Comscore Tracker

Resep Biskuit Keju Parmesan, Kreasi Camilan Gurih dan Renyah

Bosan dengan camilan manis? Yuk, cobain biskuit ini!

Keju parmesan dikenal sebagai salah satu jenis keju yang dijadikan topping atau taburan pizza dan berbagai jenis pasta untuk mendapatkan cita rasa gurih yang menggugah selera. Selain dijadikan campuran rasa untuk hidangan pizza atau pasta, salah satu kreasi keju parmesan yang harus kamu coba yaitu biskuit keju parmesan.

Camilan gurih dan renyah dari biskuit keju parmesan ini, bisa menjadi alternatif pengganti apabila bosan dengan camilan manis yang ada di rumah. Untuk kamu yang mencari referensi camilan asin, di bawah ini ada tahapan resep dari biskuit keju parmesan!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mengolah biskuit keju parmesan

Resep Biskuit Keju Parmesan, Kreasi Camilan Gurih dan Renyahilustrasi keju parmesan (unsplash.com/Alexander Maasch)

Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

  • 100 gram parutan keju parmesan
  • 100 gram butter
  • 170 gram tepung terigu
  • 1/2 sendok teh lada bubuk
  • 1 sendok teh daun parsley kering
  • 1 butir telur
  • Garam sesuai selera

2. Siapkan oven untuk dipanaskan terlebih dahulu

Resep Biskuit Keju Parmesan, Kreasi Camilan Gurih dan Renyahilustrasi oven (unsplash.com/JOSBRA design)

Setiap membuat camilan tipe biskuit atau cake, jangan lupa untuk memanaskan oven terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghemat waktu. Suhu yang perlu kamu sesuaikan dalam memanggang biskuit keju parmesan yaitu 180 derajat celsius.

Baca Juga: 5 Kreasi Camilan dari Sisa Remahan Biskuit dan Kue Kering

3. Mulai mengolah biskuit keju parmesan

Resep Biskuit Keju Parmesan, Kreasi Camilan Gurih dan Renyahilustrasi menguleni bahan-bahan dari biskuit keju parmesan (unsplash.com/Julian Hochgesang)

Jika kamu tidak mempunyai food processor di rumah, salah satu cara sederhana yang bisa kamu lakukan yaitu menguleni adonan biskuit keju parmesan secara perlahan tapi pasti. Bahan-bahan yang dicampurkan yaitu potongan dadu butter, parutan keju parmesan, tepung terigu, garam, daun parsley kering, dan lada bubuk.

Uleni secara cepat tapi jangan lupa memastikan bahan-bahan tercampur rata. Lalu bungkus adonan menggunakan plastik dan simpan di lemari pendingin selama satu jam.

4. Setelah itu, bentuk adonan dengan cetakan kue kering sesuai selera

Resep Biskuit Keju Parmesan, Kreasi Camilan Gurih dan Renyahilustrasi mencetak adonan biskuit keju parmesan (unsplash.com/Nicholas Safran)

Setelah satu jam berlalu, kamu bisa mencetak adonan biskuit keju parmesan sesuai selera dengan berbagai bentuk cetakan yang biasanya dipakai untuk kue kering. Lalu letakkan di loyang yang sudah diolesi mentega atau kamu bisa menggunakan baking sheet.

Olesi semua permukaan biskuit keju parmesan yang sudah kamu letakkan di atas loyang dengan kocokan telur. Panggang selama 10 menit sampai warna dari biskuit keju parmesan menjadi coklat keemasan.

5. Biskuit keju parmesan yang sudah matang bisa segera kamu nikmati

Resep Biskuit Keju Parmesan, Kreasi Camilan Gurih dan Renyahilustrasi biskuit keju parmesan (instagram.com/louisstorrar)

Biskuit keju parmesan yang sudah matang, bisa kamu diamkan beberapa menit untuk menyesuaikan suhu ruangan atau menghilangkan panas dari suhu oven. Agar tahan lama dan terjaga kerenyahannya, simpan biskuit keju parmesan di toples kedap udara.

Langkah-langkah dari proses pembuatan biskuit keju parmesan di atas cukup mudah untuk dipraktikkan sendiri di rumah, bukan? Tak hanya itu, bahan-bahan yang dibutuhkan juga tergolong mudah dicari. Camilan biskuit keju parmesan ini dijamin gurih dan renyah. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Kreasi Kue Berbahan Biskuit Marie, Semuanya Juara!

Mayang Arin Pratitis Photo Verified Writer Mayang Arin Pratitis

Instagram: @mayang.ariin

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya