Comscore Tracker

Resep Sup Timun Dingin yang Lezat, Mudah Dibuatnya!

Sajian menu sup tak biasa yang menggunakan bahan timun

Sajian sup tentu identik sebagai menu yang memiliki kuah dan umum disajikan dalam keadaan hangat. Padahal saat ini sudah ada banyak sekali ragam sup yang berbeda-beda dan tak kalah menggugah selera.

Salah satu menu sup yang unik adalah sajian sup timun dingin ini. Tidak hanya karena menggunakan timun sebagai bahan utamanya, namun juga karena penyajiannya yang dingin. Bila kamu penasaran seperti apa cara membuat sup timun dingin ini, resepnya boleh dicoba.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Sup Timun Dingin yang Lezat, Mudah Dibuatnya!Bahan-bahan cold cucumber soup (cutco.com)

Bahan-bahan:

  • 60 gram mentega unsalted
  • 1 bawang bombay
  • 3 timun
  • 1.5 liter kaldu ayam
  • 1/2 ikat lokio segar
  • 1/2 ikat parsley segar
  • 2 lemon
  • 200 ml krim ringan

2. Mengolah bawang bombay dan timun terlebih dahulu

Resep Sup Timun Dingin yang Lezat, Mudah Dibuatnya!Menumis timun (simplyrecipes.com)

Bawang bombay dan timun yang sudah dipersiapkan di awal dapat langsung kamu olah secara tepat. Caranya adalah dengan memotong bawang bombay berbentuk dadu.
Selain itu, untuk timun dapat kamu kupas terlebih dahulu sebelum akhirnya dipotong secara kasar.

Jika sudah, lelehkan mentega di dalam wajan dan masukan bawang bombay terlebih dahulu ke dalamnya. Tumis lah selama kurang lebih 4-5 menit dengan suhu medium sampai teksturnya lembut. Selanjutnya, turunkan suhunya dan masukan timun untuk ditumis selama 5 menit.

Baca Juga: 9 Fakta Sup Kacang Merah, Sup Paling Sehat di Tiongkok

3. Menuangkan kaldu ayam ke dalamnya

Resep Sup Timun Dingin yang Lezat, Mudah Dibuatnya!Kaldu ayam di dalam wajan (seriouseats.com)

Penambahan kaldu tentunya sangat diperlukan untuk membuat sup ini semakin lengkap. Kamu dapat menambahkan kaldu ayam ke dalamnya dengan suhu yang juga cukup rendah.

Proses ini dapat kamu selingi dengan penambahan garam dan lada hitam. Cicipi lah hingga cita rasanya pas. Selanjutnya, jangan lupa tambahkan lokio, parsley potong, dan perasan lemon ke dalamnya, serta tunggu lah proses pemasakannya selama 5 menit.

4. Dihaluskan menjadi puree dengan blender

Resep Sup Timun Dingin yang Lezat, Mudah Dibuatnya!Ilustrasi menghaluskan timun di dalam blender (eatthis.com)

Apabila semua bahan-bahan telah dimasak dengan baik, maka sisihkan sejenak. Kamu dapat mempersiapkan blender yang memang khusus digunakan untuk makanan.
Masukkan sup timun ke dalam blender tersebut dan haluskan hingga teksturnya menyerupai puree. Jangan sampai terlalu cair, namun jangan juga terlalu kental.

5. Dinginkan dan sajikan dengan krim ringan

Resep Sup Timun Dingin yang Lezat, Mudah Dibuatnya!Cold cucumber soup (loveandlemons.com)

Apabila sup timun sudah selesai dihaluskan menjadi puree, maka pindahkan pada mangkuk yang telah dipersiapkan. Kamu dapat mendiamkannya sejenak di suhu ruang.
Perlu dipastikan untuk menyimpan puree dengan tepat dan tertutup agar tak mudah terkontaminasi. Selanjutnya, masukan ke dalam kulkas hingga dingin. Tambahkan pula dengan krim ringan untuk membuat cita rasanya semakin gurih dan lengkap.

Melalui resep di atas, tentunya kamu jadi memahami bahwa proses mengolah sup timun dingin dapat terbilang mudah. Kamu dapat mencoba sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang juga mudah ditemukan. Sajian menu sup yang tak kalah lezat, ya!

Baca Juga: Resep Sup Kalkun Kuah Santan yang Penuh Cita Rasa, Sedap Banget!

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya