Comscore Tracker

Resep Roti Maryam Cokelat, Teman Ngopi dan Ngeteh yang Mudah Dibuat

Dijamin gak bakal ulet, deh!

Roti maryam atau orang biasa menyebutnya roti canai merupakan makanan khas India atau Timur Tengah. Biasanya roti maryam disajikan dengan gula atau madu untuk sarapan sehari-hari.

Kini, roti maryam telah memiliki berbagai rasa yang menggugah selera. Salah satunya adalah roti maryam cokelat. Untuk membuat roti maryam cokelat pun tak terlalu sulit, lho. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan dan mengikuti langkah-langkahnya seperti resep di bawah ini.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Roti Maryam Cokelat, Teman Ngopi dan Ngeteh yang Mudah Dibuatilustrasi bahan-bahan (freepik.com/freepik)

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 butir telur ayam
  • 2 sdm susu bubuk
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 30 gram mentega cair
  • 100 ml air panas
  • Minyak sayur secukupnya
  • Meses cokelat secukupnya

2. Buat adonan

Resep Roti Maryam Cokelat, Teman Ngopi dan Ngeteh yang Mudah Dibuatilustrasi membuat adonan (freepik.com/master1305)

Siapkan wadah atau baskom bersih berukuran sedang. Masukkan telur, susu, garam, gula, dan mentega. Aduk-aduk sampai bahan-bahan tersebut tercampur rata.

Tambahkan tepung terigu ke dalam adonan dengan cara di ayak. Aduk-aduk sambil tuangkan air sedikit demi sedikit hingga adonan kalis.

3. Bagi adonan

Resep Roti Maryam Cokelat, Teman Ngopi dan Ngeteh yang Mudah DibuatIlustrasi membagi adonan (pexels.com/@orlovamaria/)

Bagi adonan menjadi sembilan atau sepuluh bulatan. Rendam adonan di dalam minyak sayur selama kurang lebih 3 jam-an. Lalu, tutup dengan kain bersih.

Jika sudah, giling masing-masing adonan hingga menjadi pipih. Baluri semua adonan yang sudah pipih dengan mentega cair.

4. Bentuk dan panggang roti maryam

Resep Roti Maryam Cokelat, Teman Ngopi dan Ngeteh yang Mudah Dibuatilustrasi membentuk roti maryam (youtube.com/Dapur Imarily)

Taburi semua adonan dengan meses. Selanjutnya, gulung adonan memanjang dan bentuk melingkar seperti konde. Jika sudah, pipihkan kembali adonan. Ulangi hingga selesai.

Panaskan teflon dengan api sedang. Panggang kue maryam cokelat di atasnya. Jangan lupa dibalik supaya matangnya merata. Angkat lalu sajikan.

5. Jadikan sebagai teman ngopi atau ngeteh

Resep Roti Maryam Cokelat, Teman Ngopi dan Ngeteh yang Mudah Dibuatroti maryam cokelat (instagram.com/widia.ayundyarazka)

Roti maryam cokelat sangat cocok jika kamu nikmati bersama secangkir kopi atau teh hangat. Tentu, rasa gurih manis dari roti maryam tersebut bakal bikin kamu gak bisa berhenti makan.

Jika kamu mengikuti resep di atas, roti maryam buatanmu pasti akan lebih lembut dan jauh dari kata ulet. Maka dari itu, kamu tak perlu takut gagal untuk membuatnya.

Nah, resep roti maryam cokelat di atas bisa langsung kamu coba sendiri di rumah, ya. Siapkan bahan-bahan dam peralatanmu, mari mulai berkreasi!

Izin slide cover dan 5

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya