Comscore Tracker

Resep Brownies Alpukat Lumer, Siap Menggoyang Lidahmu

Lembut banget dan bikin nagih!

Brownies merupakan kudapan yang sudah tak asing lagi. Rasanya yang manis membuat brownies begitu digemari masyarakat. Kini, brownies tak hanya disajikan begitu saja dengan aneka taburan di atasnya. Salah satu kreasi uniknya yakni brownies alpukat.

Brownies alpukat atau yang beken dengan sebutan browkat adalah brownies yang disajikan dengan vla dan cokelat leleh. Gak heran kalau camilan ini punya tekstur yang lembut sekaligus lumer.

Kini kamu bisa membuatnya sendiri di rumah lho karena caranya sangat sederhana dan bahan yang kamu perlukan juga mudah di temukan.

Seperti apa resep brownies alpukat lumer dan cara membuatnya? Berikut adalah ulasannya.

1. Bahan untuk membuat brownies alpukat 

Resep Brownies Alpukat Lumer, Siap Menggoyang Lidahmuilustrasi bahan untuk membuat brownies alpukat (blissfullylowcarb.com)

Bahan brownies kukus:

  • 4 butir telur
  • 80 gram tepung terigu
  • 35 gram cokelat bubuk
  • 75 gram cokelat batangan (DCC)
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 sdt emulsifier
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt pasta vanila
  • 60 gram mentega
  • 60 ml minyak sayur

Bahan vla alpukat:

  • 1000 gram alpukat
  • 200 ml air
  • 3 sachet susu kental manis

Bahan whipped cream:

  • 300 gram whipped cream  instan
  • 60 ml air es

Bahan ganache cokelat:

  • 250 gram cokelat batangan (DCC)
  • 125 susu cair
  • 1 sdm mentega

2. Buat brownies kukus terlebih dahulu 

Resep Brownies Alpukat Lumer, Siap Menggoyang Lidahmuilustrasi menuang adonan brownies ke dalam loyang (inspiredtaste.net)

Tim mentega dan cokelat batangan hingga mencair, sisihkan. Kocok telur, gula pasir, emulsifier serta pasta vanila hingga mengembang. Tuang campuran tepung terigu, baking powder, serta cokelat bubuk yang sudah diayak sebelumnya ke dalam adonan.

Masukkan campuran mentega dan cokelat yang sudah kita masak tadi. Campur menggunakan teknik aduk balik hingga semua adonan tercampur rata. Jika sudah, tuang ke dalam loyang dan kukus selama kurang lebih 30 menit hingga matang.

Angkat dan dinginkan terlebih dahulu di dalam suhu ruang.

3. Lanjutkan dengan menyiapkan vla alpukat 

Resep Brownies Alpukat Lumer, Siap Menggoyang Lidahmuilustrasi vla alpukat (carbmanager.com)

Sembari menunggu brownies dingin, buat vla alpukat terlebih dahulu, yuk! Caranya mudah banget, lho. Ambil daging buah alpukat lalu masukkan ke dalam blender. Tambahkan air serta susu kental manis. Selanjutnya blender semua bahan hingga benar-benar halus. Pastikan tak ada remahan daging buah alpukat, ya. Tekstur akhirnya akan kental seperti saus.

Baca Juga: Resep Membuat Brownies Mini Kukus yang Fudgy dan Lembut, Endulita!

4. Selanjutnya, kocok whipped cream

Resep Brownies Alpukat Lumer, Siap Menggoyang Lidahmuilustrasi membuat whipped cream dengan menggunakan mixer (homeandstyle.co.uk)

Cara membuat whipped cream cukup mudah. Kamu hanya perlu menuangkan whipped cream instan dan air es lalu kocok menggunakan mixer hingga kaku dan mengembang. Kalau di rumah kamu punya whipped cream yang sudah jadi jauh lebih memudahkanmu lagi.

Sebetulnya, whipped cream tergolong bahan yang optional dalam brownies alpukat ini, ya. Akan tetapi, bila menambahkannya akan semakin menambah kelezatan. 

5. Bikin ganache cokelat, yuk!

Resep Brownies Alpukat Lumer, Siap Menggoyang Lidahmuilustrasi ganache coklat. (preppykitchen.com)

Ganache cokelat merupakan perpaduan antara cokelat dan krim biasanya digunakan sebagai pelapis kue.

Nah, kali ini untuk membuat lapisan brownies alpukat kita butuh untuk membuat ganache ini. Caranya sederhana dan mudah, kok.

Cukup rebus susu cair hingga panas. Tak perlu sampai mendidih, ya. Lalu masukkan cokelat batangan yang sudah kamu sisir hingga halus sebelumnya. Tambahkan mentega lantas aduk hingga adonan ganache terlihat mengkilap. Bila sudah seperti itu, matikan api.

6. Susun brownies alpukat dan sajikan 

Resep Brownies Alpukat Lumer, Siap Menggoyang LidahmuBrownies alpukat. (instagram.com/nganre_rong)

Karena semua bahan sudah siap, mari lanjutkan dengan menyusun brownies alpukat ke dalam wadah. Kamu bisa memakai cup salad buah yang berbentuk bulat maupun menggunakan wadah dessert box yang berbentuk persegi. Bila wadah sudah siap, potong brownies terlebih dahulu mengikuti bentuk dasar wadah yang kamu gunakan.

Lanjutkan dengan menuang vla alpukat yang dimasukkan ke dalam plastik segitiga atau piping bag. Selanjutnya letakkan whipped cream di atas vla alpukat. Terakhir, siram dengan ganache.

Bila ingin makin cantik, kamu bisa menambahkan cincangan kacang sangrai atau choco chip.  Simpan di dalam kulkas selama lebih 1 jam hingga set. Baru deh brownies alpukat siap disajikan. Dessert ini paling enak dinikmati dalam keadaan dingin.

Membuat dessert yang enak ternyata tak begitu sulit, ya. Bahkan bahan-bahannya pun mudah didapatkan. Tak ada salahnya juga lho menjadikan brownies alpukat sebagai komoditas jualan kamu. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Kreasi Minuman Alpukat Kocok yang Segar, Sukses Bikin Ketagihan

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya