Comscore Tracker

Resep Gadon Daging Sapi yang Nikmatnya Gak Ada Lawan

Perpaduan rasa nikmat dan lembutnya bikin nagih

Daging sapi menjadi bahan makanan yang mudah untuk diolah menjadi beragam menu. Salah satunya adalah gadon daging sapi khas Jawa Tengah.

Gadon daging sapi memiliki tampilan yang mirip dengan pepes karena dibungkus dengan daun pisang. Menggunakan bahan utama daging sapi yang dipadukan dengan berbagai macam bumbu bikin rasanya tambah nikmat.

Kamu gak perlu jauh-jauh ke Jawa Tengah untuk mencicipi makanan ini. Sebab, kamu bisa membuatnya dengan resep gadon daging sapi berikut ini. Simpel dan praktis banget, lho!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Gadon Daging Sapi yang Nikmatnya Gak Ada LawanIlustrasi daging sapi (healthdigest.com)

Bahan utama:

  • 250 gram daging sapi
  • 2 butir telur
  • 150 ml santan kental
  • 6 buah cabai rawit utuh
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • garam secukupnya

Bahan bumbu halus:

  • 1 buah cabai merah besar, buang bijinya
  • 7 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri

2. Bersihkan dan cincang daging sapi

Resep Gadon Daging Sapi yang Nikmatnya Gak Ada LawanIlustrasi daging cincang (cookingwithdog.com)

Siapkan daging yang ingin diolah dalam wadah. Bersihkan daging sapi dari lemak-lemak yang menempel, lalu bilas dengan air mengalir.

Selanjutnya, siapkan talenan dan cincang halus daging sapi menggunakan pisau. Pastikan tidak ada gumpalan daging sapi yang terlalu besar, lalu sisihkan dalam wadah.

3. Haluskan bumbu dengan blender

Resep Gadon Daging Sapi yang Nikmatnya Gak Ada LawanIlustrasi menghaluskan bumbu (streetsmartkitchen.com)

Siapkan blender atau food processor di atas meja. Masukkan semua bahan bumbu, seperti cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, dan kemiri ke dalamnya.

Selanjutnya, tutup blender, lalu proses semua bahan tersebut hingga benar-benar halus. Matikan blender, lalu sisihkan dalam wadah sebentar.

Baca Juga: Resep Kicik Daging Sapi, Menu Rumahan yang Nikmat Banget

4. Bungkus menggunakan daun pisang

Resep Gadon Daging Sapi yang Nikmatnya Gak Ada LawanIlustrasi membungkus adonan (instagram.com/jescha.dessert)

Ambil wadah berisi daging cincang, lalu masukkan bumbu halus, dua butir telur, merica bubuk, dan garam ke dalamnya. Aduk hingga tercampur rata menggunakan spatula.

Ambil selembar daun pisang yang telah dibersihkan. Letakkan dua sendok makan adonan daging di tengah daun, lalu tambahkan dua sendok santan kental dia tasnya dan satu buah cabai rawit. Bungkus daun pisang dan tusuk dengan lidi.

5. Kukus gadon daging sapi hingga matang

Resep Gadon Daging Sapi yang Nikmatnya Gak Ada LawanIlustrasi mengukus gadon daging sapi (asianfoodnetwork.com)

Siapkan panci kukusan yang telah diberi air, lalu panaskan. Kemudian, tata gadon daging sapi yang sudah dibungkus daun pisang di dalam panci kukus yang sudah dipanaskan. 

Kukus gadon daging sapi selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang dengan api sedang. Kalau sudah matang, segera angkat dan tiriskan. Sajikan gadon daging sapi dengan nasi putih hangat.

Cara membuat gadon daging sapi ini terbilang mudah, lho. Aromanya bikin kamu ngiler dan gak berhenti makan, deh. Kalau ada stok daging sapi di kulkas, langsung saja diolah menjadi gadon dengan resep di atas.

Baca Juga: 6 Ragam Pepes dari Berbagai Daerah, Penyebutannya Beda-Beda Lho!

Arthur Glenn Photo Verified Writer Arthur Glenn

Mulai aja dulu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya