Comscore Tracker

5 Tips Membuat Keripik Singkong Balado, Renyahnya Tahan Lama 

Jangan langsung dibumbui

Menemukan keripik singkong bukanlah hal sulit. Baik di pedagang kaki lima hingga dengan kemasan berbagai merek di supermarket, kita bisa menemukan keripik singkong.

Namun, ada kalanya kita pengin membuat keripik singkong sendiri, biar makannya lebih puas. Nah, sebelum bikin sendiri, simak dulu beberapa tips membuat keripik singkong balado berikut ini. 

1. Iris singkong setipis mungkin

5 Tips Membuat Keripik Singkong Balado, Renyahnya Tahan Lama youtube.com/yummywithmummy

Kunci utama untuk membuat singkong yang renyah adalah mengirisnya setipis mungkin. Kamu memerlukan parutan khusus atau peeler yang tajam.

Dengan alat tersebut, kamu gak perlu menekan singkong saat diiris. Sebab, semakin ditekan, maka singkong akan menjadi tebal. 

2. Rendam di air kapur sirih

5 Tips Membuat Keripik Singkong Balado, Renyahnya Tahan Lama youtube.com/resepmamahnizar

Sebelum digoreng, rendam irisan singkong di dalam air kapur sirih. Caranya, campurkan satu sendok teh air kapur sirih dan satu sendok teh garam dalam air. Setelah itu, diamkan selama 15 menit lalu, cuci hingga bersih.

3. Goreng dengan banyak minyak

5 Tips Membuat Keripik Singkong Balado, Renyahnya Tahan Lama youtube.com/thehasanvideo

Setelah direndam dan dicuci, jangan lupa tiriskan terlebih dahulu, ya. Goreng irisan singkong dengan banyak minyak supaya bisa terendam seluruhnya. Sebaiknya gunakan api sedang saat menggoreng.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Berbahan Kentang, Bisa untuk Menu Utama atau Camilan!

4. Dinginkan sebelum dibumbui

5 Tips Membuat Keripik Singkong Balado, Renyahnya Tahan Lama youtube.com/yummywithmummy

Setelah keripik singkong matang, angkat dan dinginkan dengan suhu ruangan terlebih dahulu. Jangan langsung mencelupkan singkong yang baru digoreng ke dalam bumbu balado. Dengan begitu, camilan ini jadi renyah tahan lama. 

5. Simpan di dalam wadah tertutup

5 Tips Membuat Keripik Singkong Balado, Renyahnya Tahan Lama reddit.com

Terakhir, simpan keripik singkong balado di dalam wadah atau stoples yang tertutup. Tujuannya biar lebih tahan lama dan bisa dinikmati kapan saja. 

Nah, itulah beberapa tips membuat keripik singkong balado biar renyah tahan lama. Kamu bisa mengganti bumbu balado dengan bumbu favoritmu. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Camilan Unik dari Nasi Sisa yang Bikin Nagih, Pernah Coba Bikin?

yummy-banner

Topic:

  • Dhiya Awlia Azzahra
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya