Comscore Tracker

Resep Donat Red Velvet dengan Glaze Cream Cheese, Manis!

Sajian memesona dengan rasa yang manis

Seiring perkembangan waktu red velvet yang awalnya identik dengan kue, dikreasikan menjadi berbagai jenis makanan. Salah satunya adalah donat dengan guyuran topping glaze cream cheese.

Memasak resep donat red velvet di rumah sebenarnya tidak susah, kok. Kamu cukup mengikuti langkah-langkah membuat resep donat red velvet berikut ini yang anti ribet. Kira-kira perlu bahan apa saja untuk membuat donat glaze cream cheese? Simak resepnya!

1. Bahan yang perlu dipersiapkan 

Resep Donat Red Velvet dengan Glaze Cream Cheese, Manis!ilustrasi bahan membuat donat (pexels.com/Los Muertos Crew)

Sebelum membuat donat red velvet, persiapkan terlebih dahulu baan-bahannya berikut ini.

Bahan untuk donat:

  • 1 mangkuk (120 gram) tepung terigu serbaguna
  • 1 sendok bubuk cocoa
  • 1/2 mangkuk gula pasir
  • 1 sendok teh baking soda
  • 1/3 sendok teh garam
  • 2 butir telur
  • 1 sendok teh pewarna merah
  • 3 sendok buttermilk
  • 3 sendok minyak sayur
  • 1/2 sendok teh ekstrak vanila

Bahan untuk glaze: 

  • 1/2 mangkuk cream cheese
  • 1 mangkuk gula bubuk
  • 1 sendok teh ekstrak vanila
  • 3 sendok susu

2. Campurkan bahan 

Resep Donat Red Velvet dengan Glaze Cream Cheese, Manis!ilustrasi memasukkan bahan (pexels.com/Nicole Michalou)

Langkah pertama, siapkan wadah berukuran medium untuk mencampurkan bahan donat. Masukkan bahan-bahan kering seperti tepung terigu, bubuk cocoa, gula pasir, dan garam. Tambahkan juga baking soda dan ekstrak vanila lalu aduk hingga semua bahan tercampur.

Di wadah lainnya, pecahkan dua butir telur. Tambahkan minyak sayur, buttermilk, dan sesendok teh pewarna merah. Selanjutnya aduk menggunakan mixer hingga semua bahan tercampur rata. Setelah itu, campurkan adonan kering dan basah menjadi satu dan aduk kembali hingga semua bahan menyatu.

3. Cetak donat 

Resep Donat Red Velvet dengan Glaze Cream Cheese, Manis!ilustrasi cetakan donat (dok. Spiced)

Gunakan cetakan donat yang banyak dijual di pasaran. Lebih baik membeli cetakan donat yang tahan panas agar bisa langsung dipanggang di oven. Masukkan adonan ke dalam cetakan donat tetapi jangan terlalu penuh untuk memberi ruang agar donat mengembang.

Siapkan oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 170 derajat celcius. Masukkan cetakan donat ke dalam oven dan panggang selama kurang lebih delapan menit. Keluarkan donat yang sudah matang dan terlihat mengembang. Diamkan donat di suhu ruang.

Baca Juga: Resep Donat Sari Apel, Cocok Temani Momen Bareng Keluarga!  

4. Membuat glaze donat 

Resep Donat Red Velvet dengan Glaze Cream Cheese, Manis!ilustrasi mengaduk krim (pexels.com/Katerina Holmes)

Campurkan gula bubuk dan cream cheese ke dalam sebuah wadah. Aduk kedua bahan menggunakan mixer sampai adonan mengembang yakni sekitar dua sampai tiga menit. Tambahkan ekstrak vanila dan susu kemudian aduk menggunakan spatula hingga teksturnya sedikit mencair.

Langkah selanjutnya, keluarkan donat dari cetakan. Celupkan donat ke dalam glaze dan ulangi langkah ini terhadap semua donat. Kamu dapat menambahkan sprinkle di atasnya agar tampilannya semakin cantik. Donat red velvet dengan glaze cheese cream pun siap dinikmati bersama keluarga.

5. Tips membuat donat red velvet 

Resep Donat Red Velvet dengan Glaze Cream Cheese, Manis!ilustrasi donat red velvet (dok. Sugar Salt Magic)

Donat lebih sehat ketika dipanggang daripada digoreng. Tetapi kamu bebas menggunakan salah satunya. Donat red velvet juga bisa digoreng jika memang tidak ada oven. Pastikan menggorengnya dengan api kecil agar donat tidak cepat gosong.

Hindari juga mengaduk adonan donat terlalu cepat karena dapat menjadikan donat keras. Donat red velvet yang telah matang dapat bertahan selama 2-3 hari di suhu ruang. Tetapi kamu dapat menyimpannya sampai tiga bulan jika diletakkan di freezer. Tetapi jangan dulu dicelupkan ke dalam glaze, ya.

Ternyata gampang sekali membuat resep donat red velvet dengan baluran glaze cream cheese yang manis dan gurih. Tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah?

Baca Juga: Resep Donat Cair yang Empuk dan Lembut, Ada Teknik Khusus Memasaknya!

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya