Comscore Tracker

Bukan Cuma Goreng, Ini 5 Teknik Mengolah Daging yang Perlu Kamu Tahu

Biar daging gak dimasak begitu-begitu saja

Daging merupakan salah satu bahan masakan favorit banyak orang. Selain karena memiliki cita rasa alami yang lezat, daging juga relatif mudah diolah. Akan tetapi bagaimanapun juga, seenak dan semahal apa pun bahan makanan, jika tidak diolah dengan cara yang tepat atau diolah dengan cara yang sama terus-menerus, bukan tidak mungkin makanan tersebut akan jadi terasa membosankan.

Nah, buat kamu pecinta daging, tidak ada salahnya kamu memahami apa saja macam-macam teknik mengolah daging dan kemudian mempraktikkannya. Yuk simak penjelasan seputar teknik mengolah daging di bawah ini.

1. Broilling

Bukan Cuma Goreng, Ini 5 Teknik Mengolah Daging yang Perlu Kamu Tahuamp.insider.com

Teknik broilling cocok digunakan untuk mengolah daging yang bertekstur empuk, seperti daging sapi muda, domba muda, kaki sapi, dan kaki domba. Agar teknik ini berhasil, daging yang hendak diolah harus dipotong dengan ketebalan 3/4 inci. Teknik pengolahan daging dengan cara broilling bisa dilakukan dengan menggunakan oven maupun pan.

Perlu diingat, teknik ini akan menghasilkan cita rasa dan tekstur yang baik jika daging yang diolah memiliki ketebalan 1/2 sampai 3/4 inci. Jika lebih dari itu, maka kemungkinan bagian dalam daging akan mentah kendati bagian luar sudah matang dan bahkan gosong.

2. Deep-fat frying

Bukan Cuma Goreng, Ini 5 Teknik Mengolah Daging yang Perlu Kamu Tahunytimes.com

Ketika daging dimasak dengan lemak, prosesnya disebut sebagai deep-fat frying. Metode ini hanya cocok digunakan untuk daging yang memiliki tekstur sangat empuk. Biasanya, daging yang digoreng dengan teknik ini terlebih dahulu harus dilapisi dengan telur dan remah-remah atau adonan, atau dicelupkan dalam tepung atau tepung jagung kemudian dilapisi tepung roti.

Baca Juga: 7 Cara Enak Mengolah Sisa Pasta yang Sudah Dimasak, Mana Favoritmu?

3. Moist-heat

Bukan Cuma Goreng, Ini 5 Teknik Mengolah Daging yang Perlu Kamu Tahufooddialer.com

Metode memasak moist-heat cocok untuk daging dengan karakteristik kurang empuk. Dalam teknik moist-heat, suhu pemasakan yang digunakan biasanya rendah, juga teknik ini memanfaatkan penetrasi panas dari uap dan air yang digunakan selama proses memasak.

Teknik ini memiliki kekurangan, yaitu membuat nutrisi dalam daging menjadi berkurang lantaran gizi daging larut dalam air yang digunakan selama memasak. Namun, jika cairan ini dikonsumsi, artinya kamu tetap bisa mendapatkan nutrisi dalam daging.

4. Smoking

Bukan Cuma Goreng, Ini 5 Teknik Mengolah Daging yang Perlu Kamu Tahuroyaltypecans.com

Teknik memasak dengan asap atau smoking dapat digunakan pada semua jenis daging, tetapi paling cocok untuk bagian daging yang keras, seperti iga sapi, brisket, dan kalkun. Sebelum diasap, daging biasanya dimarinasi terlebih dahulu menggunakan air garam atau bumbu untuk menambah cita rasa.

Selama proses pengasapan, suhu yang digunakan harus stabil dan cenderung rendah, yaitu pada kisaran 93-104 ° C. Lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak daging sepenuhnya tergantung pada suhu selama proses memasak, jenis daging.

Sebagai gambaran, untuk memasak iga sapi biasanya dibutuhkan waktu pengasapan sekitar 8 jam. Jika potongan daging lebih besar, maka waktu yang diperlukan juga lebih lama.

5. Braising

Bukan Cuma Goreng, Ini 5 Teknik Mengolah Daging yang Perlu Kamu Tahutakepart.com

Dalam teknik braising, daging biasanya digoreng dengan sedikit minyak hingga berwarna kecoklatan. Selesai digoreng, daging dimasukkan dalam wadah tahan panas, tambahkan cairan sesuai selera, dan beri bumbu. Setelah itu, masukkan wadah yang berisi daging, air, dan bumbu ke dalam oven dengan panas rendah atau sedang.

Nantinya air kuah akan menguap dengan sendirinya dan membuat daging menjadi lembut. Selain daging dan bumbu, kamu juga bisa menambahkan beberapa jenis sayuran dalam teknik memasak ini, seperti wortel dan tomat.

Itu tadi beberapa teknik memasak daging yang perlu kamu tahu. Nah, untuk selanjutnya, kamu sudah tahu cara lain untuk memasak daging, bukan hanya dengan digoreng atau direbus.

Baca Juga: 5 Alasan Mengukus Adalah Cara Mengolah Makanan yang Paling Baik 

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Empty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya