Comscore Tracker

6 Resep Minuman Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol, Wajib Kamu Coba!

Selain ampuh turunkan kolesterol, minuman ini juga nikmati

Tahukah kamu ada beragam alasan kenapa kadar kolesterol pada manusia bisa tiba-tiba naik? Nggak hanya karena umur yang bertambah, tapi juga bisa karena gaya hidup yang kurang sehat dan makan makanan yang berlemak. Sebelum terlambat, berubah menjadi yang lebih baik, yuk.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mencoba resep minuman di bawah ini yang bisa membantu untuk menurunkan kolesterol. Walau judulnya minuman sehat, tapi tetap menyegarkan dan nikmat, lho.

1. Memadukan wortel, seledri dan apel

6 Resep Minuman Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol, Wajib Kamu Coba!Unsplash.com/Louis Hansel

Jus seledri? Benar, seledri tidak harus selalu dimakan langsung, tapi kamu juga bisa membuatnya jadi minuman sehat dan lezat jika dicampurkan dengan buah-buahan lain seperti wortel dan apel. Di dalam seledri terkandung senyawa 3-n-butylphthalide yang bisa mengusir kolesterol jahat dari dalam tubuh. Lalu apa saja bahan yang diperlukan?

Dua buah wortel, dua batang daun seledri, dan dua buah apel hijau adalah bahan yang wajib ada untuk membuat resep minuman satu ini. Setelah bahan-bahan siap, masukkan ke dalam blender, tambahkan secangkir air, kemudian haluskan. Resep ini hanya untuk satu gelas minuman. Jika ingin sekalian membuat untuk keluarga, kamu hanya perlu menambah jumlah buah dan airnya.

2. Tidak hanya menghilangkan kolesterol, minuman dari bayam, peterseli, wortel, jahe, dan apel juga mengenyangkan

6 Resep Minuman Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol, Wajib Kamu Coba!Unsplash.com/Fallon Michael

Jahe memang salah satu sayur yang manfaatnya luar biasa. Biasanya kita mengenal si mungil ini sebagai salah satu bahan untuk membuat minuman yang menghangatkan tubuh. Tapi di resep kali ini kita akan buat minuman dari jahe yang bisa menghilangkan kolesterol.

Karena terdiri dari banyak bahan dan salah satunya adalah bayam, jangan kaget jika kemudian kamu jadi kenyang. Bayam yang kaya serat ini nyatanya menjadi sayuran penurun kolesterol yang ampuh.

Cara membuatnya juga tidak sulit, tapi sebelum menghancurkannya dalam blender, kamu sebaiknya memotong terlebih dahulu segenggam bayam, setengah ikat peterseli, empat buah wortel, satu buah jahe seukuran ibu jari, dan satu buah apel hijau. Jangan lupa tambahkan secangkir air lalu blender.

3. Campuran antara teh dan jahe yang gak pernah gagal menyehatkan tubuh

6 Resep Minuman Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol, Wajib Kamu Coba!Unsplash.com/Angello Pro

Di cuaca yang sedang tidak menentu seperti ini, kita memang perlu pintar-pintar menjaga kesehatan. Apalagi, kalau kamu merasa konsumsi makananmu kurang sehat. Makan daging dan gorengan memang lezat dan tidak dilarang, asal kamu tahu cara melunturkan lemak dan kolesterol di dalam tubuh.

Tidak hanya dijadikan jus seperti resep di atas, jahe bisa dijadikan campuran teh yang disajikan saat hangat. Caranya, bakar terlebih dahulu jahe seukuran ibu jari, kemudian geprek jahe, masukkan dalam gelas, dan tuangkan teh panas ke dalamnya. Oiya, minuman campuran teh dan jahe ini bisa jadi obat saat diare dan mual, lho.

Baca Juga: Selain Sebagai Penyedap, 5 Bumbu Dapur Ini Ampuh Turunkan Kolesterol

4. Jus buah beri yang menyegarkan dan aman untuk turunkan kolesterol

6 Resep Minuman Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol, Wajib Kamu Coba!Unsplash.com/Milada Vigerova

Bluberi, stoberi, dan aneka buah yang termasuk dalam keluarga beri memang punya banyak penggemar. Rasanya yang asam tapi juga manis membuat buah beri nikmat jika dijadikan topping es krim, dimakan langsung, atau dibuat jus. Perlu kamu ketahui juga bahwa beri mengandung senyawa yang bisa menurunkan kadar kolesterol LDL jika dikonsumsi secara teratur.

Kamu bisa membuat jus dari buah beri apa pun, misal stoberi atau bluberi saja, atau malah mencampurkan aneka jenis buah beri ke dalam blender untuk dijadikan minuman. Setelahnya, minum dalam keadaan dingin supaya lebih segar, ya.

5. Jus ceri yang manisnya bikin sehat

6 Resep Minuman Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol, Wajib Kamu Coba!Unsplash.com/Rirri

Saat melihat kue tart berhias buah ceri rasanya cantik sekali, ya? Namun tunggu dulu, ceri ternyata tidak hanya bermanfaat untuk jadi hiasan tart saja, tapi juga bisa jadi minuman yang menurunkan kolesterol.

Supaya menghasilkan jus dalam jumlah besar, kamu perlu banyak buah ceri. Setidaknya kamu perlu 15 buah ceri atau kamu bisa menambahkan buah naga sebagai campurannya. Jangan lupa, pisahkan buah dengan biji ceri, ya. Setelah itu, kamu hanya perlu melumatkan buah dan menambahkan madu sebagai pengganti rasa manis dari gula.

6. Jus pepaya, lemon, dan pisang yang siap antarkan tubuhmu jadi bebas kolesterol

6 Resep Minuman Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol, Wajib Kamu Coba!Unsplash.com/Ali Yahya

Siapa bilang jika manfaat dari makan pepaya hanya untuk diet karena bisa membuat rasa kenyang lebih lama? Pepaya nyatanya juga bisa menjadi penurun kolesterol sekaligus mengandung berbagai vitamin lain seperti vitamin C dan vitamin E.

Supaya kolesterolmu lekas turun dengan cara yang enak dan nggak menyakitkan, coba buat minuman sehat yang terkandung dari pepaya, lemon, dan pisang. Lemon sendiri menjadi buah yang cukup potensial untuk menurunkan kolesterol. Sementara pisang berperan untuk membersihkan saluran pencernaan sehingga kolesterol bisa ikut terbuang.

Cara membuatnya, kamu cukup blender satu buah pisang dan seperempat buah pepaya, tambahkan perasan air lemon secukupnya. Kamu juga bisa menambahkan air jika tidak menyukai jus yang terlalu kental.

Banyak bukan resep membuat minuman sehat untuk turunkan kolesterol? Bahan dan buahnya juga tidak sulit ditemukan di pasar dekat rumah. Karena itu, coba bagikan resep minuman ini ke keluarga dan teman supaya orang-orang tersayangmu bebas dari kolesterol jahat. Selamat mencoba!

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Hai, mari kunjungi saya di instagram.com/dyarayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya