Comscore Tracker

Resep Crying Tiger Beef Khas Thailand, Pedas Sausnya Bikin Merem Melek

Pecinta daging sapi wajib coba nih!

Apa yang ada dalam pikiran kamu ketika mendengar menu makanan crying tiger beef? Buat kamu pecinta daging tentu sudah tidak asing lagi bukan? Crying tiger beef merupakan salah satu hidangan khas Thailand yang menyajikan daging sapi panggang lalu diiris tipis-tipis. Dipanggang dengan aneka bumbu khas Thailand membuat steak daging sapi ini menjadi lezat dan istimewa.

Tidak sulit kok untuk membuat makanan yang disebut juga suea rong hai ini. Biar tidak penasaran, langsung saja catat resep dan cara membuatnya ini. Dijamin sukses deh.

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Crying Tiger Beef Khas Thailand, Pedas Sausnya Bikin Merem Melekfarmfoodsmarket.com

Yang membuat hidangan crying tiger beef istimewa adalah cocolan saus  yang bikin mata berair saking pedasnya. Bahan-bahan yang diperlukan sangat mudah ditemukan di supermarket, jadi jadi kamu tidak perlu khawatir.

Yang perlu kamu siapkan tentu daging sapi. Selain itu, untuk membuat sausnya, siapkan 2 sdm kecap ikan, 2 buah jeruk nipis, 1 sdt bubuk beras sangrai, 2 sdt bubuk cabe atau cabe merah segar, 1 sdt gula merah, 2 sdm cilantro, 1 lembar daun bawang.

2. Pilih daging sapi khusus steak

Resep Crying Tiger Beef Khas Thailand, Pedas Sausnya Bikin Merem Melekgreensbury.com

Untuk membuat hidangan ini makin istimewa, gunakan daging khusus steak dengan kualitas premium. Sebagai contoh, kamu bisa memanfaatkan new york steak yang mempunyai potongan tebal dan tekstur yang lembut.

Perhatikan pula, bau, warna dan tekstur daging yang kamu gunakan. Pastikan daging dalam kondisi baru dan masih segar. Karena hal ini akan menentukan cita rasa steak yang akan kamu buat.

Daging yang sudah siap kemudian dimarinasi. Taburi dengan garam pada kedua sisi daging. Lalu marinasi menggunakan saus tiram, kecap asin dan gula merah. Diamkan 1-2 jam.

Baca Juga: Resep Membuat Daging Pedas Paprika yang Menggugah Selera

3. Membuat saus pedas

Resep Crying Tiger Beef Khas Thailand, Pedas Sausnya Bikin Merem Melekfrugalhausfrau.com

Sembari menunggu marinasi daging sapi, saatnya membuat saus cocolannya. Siapkan mangkok, masukkan bahan-bahan saus, aduk rata dan koreksi rasa. Bubuk beras sangrai bisa kamu buat sendiri lho, siapkan beras, kemudian sangrai hingga harum, lalu tumbuk dan campurkan bersama bahan lainnya.

Jika kamu menyukai pedas, boleh kok tambahkan cabe merah, sesuai dengan selera ya. Saus ini mempunyai perpaduan cita rasa pedas, asin dan asam, yang sangat cocok sebagai pendamping steak.

4. Panggang daging, ini tipsnya

Resep Crying Tiger Beef Khas Thailand, Pedas Sausnya Bikin Merem Melekseriouseats.com

Siapkan wajan anti lengket, olesi dengan minyak lalu panggang daging sapi yang telah dimarinasi. Kamu bisa menyajikannya dengan tingkat kematangan yang kamu inginkan. Namun pada umumnya steak disajikan dengan tingkat kematangan medium rare.

Jika wajan sudah panas, panggang daging sapi kurang lebih 2-3 menit, bolak-balik daging agar tidak gosong di salah satu sisi. Kecilkan api, panggang kembali selama 2-3 menit atau sampai mendapatkan tingkat kematangan yang kamu inginkan. Diamkan daging panggang selama 3 menit, sebelum diiris tipis-tipis.

5. Sajikan bersama salad pepaya khas Thailand

Resep Crying Tiger Beef Khas Thailand, Pedas Sausnya Bikin Merem Melektaste.com.au

Tidak lengkap rasanya menikmati steak tanpa sayuran. Sajikan steak dan saus cocolannya bersama dengan salad pepaya muda khas Thailand yang segar dan dilengkapi dengan daun kemangi serta daun ketumbar yang wanginya menggoda. Perpaduan yang sempurna nih, daging sapi dengan tekstur yang lembut bertemu dengan salad pepaya muda yang renyah.

Kamu sudah pernah mencoba kreasi steak khas Thailand ini?

Download aplikasi kuliner Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Resep Ayam Suwir Sambal Hijau yang Pedasnya Bikin Air Liur Menetes

Zivanhea Noella Photo Verified Writer Zivanhea Noella

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya