Comscore Tracker

10 Gorengan Lezat Ini Ternyata Terbuat dari Edible Flower

Gorengan dari bunga tak hanya cantik, juga menggiurkan

Bunga bisa dimakan sebagai salad atau garnish mungkin sudah pada tahu. Tapi kalau bunga dijadikan gorengan atau tempura yang crispy dan crunchy, wah gimana rasanya ya. Di Thailand memang sudah populer sajian unik bunga goreng, namun di Indonesia sajian bunga goreng belum begitu populer.

Yuk, kita cari tahu sajian bunga apa saja yang bisa dijadikan gorengan lezat. Walaupun kedengarannya masih aneh dan asing, ternyata sajian bunga goreng juga bisa menggugah selera, dan berikut inspirasi bagimu.

1. Gorengan bunga zucchini

10 Gorengan Lezat Ini Ternyata Terbuat dari Edible Flowerlifesambrosia.com

Tanaman zucchini memiliki bunga berukuran besar berwarna kuning jingga. Orang Prancis memanfaatkan bunga zucchini sebagai campuran salad karena rasanya manis dan renyah. Bunga zucchini juga bisa diolah dengan menggorengnya bersama adonan tepung, diisi bahan isian seperti daging ayam cincang atau kepiting dan bahan lainnya.

2. Donat bunga black locust

10 Gorengan Lezat Ini Ternyata Terbuat dari Edible Flowermaidokonline.com

Pasti kamu nggak percaya kalau donat ini adalah Black Locust Flower Doughnuts. Soalnya terlihat seperti donat manis biasa yang ditaburi dengan tepung gula. Negara Italia terkenal dengan hasil tanaman black locust yang bagus terutama di musim semi. Biasanya bunga Black Locust dicelup tepung dan digoreng, atau bisa juga diisi keju, rempah dan dipanggang sebagai pelengkap seafood.

3. Bunga labu kuning crispy

10 Gorengan Lezat Ini Ternyata Terbuat dari Edible Flowerfoodflavor.in

Sajian pumpkin flower crispy ini terlihat seperti tempura sayur biasa dan ditambah cocolan saus yang lezat. Pasti jadi ingin mencicipinya.

4. Petal bunga mawar goreng

10 Gorengan Lezat Ini Ternyata Terbuat dari Edible Floweroregonlive.com

Berani coba deep fried rose petal ini? Bunga mawar sejak lama digunakan dalam pengobatan Cina. Karena bunga ini mengandung fenolat, yang diyakini memiliki sifat anti-inflamasi, kaya vitamin, bahkan diyakini dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan diabetes.

5. Tempura bunga elder

10 Gorengan Lezat Ini Ternyata Terbuat dari Edible Flowerdeliciousfromscratch.com

Mau cicip Elderflower Fritters with Cherries atau bunga elder goreng ini? Penampilan bunga pohon Elder yang mungil ini memang sedikit mirip dengan bunga melati. Biasanya bunga ini digunakan untuk teh, minuman beralkohol, sirup, jeli dan cuka. Selain itu juga digunakan untuk membuat makanan penutup puding buah dengan campuran bunga Elder yang lezat serta rendah kalori.

Baca Juga: 7 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menggunakan Edible Flower

6. Bunga dandelion goreng

10 Gorengan Lezat Ini Ternyata Terbuat dari Edible Floweroldtimeyherb.co

Bunga dandelion goreng ini sangat menarik untuk dicoba. Tanaman dandelion atau Randa Tapak ini memang bisa dikonsumsi karena bergizi dan menawarkan banyak manfaat nutrisi yang berfungsi sebagai pengobatan. Bahkan bunga dandelion kuning juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dalam mencegah berbagai penyakit.

7. Fritter bunga akasia

10 Gorengan Lezat Ini Ternyata Terbuat dari Edible Flowerallmychefs.com

Fritter merupakan konsep memasak buah atau bahan makanan lain dicampur dengan tepung dan tepung roti. Digoreng dengan minyak yang banyak, dan disajikan dengan aneka tambahan topping lain. Pohon akasia memiliki bentuk bunga yang unik dengan kelompok khusus dengan beraneka warna seperti ungu, putih dan kuning. Ternyata bunga akasia putih ini bisa dijadikan gorengan fritter yang yummy.

8. Bunga yucca goreng

10 Gorengan Lezat Ini Ternyata Terbuat dari Edible Flowerhonest-food.net

Tanaman Yucca memiliki bunga berwarna putih terlihat indah. Selama ratusan tahun, Indian Amerika telah dimanfaatkan bunga Yucca untuk makanan. Salah satunya sajian gorengan bunga Yucca balut tepung ini.

 

9. Gorengan bunga daylily

10 Gorengan Lezat Ini Ternyata Terbuat dari Edible Flowerpbs.org

Tanaman daylily memiliki bentuk bunga menyerupai lily berwarna kuning terang dan mengeluarkan aroma manis. Tak heran bila fritter bunga daylily ini sangat menggugah selera. Yummy!

10. Orchid flower tempura

10 Gorengan Lezat Ini Ternyata Terbuat dari Edible Flowermakergardener.com

Bunga anggrek bisa dibuat jadi hidangan bergengsi, misalnya saja dijadikan campuran dalam salad, digoreng dan lain-lain. Salah satunya bisa dibuat tempura ala Jepang yang bisa jadi hidangan unik dan menarik.

Tertarik mencoba bunga goreng?

Baca Juga: Resep Membuat Puding Edible Flower yang Unik dan Super Cantik

Femi Olivia Photo Writer Femi Olivia

Penulis buku gaya hidup, kesehatan, dan parenting.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya