Comscore Tracker

Resep Ringkas Choco Truffle, Camilan Lezat Buat Nemenin Ngopi

Apalagi disantap pas lagi hujan, mantap!

Membuat cokelat itu memang butuh keahlian khusus. Camilan favorit sejuta umat ini memang punya ciri khas unik yang bisa dibikin jadi berbagai macam jenis makanan. Harganya pun seringkali bikin kita mikir berkali-kali untuk membelinya.

Tapi, kamu gak perlu khawatir kalau ingin ngemil cokelat dengan biaya yang hemat. Kamu bisa bikin sendiri choco truffle dengan bahan yang gak ribet! Yuk, simak resep berikut!

1. Bahan yang diperlukan

Resep Ringkas Choco Truffle, Camilan Lezat Buat Nemenin NgopiPexels/samer daboul
  • 150 gram kental manis putih
  • 300–400 gram cokelat bubuk (atau susu cokelat jika mau lebih manis)
  • air hangat

2. Pertama, hangatkan dulu kental manisnya

Resep Ringkas Choco Truffle, Camilan Lezat Buat Nemenin NgopiPexels/Tookapic

Cara menghangatkannya bisa menggunakan microwave selama 30 detik saja. Kamu juga bisa memanaskannya dengan cara menumpuknya dengan air yang dipanaskan di atas kompor. Sebaiknya jangan terlalu lama, ya agar tekstur kental manisnya tidak berubah. Penghangatan ini berguna untuk membantu mencampurkannya dengan cokelat bubuk nanti.

3. Campurkan cokelat bubuk ke dalam kental manis

Resep Ringkas Choco Truffle, Camilan Lezat Buat Nemenin NgopiPexels/Delphine Hourlay

Jangan langsung dicampurkan semua, ya! Masukkan cokelat bubuk secara perlahan. Agar cokelatnya tidak menggumpal sebaiknya kamu gunakan saringan sehingga serbuk cokelatnya merata.

Aduk terus campuran cokelat dengan kental manis hingga teksturnya mengeras. Jika suda, diamkan sejenak kurang lebih 10 menit.

Baca Juga: Resep Bola Cokelat Hazelnut yang Lumer di Mulut dalam Sekali Gigitan

4. Siapkan plastik yang sudah ditaburi cokelat bubuk, masukkan adonan

Resep Ringkas Choco Truffle, Camilan Lezat Buat Nemenin Ngopiseriouseats.com

Taburi cokelat di atas plastik yang nanti akan digunakan untuk membungkus adonan truffle. Hal ini perlu dilakukan supaya nanti adonan truffle-nya tidak menempel pada plastik.

Kemudian, masukkan adonan cokelat truffle tadi ke atas plastik. Bungkus dengan rapi.

5. Simpan cokelat dalam freezer hingga mengeras

Resep Ringkas Choco Truffle, Camilan Lezat Buat Nemenin Ngopisplendidtable.org

Setelah dibungkus rapi, simpan cokelat truffle ke dalam freezer dan diamkan hingga mengeras kurang lebih 2–3 jam. Nah, kalau sudah agak keras, keluarkan bungkusan tadi kemudian potong-potong cokelat truffle-nya sesuai kreasi sesukamu. Boleh dibentuk bola atau dipotong kotak saja.

Kamu juga bisa melumuri truffle dengan pilihan topping lainnya, lho seperti serbuk kacang, bubuk oreo, atau meses. Nah, cokelat truffle siap disantap, deh!

Mudah banget, kan bikinnya? Pas banget, nih dinikmati sembari minum teh atau ngopi di sore hari sambil baca buku. Harimu pasti lebih berwarna! Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Baca Juga: 5 Resep Kreasi Puding Cokelat, Lembut dan Nikmat di Mulut

Gendhis Photo Verified Writer Gendhis

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya