Comscore Tracker

Cara Mengolah Buah Bit, biar Manfaat Baiknya Maksimal untuk Tubuh

Kamu paling suka buah bit dibikin apa?

Meski kerap disebut sebagai buah, ternyata buah bit sebenarnya adalah sejenis umbi-umbian, lho. Buah bit masih satu keluarga dengan wortel, kentang, dan lobak.

Buah ini memang jarang ditemukan di pasar tradisional. Namun, kamu tetap bisa mendapatkannya di berbagai supermarket atau online marketplace.

Buah bit mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Di antaranya menurunkan tekanan darah tinggi, detoks alami untuk ginjal, mengatasi gangguan pencernaan, mengurangi risiko munculnya kanker, dan sebagainya.

Karena banyaknya manfaat dalam buah bit, kamu perlu tahu cara mengolah buah bit yang tepat. Simak baik-baik cara dan tipsnya di bawah ini, ya!

1. Ciri fisik buah bit yang berkualitas

Cara Mengolah Buah Bit, biar Manfaat Baiknya Maksimal untuk Tubuhilustrasi buah bit (unsplash.com/emmalejane)

Ketika hendak membeli buah bit, kamu perlu memerhatikan beberapa hal, supaya mendapatkan buah yang layak dikonsumsi. Buah bit yang berkualitas biasanya masih memiliki tangkai, daunnya hijau segar, dan bentuknya bulat seperti kentang.

Secara umum, buah bit berwarna merah keunguan, cenderung gelap, dan tidak ada bercak memar atau noda. Ketika dibelah, terlihat pigmen melingkar berwarna putih atau merah muda. 

Setelah dibeli, sebaiknya buah bit langsung dikonsumsi atau diolah segera. Jika tidak, simpan di kulkas di bagian chiller khusus buah-buahan. Sebaiknya tidak lebih dari sepekan untuk tetap menjaga kandungan nutrisinya.

Baca Juga: 5 Kreasi Camilan Sederhana dari Buah Bit yang Bisa Kamu Coba di Rumah

2. Cara mengolah buah bit

Cara Mengolah Buah Bit, biar Manfaat Baiknya Maksimal untuk Tubuhilustrasi cara mengolah buah bit (pexels.com/Eva Elijas)

Buah bit bisa dimakan langsung dengan cara dibersihkan dan dikupas terlebih dahulu kulitnya. Buah bit mentah juga bisa dijadikan campuran salad buah dan dibuat jus dengan ditambah perasan lemon atau buah-buahan yang manis. 

Namun, tak semua orang suka dengan rasa mentah buah bit yang terkadang seperti ada aroma tanah. Alhasil, perlu memasaknya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Buah bit bisa dipanggang di dalam oven, dikukus, direbus, dijadikan sup atau kari, dibuat keripik, dan diolah menjadi mi atau pasta sehingga memberikan warna khas buah bit. Kamu mau coba yang mana, nih?

3. Resep jus buah bit

Cara Mengolah Buah Bit, biar Manfaat Baiknya Maksimal untuk Tubuhilustrasi jus buah bit (unsplash.com/K15 Photos)

Total waktu penyajian: 15 menit
Jumlah porsi penyajian: 2 porsi

Bahan-bahan:

  • 1 buah bit ukuran kecil
  • 1 buah apel merah
  • 1 buah wortel ukuran sedang
  • 1 buah mentimun ukuran kecil
  • 2 batang seledri
  • 3 sendok makan air perasan lemon
  • 1 cm jahe, kupas bersih

Cara membuat:

  1. Cuci semua bahan dengan air mengalir hingga bersih.
  2. Kupas dan potong buah bit dan wortel menggunakan pisau atau peeler.
  3. Potong-potong semua bahan menjadi kecil-kecil agar mudah diblender.
  4. Untuk seledri, buang bagian batang sekitar 5 cm paling bawah.
  5. Blender semua semua bahan hingga halus, lalu tuang ke dalam gelas saji.
  6. Jus buah bit siap untuk disajikan.

Nah, itu dia cara mengolah buah bit dengan tepat, supaya mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal. Kamu bisa rutin meminumnya setiap hari atau untuk berbuka puasa ketika bulan Ramadan nanti. Selamat mencoba!

Baca Juga: Jangan Salah Pilih, Begini 5 Cara Memilih Buah Bit yang Matang

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya