Comscore Tracker

Resep Singkong Panggang dengan Saus Alpukat, Camilan Favorit Lezat!

Mengingatkan pada menu camilan di masa lampau

Singkong mungkin sudah bukan bahan makanan yang aneh lagi. Pemanfaatan singkong sebagai sumber pangan sudah dilakukan sejak dahulu kala. Sehingga cukup banyak inspirasi menu yang menggunakan singkong sebagai bahannya.

Salah satu yang bisa kamu coba adalah sajian singkong panggang dengan saus alpukat. Menu ini sebetulnya sangat mudah dibuat dan bahan-bahannya juga terkesan mudah untuk diperoleh. Jika berminat membuatnya, maka kamu bisa mencoba resep mudahnya berikut ini.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Singkong Panggang dengan Saus Alpukat, Camilan Favorit Lezat!ilustrasi singkong (pexels.com/Daniel Dan)

Sebelum memulai proses pembuatan, kamu dapat terlebih dahulu mempersiapkan beberapa bahan berikut.

Bahan-bahan:

  • Garam secukupnya
  • 2 singkong yang dipotong-potong
  • 3/4 sendok teh parsley kering
  • 3/4 sendok teh bubuk bawang merah
  • 3/4 sendok teh bubuk bawang putih
  • 3/4 sendok teh bubuk pala
  • 1/4 sendok teh lada hitam secukupnya
  • Minyak sayur spray
  • 1/2 alpukat yang sudah dipotong-potong
  • 1 sendok makan perasan jeruk nipis
  • 1 bawang merah potong

2. Memotong singkong sesuai kebutuhan dan merebusnya

Resep Singkong Panggang dengan Saus Alpukat, Camilan Favorit Lezat!ilustrasi singkong yang sudah dipotong-potong (pixabay.com/Bintang_Galaxy)

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan mempersiapkan singkong terlebih dahulu. Lalu, kupas singkong dari bagian kulitnya hingga hanya tersisa bagian daging yang berwarna putih. Potonglah singkong menjadi beberapa bagian sesuai selera.

Selanjutnyasiapkan panci berisi air, lalu masak hingga mendidih sempurna. Kamu dapat mulai merebus potongan singkong tersebut hingga cukup matang dan memiliki tekstur yang lembut.

Baca Juga: Resep Es Alpukat Jelly, Menyegarkan Tenggorokan Sekaligus Hari-harimu!

3. Hancurkan singkong bersama bumbu dasar dan bentuklah menjadi ukuran tertentu, lalu panggang hingga matang

Resep Singkong Panggang dengan Saus Alpukat, Camilan Favorit Lezat!ilustrasi menghaluskan singkong (oursaltykitchen.com)

Setelah melalui proses perebusan, maka tekstur singkong juga akan lebih lembut. Kamu dapat mulai menghaluskan singkong dan memisahkan bagian akar tengahnya.

Setelah itu, campurkan singkong halus dengan bumbu-bumbu dasar dan parsley agar cita rasanya makin lezat. Bentuk adonan singkong menjadi beberapa bagian agar mudah saat disajikan nantinya.

Kamu dapat memulai proses pemanggangan dengan menggunakan loyang yang telah disemprot minyak sayur. Proses pemanggangan ini dilakukan sekitar 35–40 menit hingga matang dan kecokelatan.

4. Membuat saus alpukat

Resep Singkong Panggang dengan Saus Alpukat, Camilan Favorit Lezat!ilustrasi saus alpukat (loveandlemons.com)

Tidak lupa dengan sajian pelengkap yang wajib ada pada menu singkong panggang ini, yaitu saus alpukat. Untuk proses pembuatan saus sebetulnya sangat mudah dan tak memakan waktu lama.

Cara ini dilakukan dengan menghaluskan alpukat bersama perasan jeruk nipis dan bawang merah di dalam food processor hingga lembut. Jangan lupa bumbui dengan garam, ya.

5. Sajikan selagi hangat

Resep Singkong Panggang dengan Saus Alpukat, Camilan Favorit Lezat!ilustrasi singkong saus alpukat (thespruceeats.com)

Jika sudah melakukan semua proses pembuatan menu ini, maka kamu dapat langsung menyajikannya selagi hangat. Proses ini dilakukan dengan menata singkong panggang bersama saus alpukat pada wadah berbeda.

Penyajian lezat ini tentunya dapat memberikan cita rasa tersendiri sebagai menu camilan yang menggugah selera. Tentunya lezat dan penuh dengan cita rasa di dalamnya.

Sangat mudah membuat camilan rumahan yang sederhana dan lezat. Proses pembuatannya juga mudah untuk ditiru sendiri. Bisa jadi camilan andalan, nih!

Baca Juga: Resep Rolade Daun Singkong untuk Menu Masakan Harian, Gurih Banget!

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya