Comscore Tracker

Resep Pancake Peppermint, Menu Sarapan Nikmat yang Berbeda

Ada cita rasa segar yang melekat di mulut

Menu yang identik untuk sarapan ini memang cukup banyak dipilih oleh orang-orang. Hal ini karena pancake termasuk sajian lezat yang praktis dalam proses pembuatannya.

Bahkan, sudah tersedia bahan instan untuk membuat pancake secara mudah. Namun, kamu sendiri bisa membuat pancake sesuai selera. Salah satunya pancake peppermint yang menggugah selera.

Hadirkan sensasi segar saat memakannya, berikut resep pancake peppermint yang bisa jadi ide menu sarapan berbeda tapi tetap nikmat. Kamu tertarik buat mencoba?

1. Bahan-bahan membuat pancake peppermint

Resep Pancake Peppermint, Menu Sarapan Nikmat yang Berbedailustrasi tepung (unsplash.com/@macroman)

Bahan-bahan:

  • 2 cup tepung terigu
  • 3 sdt baking powder
  • 1sdt garam
  • 2 cup susu
  • 1/2 cup gula
  • 2 butir telur
  • 1 sdm vanila
  • 1/2 cup peppermint yang sudah dihancurkan
  • sirup cokelat atau sirup maple secukupnya

2. Aduk adonan pancake hingga mengental

Resep Pancake Peppermint, Menu Sarapan Nikmat yang Berbedailustrasi adonan (unsplash.com/ciaojoannarae)

Proses awal dalam membuat menu pancake ini adalah mempersiapkan adonannya. Adonan dapat dipersiapkan dengan mencampurkan semua bahan, kecuali sirup dalam satu wadah.

Kamu dapat mengaduknya hingga benar-benar tercampur merata. Untuk memastikan cita rasanya, kamu dapat mencicipi adonannya sedikit. Jika sudah dirasa pas,  kamu bisa melanjutkan proses selanjutnya.

3. Masukkan peppemint ke dalam adonan

Resep Pancake Peppermint, Menu Sarapan Nikmat yang Berbedailustrasi permen peppermint (unsplash.com/@rachelkelli)

Untuk semakin melengkapi adonan pancake, kamu dapat mempersiapkan peppermint sebagai bahan selanjutnya. Peppermint dapat terlebih dahulu dihaluskan hingga cukup halus. Cara ini dilakukan untuk membantu peppermint agar tercampur dengan adonannya.

Selanjutnya, kamu dapat menaburkan peppermint yang telah halus ke dalam adonan pancake. Aduk kembali hingga peppermint tersebar merata ke seluruh adonannya. Sisihkan sejenak adonan pancake.

Baca Juga: 5 Resep Pancake dan Cara Membuat Pancake yang Simpel dan Kekinian!

4. Masak adonan pancake hingga matang

Resep Pancake Peppermint, Menu Sarapan Nikmat yang Berbedailustrasi membuat pancake (unsplash.com/@donovan_valdivia)

Siapkan wajan yang akan digunakan untuk memanggang. Kamu dapat meletakan mentega atau menuang sedikit minyak. Kemudian, tunggu sejenak dengan api medium hingga wajan cukup panas.

Setelah itu, tuangkan adonan secara hati-hati di wajan dan biarkan hingga benar-benar matang merata. Proses ini akan memakan waktu sekitar 2-3 menit untuk setiap sisinya. Ulangi langkah ini hingga semua bahan pun selesai dimasak.

5. Sajikan pancake dengan sirup pelengkap

Resep Pancake Peppermint, Menu Sarapan Nikmat yang Berbedailustrasi pancake (unsplash.com/@picoftasty)

Setelah matang, kamu dapat menyajikan pancake. Proses penyajian ini tentunya sangat mudah untuk dilakukan, karena kamu hanya perlu menata pancake pada piring saji yang telah dipersiapkan.

Jangan lupa untuk melengkapi pancake bersama sirup yang telah disediakan. Namun, sebelum itu kamu bisa meletakan sedikit mentega di atas pancake selagi panas. Kemudian, tuangkan sirup untuk melengkapi menu ini.

Membuat pancake peppermint ternyata sangat mudah, bahkan prosesnya pun tak memakan waktu lama. Cita rasanya tetap lezat dengan sensasi segar ala peppermint saat mencicipinya. Menggugah selera, ya!

Baca Juga: 5 Macam Pancake Khas Kuliner Korea, Gurih dan Kenyal

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya