Comscore Tracker

Resep Olahan Keripik Jamur Krispi untuk Berbuka, Kriuknya Bikin Nagih!

#RamadanDiRumah Bikinnya gampang banget! 

Siapa yang suka olahan jamur? Alam Indonesia menyediakan berbagai macam bahan makanan yang dapat diolah menjadi makanan lezat nan bergizi, salah satunya jamur. Jenis jamur pun beragam, dari yang bermanfaat bagi tubuh maupun yang bisa menjadi racun bagi tubuh.

Salah satu jamur yang kaya akan protein nabati tinggi dan kandungan gizi tinggi adalah jamur tiram. Harganya yang murah, rasanya yang lezat, serta mudah dibudidayakan membuat jamur tiram menjadi salah satu primadona masyarakat.

Olahan yang dapat dibuat dari jamur tiram juga beraneka ragam, salah satunya keripik jamur krispi. Rasanya yang renyah serta bisa dinikmati baik sebagai camilan maupun lauk pendamping nasi membuat keripik jamur krispi selalu diburu keberadaannya.

Gak harus beli, kamu bisa membuat keripik jamur krispi di rumah sendiri. Berikut adalah resep membuat keripik jamur krispi sebagai sajian berbuka. Yuk, simak!

1. Siapkan bahan-bahan 

Resep Olahan Keripik Jamur Krispi untuk Berbuka, Kriuknya Bikin Nagih!thai-food-online.co.uk

Dalam membuat keripik jamur krispi langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan bahan-bahan. Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat keripik jamur krispi adalah:

  • Jamur tiram
  • Tepung beras
  • Tepung maizena
  • Telur
  • Bawang putih
  • Merica 
  • Minyak goreng 
  • Garam

2. Memotong atau menyuwir jamur tiram

Resep Olahan Keripik Jamur Krispi untuk Berbuka, Kriuknya Bikin Nagih!asianfoodnetwork.com

Langkah kedua yang harus dilakukan setelah mempersiapkan bahan-bahan yaitu menyuwir daging jamur tiram menjadi ukuran lebih kecil. Sebelumnya, jangan lupa untuk mencuci jamur hingga bersih dan tiriskan hingga airnya hilang.

Untuk hasil terbaik, jangan meremas jamur supaya jamur tidak layu dan kehilangan teksturnya. Kamu bisa menaruhnya pada saringan yang besar lalu mengibaskannya. Tujuan dari proses pencucian ini supaya aroma khas jamur yang menyengat hilang.

Baca Juga: 5 Olahan Mewah Jamur Kancing, Maknyus untuk Menu Iftar

3. Menghaluskan atau menumbuk sebagian bumbu

Resep Olahan Keripik Jamur Krispi untuk Berbuka, Kriuknya Bikin Nagih!Pixabay/Bru-n0

Langkah ketiga yang harus dilakukan untuk membuat keripik jamur krispi adalah menghaluskan bumbu. Bumbu-bumbu yang dihaluskan di antaranya garam, merica, dan bawang putih. Untuk menghaluskannya, kamu bisa menggunakan blender atau diulek. Jangan lupa tumbuk sampai halus ya!

Setelahnya tambahkan air dan aduk hingga merata. Bumbu di sini digunakan sebagai bahan pencelup. Masukkan jamur yang telah disuwir ke dalam bahan pencelup ini. Celupkan hingga bahan pencelup meresap ke seluruh permukaan jamur. Ingat, merata ya! 

4. Membuat bahan pelapis

Resep Olahan Keripik Jamur Krispi untuk Berbuka, Kriuknya Bikin Nagih!Pexels/Daria Shevtsova

Sembari menunggu jamur dalam bahan pencelup, siapkan wadah untuk membuat pelapis jamur.

Pelapis jamur merupakan bagian terluar keripik jamur yang juga membuat jamur menjadi krispi dan renyah saat dimakan. Langkahnya, campur tepung beras, tepung maizena, merica bubuk dan garam dalam satu wadah. Aduk hingga merata. Setelah itu masukkan jamur yang telah direndam bahan pencelup kedalam wadah dan pastikan semua bagian tahu tertutup tepung.

Untuk memudahkan dan mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan tangan untuk melumurinya. Ingat, merata ya!

5. Menggoreng keripik jamur krispi

Resep Olahan Keripik Jamur Krispi untuk Berbuka, Kriuknya Bikin Nagih!healthnewsreview.org

Langkah terakhir dalam proses pembuatan jamur tiram krispi ini adalah proses penggorengan. Proses penggorengan merupakan salah satu kunci untuk menentukan tingkat kerenyahan keripik jamur krispi. Langkahnya, siapkan wajan dengan volume minyak yang memenuhi areal wajan. Ketika minyak sudah panas, masukkan keripik jamur krispi yang sudah dilapisi adonan bahan pelapis satu-persatu ke dalam wajan. Gunakan api sedang.

Supaya keripik jamur krispi tidak menggumpal, gunakan wajan yang lebar atau goreng sedikit-sedikit. Goreng hingga jamur berwarna kecokelatan dan kering.

Segera angkat dan tiriskan keripik jamur krispi, sajikan selagi masih hangat bersama saus sambal. 

Nah, itulah resep membuat keripik jamur krispi sebagai sajian menu berbuka. Bagaimana, gampang bukan? Selamat mencoba!

Baca Juga: Aneka Resep Keripik Sayur Krispi, Enak dan Mudah Dibuatnya

Armita Dewi Cahyanti Photo Verified Writer Armita Dewi Cahyanti

Manusia yang suka membagikan apa yang dibenaknya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya