Comscore Tracker

Resep Puding Cokelat untuk Takjil Buka Puasa, Juara Banget Enaknya! 

Dimakan saat dingin makin berasa cokelatnya

Takjil merupakan makanan yang kita santap ketika buka puasa. Meski identik dengan minuman manis, puding juga tak kalah enaknya untuk disajikan sebagai takjil.

Terlebih, puding merupakan salah satu dessert favorit berbagai macam kalangan dan usia. Rasanya yang manis berpadu dan tekstur yang begitu lembut membuat puding begitu digemari.

Bila kamu salah satu pencinta puding, cobalah membuat puding cokelat sendiri di rumah. Bahan dan cara membuatnya gampang banget, lho. Langsung saja simak resep puding cokelat sebagai takjil buka puasa berikut ini, yuk!

1. Bahan untuk membuat puding cokelat 

Resep Puding Cokelat untuk Takjil Buka Puasa, Juara Banget Enaknya! ilustrasi bahan untuk membuat puding cokelat (foodsguy.com)

Bahan-bahan:

  • 3 sendok teh agar-agar plain/tanpa rasa
  • 90 gram gula pasir
  • 750 cc susu cair cokelat
  • 3 butir telur
  • 30 gram cokelat bubuk
  • 20 ml air
  • 200 gram dark chocolate
  • 1 sdt pasta vanila
  • Sejumput garam

2. Lelehkan dark cokelat terlebih dahulu 

Resep Puding Cokelat untuk Takjil Buka Puasa, Juara Banget Enaknya! ilustrasi melelehkan dark chocolate (delish.com)

Siapkan dark chocolate, lalu potong atau sisir menjadi bagian yang lebih kecil. Masukkan ke dalam sebuah wadah. Letakkan wajan berisi air di atas kompor. Nyalakan dengan menggunakan api kecil.

Tak perlu menunggu hingga mendidih, ketika sekiranya sudah mulai memanas atau suhu air suam-suam kuku, segera ambil wadah berisi cokelat.

Letakkan wadah tersebut lalu tim cokelat hingga meleleh. Jangan lupa sesekali diaduk ya agar panasnya lebih merata sehingga cokelat mudah leleh. Sisihkan cokelat leleh terlebih dahulu.

Baca Juga: 9 Tips Membuat Puding Lumut yang Enak dan Cantik, Antigagal!

3. Masak agar-agar hingga mendidih 

Resep Puding Cokelat untuk Takjil Buka Puasa, Juara Banget Enaknya! ilustrasi memasak agar-agar hingga mendidih (thekitchn.com)

Ambil panci bersih. Masukkan agar-agar, gula pasir, susu cair, dan pasta vanila. Larutkan terlebih dahulu cokelat bubuk dengan air, aduk hingga tercampur rata. Campurkan cokelat bubuk yang sudah dicairkan ke dalam adonan puding.

Campur semuanya hingga tak ada bagian yang menggumpal sedikit pun. Masak hingga adonan puding cokelat mendidih.

4. Campur adonan dengan kocokan telur dan dark chocolate

Resep Puding Cokelat untuk Takjil Buka Puasa, Juara Banget Enaknya! ilustrasi menuang kocokan telur ke dalam adonan puding cokelat (mydearkitcheninhelsinki.com)

Kecilkan api terlebih dahulu. Ambil kurang lebih satu sendok sayur adonan puding cokelat ke dalam kocokan telur. Aduk rata lalu tuang ke dalam adonan kembali. Aduk cepat adonan puding dan kuning telur.

Tunggu sebentar hingga meletup-letup. Selanjutnya tuangkan adonan puding ke dalam lelehan cokelat. Aduk sampai semua adonan tercampur rata.

5. Tunggu hingga set dan puding cokelat siap disajikan 

Resep Puding Cokelat untuk Takjil Buka Puasa, Juara Banget Enaknya! puding cokelat (instagram.com/bundnina_kitchen)

Ambil loyang untuk cetakan puding. Sebelumnya basahi terlebih dahulu dengan air agar nanti puding mudah lepas dari cetakan. Tuangkan adonan puding ke dalam cetakan. Tunggu sebentar hingga uap panasnya hilang, barulah masukkan ke dalam kulkas hingga benar-benar set.

Jika sudah keluarkan puding dari dalam kulkas. Puding cokelat siap disajikan, deh. Dinikmati ketika dingin makin enak, lho.

Kalau kamu punya vla instan di rumah, menyantap puding cokelat dengan vla tak kalah enaknya. Namun, dimakan begitu saja juga tak kalah juara.

Semoga resep puding cokelat di atas bermanfaat buat kamu ya terutama jika kamu tengah mencari hidangan manis untuk takjil.

Baca Juga: 5 Cara Sulap Puding Mangga Jadi Santapan Yummy, Antibosan!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya