Comscore Tracker

Resep Kari Telur Kentang yang Lezat, Satu Porsi Gak Bakal Cukup

Gak kalah enak dari yang daging ayam

Kari ayam adalah salah satu menu makanan yang lezat dan nikmat. Namun, tak hanya daging ayam saja yang bisa dikreasikan dengan bumbu kari, lho. Kamu bisa mengganti daging ayam dengan telur dan kentang agar lebih hemat serta praktis.

Tak perlu khawatir, soal rasa pun dijamin gak kalah enaknya dengan kari daging ayam. Resep kari telur kentang berikut ini bisa banget kamu terapkan. Dijamin enaknya nyata!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Kari Telur Kentang yang Lezat, Satu Porsi Gak Bakal Cukupilustrasi bahan-bahan telur pindang (freepik.com/jcomp)

Bahan utama:

  • 6 butir telur ayam
  • 3 bh kentang ukuran agak besar
  • 100 ml santan kental
  • 2 iris lengkuas
  • 2 lembar daun salam
  • 1 buah tomat
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula
  • 1 sdt penyedap rasa

Bahan bumbu halus :

  • 6 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah
  • 2 biji utuh kemiri
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 2 ruas kunyit

2. Rebus dan kupas kulit telur

Resep Kari Telur Kentang yang Lezat, Satu Porsi Gak Bakal Cukupilustrasi telur rebus (freepik.com/freepik)

Siapkan panci berisi satu liter air atau secukupnya. Taruh diatas kompor, lalu panaskan hingga air mendidih. Jika sudah, masukan telur dan rebus selama beberapa saat hingga telur matang. Jika sudah, segera angkat dan kupas dari cangkangnya.

Ada sedikit tips agar telur mudah dikupas dan bentuknya sempurna. Masukan sedikit garam dan juga setengah sendok margarin ke dalam rebusan telur. Dengan begitu, telur akan sangat mudah ketika dikupas nanti.

3. Haluskan bumbu dan potong-potong bahan

Resep Kari Telur Kentang yang Lezat, Satu Porsi Gak Bakal Cukupilustrasi bumbu halus (freepik.com/freepik)

Masukan bawang merah, bawang putih, kunyit, ketumbar, dan kemiri ke dalam blender. Jika tidak punya, kamu bisa menggunakan ulekan manual. Haluskan bumbu-bumbu tersebut, lalu sisihkan.

Selanjutnya, ambil tomat dan kentang. Potong kecil-kecil atau bentuk dadu. Untuk kentangnya, kamu bisa mengupas dan mencucinya terlebih dahulu.

Baca Juga: Resep Pancake Kentang tanpa Kentang yang Lezat ala Yunhyeong IKON

4. Masak kari telur kentang

Resep Kari Telur Kentang yang Lezat, Satu Porsi Gak Bakal Cukupilustrasi memasak kari telur (youtube.com/MASAKAN IBU)

Panaskan minyak goreng secukupnya. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi bersama lengkuas dan daun salam hingga harum. Jika sudah, masukan potongan tomat dan telur ke dalamnya sambil diaduk-aduk hingga bumbu melumuri telur.

Setelah itu, tuang sedikit air dan jangan lupa beri garam, gula, serta penyedap. Masak hingga air menyusut. Kemudian, baru masukan kentang dan santan. Aduk-aduk, lalu koreksi rasa. Jika sudah, masak sambil diaduk-aduk sebentar.

5. Kari telur kentang siap dihidangkan!

Resep Kari Telur Kentang yang Lezat, Satu Porsi Gak Bakal Cukupkari telur kentang (instagram.com/inspirasiresepmemasak

Tuang kari telur kentang ke dalam mangkuk saji. Hidangkan kari telur kentang bersama nasi hangat dan kerupuk. Kari telur kentang bisa langsung dinikmati.

Lezatnya bumbu kari yang meresap ke dalam telur dan kentang membuat kamu gak cukup dengan sepiring nasi. Ini sangat cocok jadi lauk makan siangmu, lho!

Resep kari telur kentang di atas bisa jadi referensi jika bingung mau masak enak dengan bahan yang ekonomis. Selamat mencoba dan jangan pernah malas untuk berkreasi, ya. Olahan telur dan kentang ini dijamin lezat banget.

Baca Juga: Resep Sup Kari Jamur Enoki, Penuh Cita Rasa Rempah

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya