Comscore Tracker

9 Bahan Makanan Ini Tak Boleh Disimpan Dalam Kulkas, Bikin Cepat Rusak

Buah jadi salah satunya

Kulkas atau mesin pendingin bisa dibilang sebagai salah satu penemuan paling penting hingga saat ini. Kamu patut berterima kasih karena kulkas membuat berbagai jenis makanan menjadi awet, sehingga kamu tak perlu membuang sisa makanan. Selain itu, menyimpan makanan dalam kulkas juga bisa membuat makanan menjadi lebih segar.

Kendati demikian, gak semua makanan bisa kamu simpan dalam kulkas. Ada beberapa jenis bahan makanan yang justru mudah rusak jika berada dalam udara dingin. Sehingga, gak disarankan untuk disimpan di dalam kulkas. Lalu apa saja makanan yang tak boleh disimpan dalam kulkas? Ini dia.

1. Ubi dan kentang

9 Bahan Makanan Ini Tak Boleh Disimpan Dalam Kulkas, Bikin Cepat Rusakdoktersehat.com

Ubi dan kentang mengandung pati, jenis karbohidrat ini memiliki sifat mudah terurai menjadi gula dan menyebabkan rasa manis yang menyengat jika berada dalam kondisi dingin. Selain itu, menyimpan kedua umbi tersebut di dalam kulkas ataupun media kedap udara dapat membuat rasa serta tekstur keduanya rusak dan juga mudah membusuk.

2. Buah-buahan

9 Bahan Makanan Ini Tak Boleh Disimpan Dalam Kulkas, Bikin Cepat Rusakunsplash.com/Kristina Tripkovic

Kamu pasti setuju kalau buah-buahan akan terasa lebih segar jika disimpan di dalam kulkas terlebih dahulu sebelum dimakan. Tapi sayangnya, ini merupakan salah satu kebiasaan yang salah. Menyimpan buah-buahan dalam kulkas dapat menyebabkan antioksidan yang terkandung dalam buah menjadi berkurang. Selain itu, menyimpan buah terlalu lama, apalagi dimasukkan dalam kulkas bisa menghilangkan khasiat berbagai buah tersebut.

3. Minyak

9 Bahan Makanan Ini Tak Boleh Disimpan Dalam Kulkas, Bikin Cepat Rusakonthatglow.com

Cara terbaik menjaga minyak agar tahan lama adalah dengan menaruhnya di tempat yang kering dan tidak terkena matahari langsung. Kalau kamu menyimpan minyak di dalam kulkas, bukannya awet, kamu malah akan membuat minyak jadi kental dan beku seperti margarin.

4. Kacang-kacangan

9 Bahan Makanan Ini Tak Boleh Disimpan Dalam Kulkas, Bikin Cepat RusakMnn.com

Menyimpan kacang di dalam kulkas dapat menghilangkan rasa gurih yang ada pada kacang. Selain itu, kacang juga bersifat menyerap berbagai bau-bauan yang ada di dalam kulkas. Cara terbaik menyimpan kacang adalah cukup dimasukkan dalam wadah kedap udara serta jauhkan dari sinar matahari langsung.

Baca Juga: 8 Tips Mudah Menyimpan Makanan di Dalam Kulkas, biar Gak Gampang Busuk

5. Dedaunan

9 Bahan Makanan Ini Tak Boleh Disimpan Dalam Kulkas, Bikin Cepat RusakAlodokter.com

Berbagai jenis daun seperti daun salam, daun bawang, daun kemangi, dan sebagainya sering digunakan dalam masakan dengan tujuan membuat aroma masakan menjadi lebih wangi. Sayangnya, menyimpan dedaunan dalam kulkas justru dapat menghilangkan aroma khas berbagai jenis daun tersebut. Jadi sebaiknya kamu membeli daun-daun tersebut secukupnya saja agar tidak ada daun yang tersisa.

6. Bawang

9 Bahan Makanan Ini Tak Boleh Disimpan Dalam Kulkas, Bikin Cepat Rusakfoodandnutrition.org

Menyimpan bawang merah dan putih dalam kulkas dapat membuat tunas bawang tumbuh, merusak tekstur, dan menghilangkan rasa khas bawang merah dan putih tersebut. Sebaiknya, cukup simpan bawang di tempat kering dan gelap.

7. Madu

9 Bahan Makanan Ini Tak Boleh Disimpan Dalam Kulkas, Bikin Cepat RusakUnsplash.com/Christina Branco

Madu bisa dibilang sebagai salah satu bahan makanan ajaib karena tidak memiliki masa kedaluarsa. Tanpa menyimpan madu di dalam kulkas pun madu gak akan rusak kok. Sebaliknya, mendinginkan madu di dalam kulkas dapat membuat madu mengkristal.

8. Kecap

9 Bahan Makanan Ini Tak Boleh Disimpan Dalam Kulkas, Bikin Cepat Rusakagolf.xyz

Kecap mengandung cuka dan juga bahan pengawet yang membuat kecap tetap baik baik saja baik rasa maupun teksturnya walaupun kamu membiarkan kecap dalam keadaan terbuka. Jadi, kamu gak perlu menyimpan kecap dalam kulkas untuk membuatnya awet.

9. Kopi

9 Bahan Makanan Ini Tak Boleh Disimpan Dalam Kulkas, Bikin Cepat RusakUnsplash.com/Nathan Dumlao

Menyimpan kopi dalam kulkas dapat mengakibatkan kopi kehilangan kelembapan yang kemudian merusak cita rasa serta tekstur kopi. Cara terbaik menjaga kopi tetap awet adalah menyimpannya dalam wadah kedap udara dan pada temperatur ruang. Hal ini berlaku saat kopi berbentuk bubuk maupun biji.

Sekarang kamu sudah tahu kalau gak semua bahan makanan bisa disimpan dalam kulkas. Jadi, simpan sebagaimana mestinya saja, agar tetap awet dan gak mudah rusak.

Baca Juga: 5 Kesalahan Saat Menyimpan Makanan di Kulkas, Bisa Bikin Sakit Lho!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya