Comscore Tracker

Jangan Asal, Ini Dia 5 Cara Menyimpan Telur Agar Tidak Cepat Busuk

Jangan sembarangan menyimpannya ya

Telur merupakan salah satu lauk dengan kandungan protein yang cukup baik untuk tubuh kita. Selain itu pula telur juga mudah kamu dapatkan dimana-mana.

Bila kamu sering membeli telur, ada baiknya simak beberapa tips menyimpan telur berikut jika tak mau telur yang kamu beli cepat busuk. Berikut tipsnya.

1. Hindari menyimpan telur di dekat pintu kulkas

Jangan Asal, Ini Dia 5 Cara Menyimpan Telur Agar Tidak Cepat Busukhuffingtonpost.ca

Seperti yang kamu tahu kulkas telah dilengkapi oleh wadah khusus di mana dapat digunakan untuk menyimpan telur. Tapi, bila kamu masih sering menyimpan telur di wadah yang terletak di pintu kulkas tersebut sebaiknya segera dihentikan, deh.

Mengapa menyimpannya di dekat pintu kulkas harus dihindari? Karena dapat terjadi kontaminasi yang akan menyebabkan telur cepat busuk karena pintu sering dibuka tutup.

Selain itu, seringnya guncangan yang disebabkan dari aktivitas buka tutup kulkas juga mampu mempengaruhi kualitas isi telur itu sendiri.

2. Hindarkan telur dari bahan makanan yang memiliki bau menyengat

Jangan Asal, Ini Dia 5 Cara Menyimpan Telur Agar Tidak Cepat BusukPexels.com/Kendra Coupland

Dalam menyimpan telur, sebaiknya hindari untuk meletakkan telur di dekat bahan makanan atau bumbu dapur yang memiliki bau menyengat karena telur memiliki pori-pori yang mampu menyerap bau-bau tersebut dan mengakibatkan terkontaminasinya telur.  Maka dari itu sebaiknya perhatikan betul ketika ingin menyimpan telur.

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memasak Telur, Jadi Gak Sedap!

3. Simpan telur di dalam suhu ruang

Jangan Asal, Ini Dia 5 Cara Menyimpan Telur Agar Tidak Cepat BusukPexels.com/Lukas

Untuk menjaga nutrisi serta kandungan lain yang ada pada telur sebaiknya simpanlah telur di dalam suhu ruang. Kamu bisa meletakkan telur di dalam karton khusus untuk menyimpan telur, egg tray maupun wadah khusus yang sering kamu gunakan untuk menyimpan telur.

Sebaiknya, telur langsung kamu masak tak lama setelah kamu beli. Jangan sampai, kamu menyimpan telur yang usianya sudah lebih dari empat minggu.

4. Pastikan kamu menyimpan telur dengan posisi yang benar

Jangan Asal, Ini Dia 5 Cara Menyimpan Telur Agar Tidak Cepat Busukunsplash.com/Dsmacinnes

Kebanyakan orang langsung asal begitu saja saat menyimpan telur. Padahal, jika salah posisi telur bisa cepat busuk, lho. Pastikan kamu menyimpan telur dengan posisi terbaik yaitu dimana bagian yang runcing di bawah dan bagian yang tumpul di atas.

Kebanyakan orang memposisikan dengan posisi yang sebaliknya, benar bukan? Hal ini perlu dilakukan agar bagian kantong udara yang terdapat pada bagian tumpul telur tersebut tetap terjaga. Sehingga, isi telur tidak akan menekan bagian kantong udara tersebut.

5. Tips menyimpan telur dalam kulkas

Jangan Asal, Ini Dia 5 Cara Menyimpan Telur Agar Tidak Cepat BusukPexels.com/Monserrat Soldú

Jika kamu ingin menyimpan telur dalam kulkas, bawa serta egg tray atau kartonnya ketika menyimpannya di dalam kulkas. Namun perlu kamu ketahui, meski suhu dingin dapat mencegah bakteri untuk berkembang biak kamu harus dengan cepat mengonsumsi telur. Dengan kata lain, kamu tidak boleh terlalu lama membiarkan telur berada di dalam kulkas.

Itulah tadi 5 cara menyimpan telur agar tidak cepat busuk. Meskipun terkenal lebih awet bila dibanding dengan bahan lainnya, ada baiknya kamu langsung mengonsumsi telur tidak lebih dari dua minggu setelah pembelian agar nutrisi dan kesegarannya tetap terjaga.

Baca Juga: Alergi Telur? 7 Sumber Protein Nabati Ini Bisa Jadi Pengganti

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

a talkative who loves to write and tweeting | “Even a falling star still shines” - Tablo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya