Comscore Tracker

Resep Pempek Keriting Ikan Tenggiri, Gak Perlu Cetakan, nih!

Bakal jadi pempek rumahan paling enak yang pernah kamu buat!

Siapa yang tak suka pempek? Kuliner khas Palembang ini punya rasa gurih, apalagi ditambah kuah cukonya, dijamin tambah sedap! Pempek sendiri memiliki beberapa jenis, mulai dari kapal selam, lenjer, lenggang, bahkan juga pempek keriting.

Nah, bagi kamu yang penasaran seperti apa, sih, pempek keriting itu? Kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan melihat resep pempek keriting ikan tenggiri. Tentunya, gak perlu pakai cetakan, lho!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Pempek Keriting Ikan Tenggiri, Gak Perlu Cetakan, nih!ilustrasi ikan tenggiri (instagram.com/cemils_camilan)

Bahan pempek:

  • 500 gr daging ikan tenggiri, pilih yang segar
  • 10 sdm air es
  • 50 gram tepung terigu
  • 150 gram tepung kanji
  • 1 sdt garam
Bahan cuko:
  • 200 gram gula merah
  • 20 gram asam jawa
  • 10 buah cabai rawit
  • 5 siung bawang putih
  • 2 sdt cuka
  • 750 ml air
  • 3 sdm ebi
  • 1 sdt garam

2. Buat adonan pempek

Resep Pempek Keriting Ikan Tenggiri, Gak Perlu Cetakan, nih!ilustrasi membuat adonan pempek (YouTube.com/MamaJo Cakery)

Pisahkan daging ikan tenggiri dari tulang-tulangnya. Jika sudah, haluskan daging ikan tenggiri dengan blender atau ditumbuk secara manual.

Masukan daging ikan tenggiri ke dalam wadah atau baskom bersih. Tambahkan tepung terigu, tepung kanji, garam, dan secukupnya air es. Aduk-aduk sampai semuanya tercampur.

3. Bentuk pempek keriting

Resep Pempek Keriting Ikan Tenggiri, Gak Perlu Cetakan, nih!ilustrasi membuat pempek keriting(YouTube.com/MamaJo Cakery)

Siapkan piping bag, lalu masukan adonan ke dalamnya. Kemudian, gunting ujungnya lalu tekan piping bag hingga adonan keluar. Bentuk adonan pempek bulat abstrak, ulangi sampai selesai.

Selanjutnya, siapkan dandang kukusan. Masukan satu persatu pempek yang telah dibentuk ke dalam dandang. Kukus sampai pempek keriting matang.

Baca Juga: Resep Membuat Pempek Teri yang Gurih, Hati-hati Jatuh Hati!

4. Cara membuat cuko

Resep Pempek Keriting Ikan Tenggiri, Gak Perlu Cetakan, nih!ilustrasi kuah cuko (instagram.com/rumahrotisrigati)

Cincang halus bawang putih dan haluskan ebi serta cabai rawit. Sisihkan terlebih dahulu. Kemudian, panaskan air, gula merah, asam jawa, dan cuka hingga mendidih dan gula cair.

Saring dan tuangkan di panci berbeda. Tambahkan bawang putih cincang, ebi, dan cabai rawit halus. Masak kembali sampai cuko mendidih. Jika sudah, jangan lupa mematikan kompor!

5. Pempek keriting siap dinikmati dengan cuko

Resep Pempek Keriting Ikan Tenggiri, Gak Perlu Cetakan, nih!ilustrasi pempek keriting (YouTube.com/MamaJo Cakery)

Sajikan pempek keriting ikan tenggiri dengan kuah cukonya. Nikmati pempek keriting selagi hangat-hangatnya supaya rasa lezatnya bertambah!

Gurihnya pempek dengan tekstur yang kenyal, ditambah manis pedasnya kuah cuko bikin mulutmu bergoyang. Satu pempek keriting saja gak bakal cukup pastinya!

Sekarang, kamu gak perlu bingung lagi bagaimana caranya buat pempek keriting tanpa cetakan. Soal rasa, resep pempek keriting ikan tenggiri tadi gak kalah, kok, dengan pempek asli Pelembang. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Pempek Indomie yang Praktis, Teksturnya Kenyal dan Lembut Banget

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya