Comscore Tracker

Resep Es Cappuccino Cincau ala Rumahan, Minuman Viral yang Menyegarkan

Paling enak diminum di siang hari!

Sekitar tahun 2014 yang lalu minuman yang satu ini sempat viral di mana-mana, lho. Sebelum heboh thai tea dan boba, cappuccino cincau terlebih dahulu mendapat hati di masyarakat. Bukan tanpa alasan. Selain segar, sensasi unik menyeruput cincau lewat sedotan juga jadi salah satu nilai tersendiri.

Karena sekarang cappuccino cincau sudah sulit dicari, gak ada salahnya nih buat kamu membuat sendiri di rumah. Penasaran dong bagaimana cara membuatnya? Simak sama-sama, yuk!

1. Bahan-bahan yang kamu butuhkan

Resep Es Cappuccino Cincau ala Rumahan, Minuman Viral yang MenyegarkanIlustrasi bahan es cappuccino cincau (vickypham.com)

Bahan-bahan:

  • 1 buah cincau
  • 2 bungkus minuman cappuccino instan
  • 2 bungkus susu kental manis putih
  • Gula pasir bila suka manis
  • Es batu secukupnya
  • Air secukupnya

2. Serut atau potong cincau terlebih dahulu

Resep Es Cappuccino Cincau ala Rumahan, Minuman Viral yang MenyegarkanIlustrasi cincau yang dipotong (tastessence.com)

Langkah pertama yang  dilakukan adalah menyerut atau memarut cincau sehingga berbentuk panjang-panjang. Hal ini dilakukan supaya mirip dengan yang dijual di pasaran.

Namun, apabila kamu gak punya serutan atau malas memotongnya panjang-panjang kamu juga bisa kok memotong cincau berbentuk dadu. Besar atau kecil ukurannya sesuka hati kamu, ya.

Baca Juga: Resep Dalgona Thai Tea Cincau ala Yummy App, Segar Banget!

3. Membuat cappucinno dengan blender

Resep Es Cappuccino Cincau ala Rumahan, Minuman Viral yang MenyegarkanIlustrasi membuat cappuccino dengan blender (lifewithpro.com)

Siapkan blender lalu masukkan es batu, dua bungkus minuman cappuccino instan, susu kental manis, dan air.  Kalau kamu suka yang manis, boleh menambahkan gula pasir ya. Blender hingga semuanya tercampur rata.

Jangan sampai ada bahan yang belum tercampur ya karena nanti rasa cappucinno jadi kurang maksimal. Jika sudah tercampur rata, sisihkan terlebih dahulu.

4. Membuat cappuccino tanpa blender

Resep Es Cappuccino Cincau ala Rumahan, Minuman Viral yang MenyegarkanIlustrasi membuat cappuccino tanpa blender (wolftea.com)

Masukkan dua bungkus cappuccino instan ke dalam wadah, susu kental manis, dan gula bila suka. Lalu, tuang air panas. Boleh kamu didihkan terlebih dahulu atau tidak yang penting panas. Ini fungsinya untuk melarutkan bubuk cappuccino.

Pasalnya bila dilarutkan  dengan air dingin atau bahkan air es bubuk cappuccino akan menggumpal. Meski nanti akan larut namun membutuhkan waktu yang lama untuk tercampur.

Kalau sudah tercampur dan larut, sishkan.

5. Susun es cappuccino cincau ke dalam gelas dan sajikan

Resep Es Cappuccino Cincau ala Rumahan, Minuman Viral yang MenyegarkanIlustrasi cappuccino cincau (thesubversivetable.com)

Susun es batu di dalam gelas. Lalu masukkan cincau yang sudah diserut atau dipotong tadi. Baru tuang cappuccino yang sudah dibuat sebelumnya. Bila cappuccino instan yang kamu gunakan mendapatkan tambahan choco granule, boleh banget lho kamu tuang di atasnya supaya makin cantik.

Kamu juga bisa nih menghias pinggiran gelas dengan meletakkan susu kental manis coklat sehingga saat cappuccino dituang akan menambah hiasan cantik pada gelas kamu. Sudah deh es cappuccino cincau yang viral itu siap disajikan.

Nah, itulah tadi resep es cappuccino cincau ala rumahan yang sempat viral. Gimana, gampang banget kan cara buatnya? Dijamin gak hanya melepas dahaga kamu di siang hari tapi juga menyegarkan. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Kreasi Modern Minuman Es Cincau yang Cocok untuk Pelepas Dahaga

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya