Comscore Tracker

5 Tips Agar Ketupat Tahan Lama & Tidak Gampang Basi

Berapa hari sih ketupat bisa bertahan?

Di momen lebaran salah satu makanan yang paling dinantikan adalah ketupat. Ketupat memang jadi makanan khas yang bahkan wajib hadir di beberapa keluarga di Indonesia. Proses pemasakan ketupat membuat bakteri mati dan bentuk ketupat yang tertutup daun janur melindungi ketupat sehingga ketupat bebas dari bakteri di luar.

Nah, jika kamu ingin ketupat lebih tahan lama maka kamu juga harus memperhatikan cara penyimpanannya. Berikut 5 tips agar ketupat tahan lama dan tidak gampang basi!

1. Masak ketupat hingga matang

5 Tips Agar Ketupat Tahan Lama & Tidak Gampang Basiinstagram.com/yoear

Ketupat matang sempurna jika dimasak sekitar 4-5 jam. Perebusan yang lama akan mematikan bakteri hingga bagian dalam ketupat. Jika matang sempurna, ketupat tak mudah berair dan lembek. Dan selama dimasak, pastikan ketupat terendam semua, agar matangnya merata ya.

2. Celupkan ketupat ke air dingin

5 Tips Agar Ketupat Tahan Lama & Tidak Gampang Basiinstagram.com/dipratz

Dengan cara ini diyakini ketupat bisa bertahan lebih lama. Cara ini akan membersihkan sisa air rebusan dan menghilangkan kotoran atau lendir daun yang menempel yang berpotensi dapat membuat ketupat mudah basi.

Baca Juga: 7 Inspirasi Hidangan Ketupat Khas Nusantara untuk Menu Lebaran 2019

3. Tiriskan hingga kering

5 Tips Agar Ketupat Tahan Lama & Tidak Gampang Basiinstagram.com/suryani_

Setelah dicelupkan, simpan ketupat di tempat yang mudah terkena udara untuk di keringkan karena ketupat lebih cepat basi jika mengandung banyak air.

4. Simpan ketupat dalam kulkas

5 Tips Agar Ketupat Tahan Lama & Tidak Gampang Basiinstagram.com/dinar.nurna

Menyimpan ketupat dalam kulkas bisa membuatnya lebih tahan lama. Nanti ketika kamu ingin mengonsumsinya bisa tinggal dihangatkan kembali.

5. Dikukus kembali

5 Tips Agar Ketupat Tahan Lama & Tidak Gampang Basiinstagram.com/lestijoe

Ketupat dapat bertahan selama 2-3 hari. Cara ini akan membuatnya lebih tahan lama, ketupat bisa dikukus di hari kedua atau ketiga untuk dikonsumsi di hari selanjutnya. Selama tidak terlalu berair, ketupat bisa tetap aman dikonsumsi.

Itulah 5 tips yang bisa dicoba untuk membuat ketupat lebih tahan lama dan tidak gampang basi. Wah, jadi makin nggak sabar banget menyambut lebaran dan menyantap hidangan ketupat andalan keluarga ya. 

Baca Juga: [LINIMASA] Arus Mudik Lebaran 2019, Ini Fakta dan Datanya

Fika Faot Photo Verified Writer Fika Faot

English student in Undana.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya