Comscore Tracker

Resep Kulit Tahu Roll Isi Jamur, Camilan Renyah yang Bergizi Tinggi

#IDNTimesFood Camilan enak gak harus ribet, lho!

Kulit tahu atau yang juga disebut sebagai kembang tahu sangat umum dijadikan bahan masakan di Jepang dan disebut yuba. Kulit tahu sendiri adalah hasil dari endapan yang ada di permukaan air saat merebus kedelai. Dan ternyata, ada banyak olahan makanan berbahan kulit tahu dan salah satunya resep kulit tahu roll isi jamur yang bisa kamu coba. 

Meski terkesan sederhana, tapi rasanya enak dan layak jadi camilan saat work from home hingga nonton film bersama si kesayangan. Yuk, kita mulai!

1. Bahan-bahan untuk membuat kulit tahu roll isi jamur

Resep Kulit Tahu Roll Isi Jamur, Camilan Renyah yang Bergizi Tinggiseriouseats.com

Gak masalah jika kamu adalah chef amateur yang belum berpengalaman dalam mengolah makanan. Sebab, gak cuma caranya yang mudah ditiru, tapi bahannya pun bisa dengan mudah ditemukan di pasar tradisional dekat rumah. Catat baik-baik, ya! 

Bahan: 

  • 12 ons daging ayam atau sapi giling
  •  1 daun bawang 
  • 1 sdm jahe segar 
  • 3 jamur shitake yang dikeringkan
  • 1 Putih telur 
  • 4 ons kulit tahu
  • 1/4 cangkir kaldu ayam
  •  1 sdt saus tiram instan
  • 2 sdt kecap asin
  •  3 sdt tepung maizena 
  • 1 sdt garam 
  • 1/2 sdt gula pasir 
  • 1/4 sdt lada putih 
  • 2 cangkir minyak sayur 

2. Tips membuat kulit tahu jadi lunak

Resep Kulit Tahu Roll Isi Jamur, Camilan Renyah yang Bergizi Tinggitofutoday.com

Sebenarnya, kulit tahu itu bertekstur kenyal dan mudah diolah. Namun jika kamu membeli di pasar tradisional atau supermarket dan mendapati keadaannya kering, membuatnya jadi lunak kembali bukanlah hal yang sulit. 

Cukup dengan merendam kulit tahu dalam baskom besar berisi air sampai lunak, kurang lebih 30 menit. Setelahnya, angkat dan letakkan secara lembaran di atas talenan supaya posisi kulit tahu tidak terlipat. 

3. Buat bumbu gochujang untuk pelengkap rasa

Resep Kulit Tahu Roll Isi Jamur, Camilan Renyah yang Bergizi Tinggiinstagram.com/thesubversivetable

Karena resep kulit tahu roll isi jamur ini istimewa, bumbunya juga harus istimewa. Sederhana saja, kamu cukup menyiapkan sebuah mangkuk kecil, kemudian masukan kecap asin, cuka beras, minyak wijen, dan gula. Aduk sampai rata. 

Baca Juga: Resep Mudah Lumpia Buah, Camilan Sehat yang Gak Bikin Gemuk

4. Buat isiannya sederhana

Resep Kulit Tahu Roll Isi Jamur, Camilan Renyah yang Bergizi Tinggiunsplash.com/conscious_design

Kemudian dalam mangkuk lain, haluskan tahu dengan garpu. Setelah semua sudah hancur, masukan dalam handuk bersih dan peras untuk mengeluarkan airnya. Masukan kembali tahu ke dalam mangkuk dan campur dengan wortel, daun bawang, jahe, bawang putih, garam, dan campuran bumbu gochujang tadi. Cicipi dan sesuaikan bumbunya. Jika kamu lebih menyukainya rasa pedas tambahkan bubuk cabai. 

5. Isi kulit tahu dengan sayuran dan goreng sampai berwarna cokelat keemasan

Resep Kulit Tahu Roll Isi Jamur, Camilan Renyah yang Bergizi Tinggiinstagram.com/crazychewygood

Persiapkan sebuah kulit tahu dan letakkan 2 sdm isian pada salah satu sisinya. Kemudian, lipat bagian yang longgar dan gulung seperti burrito dengan kencang. Ulangi sampai isian/kulit tahunya habis.

Setelahnya, panaskan minyak dengan api sedang. Saat sudah mendidih, masukan gulungan kulit tahu dan goreng sampai berwarna cokelat keemasan.

Tada! Akhirnya selesai juga resep kulit tahu roll isi jamur dan sayuran di atas. Sederhana, tapi kamu pasti sudah bisa bayangkan betapa nikmat rasanya. Ah, bikin ngiler!

Baca Juga: 5 Resep Camilan Berbahan Pisang yang Praktis dan Bikin Nagih

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Hai, mari kunjungi saya di instagram.com/dyarayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya