Comscore Tracker

Resep Membuat Bolu Pisang Kukus yang Lembut dan Lumer di Mulut

Pasti langsung jadi camilan favorit keluarga!

Pisang menjadi salah satu buah dengan beragam manfaat. sSelain rasanya yang nikmat, buah satu ini kaya akan kandungan vitamin dan seratnya, lho. Gak heran kalau pisang menjadi salah satu buah yang paling di gemari.

Selain dikonsumsi sebagai buah-buahan, kamu juga bisa mengolah pisang menjadi jajanan nikmat. Nah, berikut resep bolu pisang kukus yang bisa kamu lakukan di rumah. Satu potong saja gak bakal cukup, deh!

1. Bahan membuat bolu pisang kukus

Resep Membuat Bolu Pisang Kukus yang Lembut dan Lumer di Mulutilustrasi pisang (freepik.com/timolina)

Bahan utama:

  • 5 butir telur
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sdt emulsifer
  • 350 gram pisang ambon atau raja yang sudah matang
  • 225 gram tepung terigu
  • 25 gram maizena
  • 1/2 sdt bubuk kayu manis
  • 1/2 sdt soda kue
  • 160 gram minyak sayur

Bahan topping:

  • 250 gram keju parut untuk taburan
  • butter cream secukupnya

2. Kocok telur bersama gula pasir

Resep Membuat Bolu Pisang Kukus yang Lembut dan Lumer di Mulutilustrasi membuat adonan (instagram.com/master1305)

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengocok telur bersama dengan gula. Kamu bisa mengocoknya menggunakan mikser agar lebih cepat. Kocok hingga berwarna putih pucat.

Setelah itu, tambahkan emulsifer ke dalam adonan. Kemudian, mikser kembali kurang lebih 10-15 menit hingga adonan benar-benar halus dan gula larut sempurna.

3. Campurkan semua bahan ke dalam adonan

Resep Membuat Bolu Pisang Kukus yang Lembut dan Lumer di Mulutilustrasi membuat bolu pisang (youtube.com/atha naufal)

Campurkan semua bahan-bahan ke dalam kocokan telur. Masukkan tepung terigu, maizena, soda kue, bubuk kayu manis, dan tak lupa pisang yang sudah di lumatkan sebelumnya ke dalam adonan telur.

Aduk adonan sampai benar-benar tercampur rata dan pastikan adonan halus tidak menggumpal. Jika sudah, tambahkan minyak goreng secukupnya dan aduk kembali sampai rata menggunakan whisk.

Baca Juga: Resep Bolu Gulung Ayam, Hantaran dan Suguhan yang Sempurna

4. Kukus adonan hingga matang

Resep Membuat Bolu Pisang Kukus yang Lembut dan Lumer di Mulutilustrasi mengukus (freepik.com/valeria_aksakova)

Jika sudah, biarkan sebentar adonan sekitar 10 menit. Sembari menunggu, kamu bisa menyiapkan panci kukusan. Panaskan kukusan terlebih dahulu dan pastikan benar-benar panas agar bolu tidak bantat nantinya.

Masukan adonan ke dalam loyang dan kukus selama 40 menit atau sampai matang. Kamu juga bisa tusuk adonan menggunakan garpu. Jika sudah tidak ada yang menempel, itu tandanya bolu sudah matang.

5. Bolu pisang kukus siap disajikan

Resep Membuat Bolu Pisang Kukus yang Lembut dan Lumer di Mulutbolu pisang (instagram.com/rinimega29)

Jika sudah matang, langkah terakhir adalah menghias bolu menggunakan keju parut atau kamu juga bisa menambahkan irisan buah pisang di atasnya. Untuk topping-nya opsional, ya. Bisa kamu sesuaikan sesuai selera. Kemudian, bolu pisang kukus siap disajikan.

Selain rasanya yang nikmat, pembuatananya juga cukup mudah. Gak perlu banyak bahan tapi bisa buat camilan nikmat dan sehat. Kamu bisa menikmati bolu satu ini dengan ditemani secangkir teh hangat, lho.

Resep bolu pisang kukus yang manis dan legit ini wajib kamu coba. Kamu bisa mencobanya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Resep Bolu Kemojo Khas Riau, Enak Banget buat Teman Santai

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya