Comscore Tracker

Resep Puding Nasi Creamy untuk Hidangan Buka Puasa 

Resep unik mengolah nasi jadi hidangan lezat nih!

Berbuka puasa biasanya diawali dengan mengonsumsi hidangan manis, contohnya puding. Puding dapat dibuat dengan berbagai macam bahan dasar dan salah satunya adalah beras.

Jika biasanya beras kebanyakan diolah menjadi hidangan yang rasanya asin, gurih, atau pedas, ternyata beras dapat diolah menjadi puding bertekstur creamy dan manis. 

Puding beras ditemukan di hampir setiap wilayah dunia dengan resep yang sangat bervariasi. Cocok banget untuk hidangan berbuka puasa, berikut resep puding nasi yang dapat kamu coba di rumah.

1. Bahan yang diperlukan

Resep Puding Nasi Creamy untuk Hidangan Buka Puasa realfoodculture.com.au
  • 1 cup (gelas takar) beras putih ukuran butir sedang
  • 2 cup air
  • 5 cup susu
  • 1/2 cup gula
  • 1 sdt vanilla
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 cup kismis

Baca Juga: VIDEO: Resep Caramelized Pudding Rice Cooker ala Yummy

2. Cara membuat

Resep Puding Nasi Creamy untuk Hidangan Buka Puasa tasteofhome.com

Ada beberapa cara untuk membuat puding nasi seperti bisa dimasak di atas kompor, dipanggang, atau dimasak dalam rice cooker. Meskipun metode memasaknya bisa berbeda, semuanya memiliki bahan dasar yang sama dengan bumbu yang disesuaikan. Berikut adalah cara membuat puding nasi dengan memasaknya di atas kompor.

  • Masak 2 cup air dalam panci besar hingga mendidih. Setelah air mendidih, tambahkan beras dan aduk. Didihkan, tutup, dan masak sampai airnya hampir habis.
  • Tambahkan susu dan gula, lalu aduk. Didihkan lagi dan masak tanpa ditutup. Aduk terus untuk memastikan nasi tidak menggumpal.
  • Masak campuran nasi dan susu hingga memiliki konsistensi creamy seperti puding atau sesuai selera apakah kamu lebih suka tekstur yang kental atau tidak terlalu kental.
  • Setelah tekstur sesuai selera, angkat dan tambahkan vanilla, kismis atau topping lainnya.
  • Untuk membuat puding nasi panggang, letakkan campuran nasi tanpa topping yang telah dimasak di atas kompor ke atas loyang dan panggang dengan oven pada suhu 165 derajat celcius selama kurang lebih 30 menit hingga bagian atas puding terlihat berwarna coklat.

3. Cara penyajian

Resep Puding Nasi Creamy untuk Hidangan Buka Puasa taste.com.au

Ada banyak topping yang cocok untuk disandingkan bersama puding nasi, seperti madu, bubuk kayu manis, kacang panggang, buah kering, buah-buahan segar, krim kocok atau es krim.

Puding nasi dapat disajikan selagi hangat dengan topping yang cocok seperti krim kocok, kacang-kacangan, madu, atau bubuk kayu manis.

Sedangkan untuk disajikan dingin, masukan puding ke dalam kulkas selama kurang lebih 1 jam. Hidangkan puding nasi dingin dengan topping buah-buahan segar, es krim, atau topping apapun sesuai selera.

Dalam kondisi dingin di dalam kulkas, tutupi puding dengan plastik dan dapat disimpan dalam kulas hingga 4 hari. 

Itu tadi resep puding nasi creamy nan manis yang cocok sebagai hidangan berbuka puasa. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Dessert Box Oreo Kekinian, Lumer di Lidah!

Mademoiselle D Photo Community Writer Mademoiselle D

On a journey of life: dealing with myself.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You