Comscore Tracker

Resep Bolu Kukus Mekar tanpa Soda, Tetap Bisa Mengembang Kok!

Lebih sederhana, namun sama enaknya

Siapa nih yang suka nyemil bolu kukus mekar? Rasanya yang manis, teksturnya yang lembut, dan lebih mudah ditelan bikin kue ini jadi idola.

Biasanya, banyak ibu-ibu mengandalkan soda kue supaya bolu lebih mekar. Tapi sekarang akan kita coba resep bolu kukus mekar tanpa soda.

Walau tanpa soda kue, rasanya tetap manis dan teksturnya juga lembut seperti kesukaanmu. Kamu pun bisa berkreasi dengan warna dan rasa. Jelas lebih sederhana, tapi kualitasnya sama. 

Yuk coba resep bolu kukus mekar tanpa soda berikut ini yuk!

1. Siapkan bahan yang dibutuhkan

Resep Bolu Kukus Mekar tanpa Soda, Tetap Bisa Mengembang Kok!ilustrasi bahan (unsplash.com/@ben_mcleod)
  • 1 butir telur ukuran besar
  • 130 gram gula pasir
  • 130 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sendok teh SP
  • 1 sendok teh vanili
  • 12 gram fibercream
  • 62 ml air hangat
  • Pewarna makanan sesuai selera

 

2. Campur tepung dengan bahan kue lainnya

Resep Bolu Kukus Mekar tanpa Soda, Tetap Bisa Mengembang Kok!ilustrasi memasak (unsplash.com/@sonianadales)

Dalam sebuah mangkuk, masukkan tepung terigu sambil diayak perlahan. Kegunaan dari mengaya tepung ini untuk mendapatkan tekstur yang terhalus dan menghasilkan kue yang halus juga. 

Nah, setelah tepung masuk ke dalam mangkuk, kemudian susul dengan bahan kering lain seperti gula, SP, dan vanili. Campur-campur bahan tersebut sampai merata. 

Baca Juga: Resep Bolu Meranti Keju, Teksturnya Lembut dan Gak Bantat  

3. Tambahkan tepung dan buat larutan fibercream

Resep Bolu Kukus Mekar tanpa Soda, Tetap Bisa Mengembang Kok!ilustrasi memasak (instagram.com/eathappyfeelgood)

Setelahnya dalam resep bolu kukus mekar tanpa soda, buat larutan fibercream dengan air panas. Aduk terus sampai tidak ada yang menggumpal. Masukkan larutan ke dalam bahan tepung, susul dengan telur. 

Menggunakan mixer, aduk bahan-bahan tersebut kecepatan sedang sampai cepat hingga membentuk adonan yang mengembang dan berjejak, kurang lebih selama 5 menit. 

4. Bagi adonan dan beri pewarna sesuai selera

Resep Bolu Kukus Mekar tanpa Soda, Tetap Bisa Mengembang Kok!ilustrasi memasak (instagram.com/kims_kiddiecabin)

Bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai dengan warna makanan yang ingin digunakan. Kalau kamu ingin bolu kukus mekar yang warnanya cerah, bisa menggunakan pewarna dengan jumlah tetes yang banyak. Namun sebaliknya, jika ingin warna yang soft, tetesi adonan 1-2 saja. 

Kemudian siapkan loyang bolu kukus yang bagian atasnya diberi papper cup. Bagi adonan kue sesuai selera, beri batikan menggunakan tusuk gigi pada adonan supaya lebih cantik. 

5. Kukus adonan sampai matang

Resep Bolu Kukus Mekar tanpa Soda, Tetap Bisa Mengembang Kok!resep bolu kukus tanpa soda (instagram.com/ayu_hardianti90)

Siapkan alat kukus yang digunakan. Setelah panas, masukkan adonan kue ke dalamnya dan kukus selama kurang lebih 15 menit. Jangan lupa untuk cek ketersediaan airnya supaya gak gosong bagian bawah, ya. 

Setelah matang, keluarkan kue dari cetakan dan sajikan di atas piring selagi hangat. Gampang kok kalau mau recook resep bolu kukus mekar tanpa soda kue ini. Gak cuma jadi camilan sendiri, kamu bisa memulai usaha dari sini. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Bolu Gula Merah Panggang, Rasa Manisnya Memanjakan Lidah

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya