Comscore Tracker

5 Aturan Menggoreng Biar Masak Jadi Lebih Aman, Enak & Sehat

#MasakItuGampang: Para mama muda, wajib tahu nih!

Memasak merupakan kegiatan sehari-hari yang tak dapat dihindari. Salah satunya adalah menggoreng makanan, kegiatan memasak yang melibatkan minyak panas ini adalah proses memasak yang paling sering melukai orang yang sedang memasak. Dan menjadi kegiatan yang cukup berbahaya, apalagi bagi mereka yang baru belajar memasak.

Ternyata dalam proses menggoreng ini ada beberapa aturan yang jika diikuti maka kita dapat menggoreng dengan aman, serta menghasilkan masakan yang renyah dan sehat. Apa saja aturannya, yuk intip di bawah ini:

1. Jangan melempar adonan yang akan digoreng

5 Aturan Menggoreng Biar Masak Jadi Lebih Aman, Enak & Sehatavopix.com

Kejadian minyak memercik dan mengenai kulit merupakan hal menakutkan bagi semua orang. Karena kulit yang terkena cipratan minyak akan menyebabkan luka bakar dan melepuh, serta meninggalkan bekas luka yang dapat membuat kulit tidak cantik dan mulus lagi. 

Oleh sebab itu banyak orang yang takut untuk meletakkan adonan diwajan, dengan meletakkannya secara perlahan serta berdekatan dengan minyak yang panas. Akhirnya merek menarik kesimpulan untuk berdiri agak jauh dari kompor dan melempar adonan ke dalam wajan, dengan harapan meskipun memercik minyak tidak akan mengenai mereka.

Namu ternyata hal itu adalah hal sangat-sangat salah untuk dilakukan. Melempar adonan malah akan membuat percikan minyak semakin banyak dan lebih membahayakan dibandingkan dengan meletakkannya secara perlahan. Jika takut kalian dapat menggunakan tirisan minyak atau sutil untuk meletakkan bahan makanan secara perlahan.

2. Gunakan penutup wajan untuk melindungi diri

5 Aturan Menggoreng Biar Masak Jadi Lebih Aman, Enak & Sehatthekitchn.com

Ketika memasak bahan makanan yang memiliki kandungan air yang tinggi seperti ikan, cumi-cumi, ayam, tahu, dan bahan makanan lainnya. Letupan-letupan minyak pasti akan terjadi dan mencipratkan minyak kemana-mana. Tentu saja hal cukup berbahaya dan membuat sebagian orang merasa takut.

Biasanya ketika menggoreng bahan-bahan yang memiliki kandungan air yang tinggi tersebut, mereka berani untuk meletakknya kedalam wajan namun akhirnya menjauh atau bahkan kabur karena letupan-letupan minyak yang terjadi, dan tidak berani untuk mendekat lagi.

Mereka tidak berani mendekat untuk membalik bahan yang telah diceburkan, dan akhirnya malah gosong. Ada tips sederhana yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Yang harus dilakukan adalah mengambil tutup wajan, atau panci yang ukurannya cukup lebar untuk menjadi tameng yang melindungi kita dari cipratan minyak.

Seperti mau perang saja ya, tutup wajan ditangan kiri dan sutil ditangan kanan.

3. Perhatikan suhu minyak untuk hasil masakan yang maksimal

5 Aturan Menggoreng Biar Masak Jadi Lebih Aman, Enak & Sehatfood52.com

Menggoreng merupakan proses memasak yang menuntut kita untuk selalu bisa menjaga suhu minyak. Ketika makanan digoreng dengan suhu yang pas maka masakan yang dihasilkan akan renyah dan memiliki cita rasa yang sempurna. Sehingga dibutuhkan terampilan untuk "bermain api" yaitu mengetahui kapan waktu api harus besar atu dikecilkan agar suhu tetap stabil.

Ketika bahan makan dimasukkan maka suhu minyak akan turun, apalagi semakin banyak bahan makanan yang masuk maka semakin turun pula suhu dari minyak yang digunakan untuk menggoreng. Lumayan susah untuk menjaga agar suhu stabil, namun jika tidak dijaga maka hasil makan yang digoreng tidak akan sempurna.

Jika suhu terlalu rendah maka makan yang dihasilkan akan memakan waktu yang lama untuk masak. Namun jika suhu terlalu tinggi akan menyebabkan makanan gosong ataupun masak di luar namun dalamnya masih mentah. Sehingga masakan menjadi matang namun tidak merata.

Oleh karena itu untuk menjaga agar makanan tidak cepat gosong, suhu yang stabil adalah antara 160 sampai 175 Jika bahan makanan digoreng pada suhu tersebut, maka makanan akan matang secara merata dan menghasilkan gorengan yang renyah. Serta menggoreng dengan sedikit demi sedikit, jangan terlalu banyak memasukkan bahan makanan kedalam minyak agar suhu minyak tetap stabil.

4. Pastikan minyak merendam bahan makanan dan tiriskan setelah selesai memasak

5 Aturan Menggoreng Biar Masak Jadi Lebih Aman, Enak & Sehatkreasisasa.com/

Ketika menggoreng pastikan bahan makanan yang kita masukkan terendam dengan sempurna, hal ini  bertujuan agar hasil masakan yang diperoleh matang secara merata. Ketika telah matang, penting untuk meniriskan terlebih dahulu agar nanti makanan jadi tidak lembek dan berminyak saat dimakan.

Apalagi bahan makanan yang menyerap banyak sekali minyak, dipiring atau tempat kita akan meletakkan masakan tersebut dapat dilapisi dengan tisu sehingga setelah ditiriskan, jika masih ada minyak yang tersisa minyak tersebut akan diserap oleh tisu.

5. Aturan penggunaan minyak

5 Aturan Menggoreng Biar Masak Jadi Lebih Aman, Enak & Sehatmynayara.wordpress.com

Minyak yang digunakan untuk menggoreng dapat dipakai dua sampai tiga kali, penggunaan minyak goreng secara berulang dapat dilakukan jika bahan yang kita masak sebelunya tidak membuat aroma dari minyak berubah. Misalnya minyak yang telah digunakan untuk menggoreng ikan asin, terasi dan bahan berbau lainnya sangat-sangat tidak dianjurkan untuk dipakai lagi.

Itulah aturan-aturan yang diterapkan ketika menggoreng agar kita dapat menggoreng dengan aman serta hasil masakan yang diperoleh sehat serta memiliki cita rasa yang sempurna.

iefa_pooh Photo Verified Writer iefa_pooh

Everlasting Friend

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya