Comscore Tracker

Resep Bandeng Kukus, Menu Diet yang Menyehatkan  

Bisa jadi rekomendasi makanan saat diet  

Ketika diet, kamu harus menghindari makanan yang tinggi kalori, terlebih makanan yang digoreng. Kamu juga harus mengonsumsi makanan yang tinggi protein, seperti ikan untuk pembentukan massa otot.

Berikut adalah rekomendasi menu yang bisa kamu masak ketika menjalani diet karena tinggi protein dan rendah kalori. Menu tersebut adalah bandeng kukus, penasaran bagaimana membuatnya? Yuk, simak resep di bawah ini.

1. Bahan-bahan yang harus disiapkan

Resep Bandeng Kukus, Menu Diet yang Menyehatkan  ilustrasi ikan (Pexels.com/energepic.com)

Jangan sampai ada satu bahan pun yang tertinggal karena bisa berpengaruh pada rasa masakannya.

Bahan utama:

  • 1 ekor ikan bandeng berukuran besar
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh merica bubuk hitam
  • 2 batang daun bawang 
  • 2 sendok makan minyak wijen
  • 2 sendok makan kecap ikan
  • 2 jeruk peras

Bahan pelengkap:

  • 6 buah tomat ceri
  • 1 buah wortel
  • 1 buah brokoli

Bahan untuk bumbu:

  • 1 buah bawang bombay
  • 2 cm jahe 
  • 3 buah cabai merah
  • 3 siung bawang putih

2. Bersihkan ikan bandeng, buang semua kotorannya

Resep Bandeng Kukus, Menu Diet yang Menyehatkan  ilustrasi ikan (Pexels.com/energepic.com)

Kamu sangat disarankan untuk membeli ikan bandeng yang masih segar karena tekstur dan rasanya akan berbeda jika kamu membeli ikan yang sudah lama. Oleh karena itu, perhatikan dengan baik ketika membeli ikan.

Setelah ikan ada, kamu perlu membersihkan ikan dari semua kotorannya. Mulai dari membuang sisik ikan yang menempel pada kulit ikan, lalu membedah dan mengeluarkan isi ikan, tak lupa juga untuk membuat semua insang ikan bandeng. Jika sudah dibuang semua, kamu bisa langsung mencucinya sampai bersih.

3. Panaskan dandang untuk mengukus

Resep Bandeng Kukus, Menu Diet yang Menyehatkan  ilustrasi mengukus (Unsplash.com/Uwe Conrad)

Untuk mengukus ikan bandeng kamu memerlukan dandang untuk alat mengukusnya. Tuangkan air sampai batas air yang ada dalam dandang, biarkan sampai mendidih.

Sambil menunggu dandang panas kamu bisa menyiapkan bahan lainnya. Iris bawang bombay, bawang putih, dan cabai merah, dan jahe. Setelah itu taburi ikan dengan bumbu yang sudah dicincang dan juga taburi garam, merica bubuk hitam, kecap ikan, minyak wijen, dan garam. 

Baca Juga: Resep Kue Putu Ayu Pandan Kukus, Empuk dan Lembut

4. Rebus ikan setelah dandang panas

Resep Bandeng Kukus, Menu Diet yang Menyehatkan  ilustrasi merebus daun pepaya (Unsplash/]Gaelle Marcel)

Perlu diingat, kamu harus menggunakan wadah anti panas untuk meletakan ikan ketika dipanggang agar piring tidak meleleh dan pecah. Hati-hati ketika meletakkannya karena dendeng sudah panas.

Setelah ikan selesai diolesi dengan bumbu, kamu bisa langsung mengukusnya di dandang yang sudah kamu panaskan diawal. Letakan wadah anti panas yang berisi ikan di dalam dandang, tutup dan biarkan selama 25 menit

5. Rebus sayuran lainnya sebagai pelengkap ikan bandeng kukus

Resep Bandeng Kukus, Menu Diet yang Menyehatkan  ilustrasi ikan kukus (instagram.com/resepaslibunda)

Sambil menunggu bandeng kukus mateng, kamu perlu menyiapkan sayuran kukus lainnya sebagai pelengkap. Sayuran tersebut adalah tomat ceri, brokoli dan wortel. Sebelum dikukus, pisahkan brokoli pe rkuntungnya agar tidak saling berdempetan, untuk wortel cukup dipotong berbentuk korek api. Rebus wortel dan brokoli bersamaan, sedangkan tomat tak perlu direbus.

Setelah ikan bandeng dan sayuran selesai dikukus, kamu bisa langsung menghidangkannya. Jika bandeng terlalu banyak untuk sekali makan, kamu bisa kembali menghidangkannya ketika makan malam.

Menu ini sangat dianjurkan bagi kamu yang sedang menjalani program diet, sekarang tak usah khawatir lagi mau makan diet, masak saja menu ini dijamin rasanya enak dan pasti menyehatkan

Baca Juga: Resep Donat Kukus Siram yang sedang Viral, Mudah Buatnya!

Ida Umy Rasyidah Photo Verified Writer Ida Umy Rasyidah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya