuk selalu tambahkan Susu Kental Manis Bendera Gold sebagai penambah cita rasa pada kreasi sarapanmu dan keluarga ya! Jadi, kamu mau buat hidangan apa nih dengan Susu Kental Manis Bendera Gold? (WEB)

yummy-banner

Topic:

  • Anindya Roswita Putri
  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya